32 Cara Agar Baterai Ponsel Tidak Boros, Awet Dan Tahan Lama

MejaPraktek.com | Menjaga baterai ponsel awet, tidak cepat ngedrop, boros dan tetap tahan lama memang berhubungan dengan kebiasaan kita menggunakan ponsel. Seperti cara mencharger, memaksimalkan semua fitur fitur di ponsel namun tidak dimanfaatkan sepenuhnya seperti menghidupkan wifi, bluetooth, hotspot, GPS namun lupa untuk mematikannya kembali saat tidak digunakan, kebiasaan seperti ini akan semakin menguras penggunaan dan ketahanan baterai. Memang kelemahan baterai ponsel Android adalah seakan cepat boros, beberapa jam lagi online tiba tiba baterai sudah drop. namun kalau dicermati  sebenarnya terlalu banyak fasilitas dalam ponsel baik hardware maupun software kenapa baterai smartphone cepat ngedrop.

Selain itu juga kualitas baterai yang masih asli dengan baterai kw. Biasanya baterai bawaan ponsel mempunyai daya tahan yang lebih bagus ketimbang baterai yang dibeli walaupun kata penjualnya tetap baterai ori atau asli. Membingungkan memang, bahkan seorang teman mengatakan sebenarnya tidak ada baterai yang sama persis dengan baterai bawaan ponsel kecuali dipesan langsung dari pabriknya. Kalau memang demikian harus pandai pandai menjaga keawetan baterai merupakan suatu keharusan.


Berikut ini adalah 32 tips agar baterai ponsel kamu tidak boros dan tetap tahan lama, sebagian besar adalah terjadi akibat kebiasaan dan perilaku menggunakan ponsel yang secara tidak sadar dapat menguras penggunaan baterai
  1. Ukur daya tahan baterai mulai dari pemakaian normal kamu pada saat ponsel dibeli, jika ponsel baru tidak ada masalah, namun jika ponsel bekas harus di setel pabrik kembali. hal ini juga bermanfaat untuk membuang aplikasi yang selama ini selalu menguras penggunaan baterai.
  2. Minimalkan Silent Mode. Setel ponsel pada posisi getarkan saja, atau berbunyi tapi jangan bergetar. Jangan gunakan kedua duanya
  3. Jangan biarkan ponsel terlalu panas. Terkadang saat kamu bermain game atau banyak aplikasi yang tidak ditutup bisa menyebabkan ponsel terlalu panas. Jika masalahnya bukan kedua hal tersebut, untuk menghindarinya , kamu bisa restart kembali.
  4. Jangan terkena panas seperti terpapar sinar matahari langsung. Meletakkan ponsel di tempat yang panas sangat tidak bagus untuk bateri. Kadang kamu tidak sadar meletakkan ponsel di kaca depan mobil, sedangkan matahari lagi cerah.
  5. Jangan charge baterai semalaman. Alangkah baiknya kamu cari tahu seberapa lama rencana kamu mencharger baterai, setting waktunya untuk menghindari kamu terlelap tidur, sementara ponsel masih dalam posisi ngecharge
  6. Hindari aplikasi yang banyak iklan, jika kamu terpaksa menggunakan aplikasi yang banyak iklannya . cari tutorial diinternet cara menghilangkan iklan di aplikasi ponsel Android.
  7. Gunakan wifi, hotspot, bluetooth, GPS seperlunya dan sekali lagi jangan lupa mematikan saat tidak terpakai. Hotspot bisa distel otomatis ketika tidak nyambung akan mati sendiri. Namun untuk GPS, wifi dan bluetooth, kamu harus manual menonaktifkannya.
  8. Atur timesleep layar. Timesleep adalah waktu layar akan mati /blank saat kondisi ponsel tidak digunakan. Untuk kondisi normal, timeslees adalah 1 menit sudah cukup karena setting lebih pendekpun akan merepotkan juga.
  9. Set update aplikasi hanya dari wifi. penggunaan internet melalui wifi lebih irit baterai daripada melalui sim card.
  10. Saat berada di daerah yang tidak ada sinyal ponsel, gunakan airplane mode. Mungkin hal ini jarang terjadi karena hampir diseluruh Indonesia sudah terjangkau jaringhan seluler. Namun jika kamu tidak terjangkau jaringan atau lagi dipesawat, kamu bisa gunakan mode ini, atau kalau mau tambah irit matikan saja langsung (power off)
  11. Aplikasi games , matikan notifikasi. Kegunaan notifikasi sebenarnya penting untuk informasi terbaru dalam aplikasi tersebut, namun untuk permainan saya pikir tidak terlalu penting. Namun untuk aplikasi medsos, atau email, untuk notifikasi kamu tidak bisa mematikannya.
  12. Gunakan wallpaper yang tidak bergerak. Wallpaper berfungsi untuk menghiasi layar, namun kamu harus memilih wallpaper yang statis , jangan pilih walpaper yang bergerak.
  13. Stel kecerahan (brightness) serendah mungkin yang masih bisa tampak dari pandangan kamu. mensetting brighness sampai 0% pun kamu tidak akan melihat tampailan layar secara sempurna apalagi diluar ruangan. Oleh karena itu sebaiknya perkirakan saja yang paling rendah , namun kamu masih mampu melihat layar dengan jelas.
  14.  Aktifkan fitur sync (sinkronisasi) saat ponsel lagi di charge, ini juga berarti kamu harus nonaktifkan sync saat kamu tidak ngecharge. Sync berguna untuk update informasi terbaru dari aplikasi. Contohnya, kalau kamu lagi muka facebook namun fitur sync kamu aktifkan maka beranda facbook kamu tidak update informasi terbaru. Sebenarnya kamu biasa aktifkan fitur sync pada saat saat tertentu saja mungkin selama 5 - 10 menit setelah itu jika tidak digunakan kamu bisa aktifkan kembali.
  15. Pentingkan akses data via wifi ketimbang dari sim card. Menggunakan WiFi akan mengurangi pusing terhadap cepatnya baterai berkurang, karena dengan menggunakan WiFi, maka aktivitas pencarian sinyal internet yang dilakukan oleh smartphone kamu juga akan dimatikan secara otomatis sehingga baterai tetap awet.
  16. Lock ponsel saat tidak digunakan, lock phone paling aman adalah lock geser, tujuannya adalah menghindari ponsel  aktif saat masuk saku celana atau baju. Jika tida di lock, bisa kejadian ponsel kamu aktif sendiri dikarenakan layarnya tergesek oleh kain .
  17. Copot atau matikan aplikasi yang tidak pernah digunakan. Selain berguna untuk melegakan penyimpanan, mencopot aplikasi yang tidak berguna akan menghemat kuota, bayangkan kamu akan selalu menerima update terbaru aplikasi tersebut padahal kau tidak menggunakannya
  18. Hindari low bat, jangan sampai 0% baru di charge. Hal ini untuk menjaga kondisi baterai tetap normal.
  19. Tutup aplikasi yang tidak dipakai. hal ini sering terjadi dan tidak kamu sadari ketika membuka aplikasi A kemudian membuka aplikasi B, kamu lupa menutup aplikasi A. Ingat ponsel android tidak seperti tampilan windows desktop yang nampak jika kita lagi buka aplikasi lainnya (multi tasking). Kabarnya versi Android Nougat sudah mendukung multitasking.
  20. Non aktifkan simcard data saat tidak digunakan. Cara ini berguna untuk meminimalisir penggunaan sim card aktif untuk koneksi internet. Bahkan jika tidak digunakan kamu bisa nonaktifkan sim card yang khusus untuk jaringan data saja (biasanya untuk ponsel yang dual sim) dan jika ada hotspot disekitarmu yang gratis kenapa tidak dimanfaatkan itung itung untuk ngirit baterai.
  21.  Mengurangi penggunaan power bank. terlalu sering mengunakan power bank untuk mengisi ulang  baterai smartphone sobat  ternyata kurang baik untuk smartphone sobat, karena bisa memberikan panas yang berlebih pada baterai. memakai power bank boleh-boleh saja, tapi usahakan sebisa mungkin kurangi penggunaan power bank.Agar umur baterai smartphone android sobat tahan lama. dengan cara mencharging melalui charger yang langsung ditancapkan ke stop kontak listrik.
  22. Biarkan posisi baterai diantara 30 - 70%, cara ini akan membuat baterai tetap stabil dan tidak mendapatkan perlakuan ekstrim.
  23. Pakai aplikasi penghemat baterai, pilih yang bagus, caranya cari aplikasi penghemat baterai yang mempunyai bintang paling tinggi dan komentar diaplikasi yang penggunanya banyak merasa puas,
  24. Jangan letakkan baterai di suhu dingin, ini juga salah satu perlakuan baterai secara ekstrim. Ada beberapa tutorial yang mengharuskan penyimpanan baterai dalam kulkas agar baterai awet dan tahan, ternyata cara ini salah dan malah akan merusak umur baterai.
  25. Jangan biarkan baterai kosong dalam jangka waktu lama. Kamu bisa lakukan hanya untuk kalibrasi baterai saja, namun bukan untuk jangka waktu yang lama. Baca tutorial cara kalibrasi baterai.
  26. Meminimalisir penggunaan baterai saat di charge, bahkan akan lebih baik kamu matikan saja tapi kadang kalu kamu ingin dengerin musik sambil charge bisa kamu lakukan kalau terpaksa demikian, namun sekali lagi aktifitas yang terlalu menguras baterai ketika baterai dicharge itu yang tidak boleh.
  27. Gunakan charge bawaan ponsel, atau ukuran voltase tegangan pengisian sama dengan charge bawaan.
  28. Pilih aplikasi games yang tidak menguras baterai. Biasanya semakin jernih resolusi tampilan games, akan semakin membutuhkan daya yang besar. Tapi kalau kamu memang harus terpaksa pasang aplikasi games jangan terlalu banyak games dalam ponsel kamu, apalagi games yang banyak menguras penggunaan baterai sepaerti Candy Crush Saga. Cari aplikasi games penguras baterai , banyakdiinternet
  29. Cek aplikasi yang paling menguras baterai, dan jika memungkinkan dinonaktifkan.
  30. Jangan nelpon saat lagi ngecas, ini adalah aktifitas menguras baterai (talktime) saat baterai di charge, akibatnya baterai semakin panas.
  31. Dengar musik lewat headset ketimbang dari speaker, demikian juga saat nelpon jangan gunakan speaker.
  32. Minimalkan pengginaan power bank.
Kesimpulan :

Walaupun sudah maksimal kamu menghemat penggunaan baterai, tetapi ingat bateraipun punya umur pemakaian maksimal rata rata yaitu 2 - 3 tahun atau 300 life/charge cycle. Nah, kalau sudah begini kamu wajib ganti baterai usahakan yang paling ori.


ARTIKEL TERKAIT :

1 Response to "32 Cara Agar Baterai Ponsel Tidak Boros, Awet Dan Tahan Lama"