Demi Keamanan, 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Akses Internet Melalui Wifi Publik

MejaPraktek.com | WiFi publik siapa yang tidak ingin dapat gratis akses internet tanpa takut kuota tanpa membayar apapun. Bagi kamu yang suka hunting internet gratisan melalui wifi publik seperti di wifi area yang menyediakan akses internet gratis, ada beberapa hal yan g harus kamu perhatikan supaya, akses yang kamu lakukan tidak menimbulkan risiko.

Saat ini banyak tool sniffing yang bisa dimanfaatkan orang yang tidak bertanggungjawab untuk hacking koneksi kamu dengan wifi untuk mengetahui apa yang kamu lakukan selama surfing ke internet. Software ini sebenarnya digunakan untuk memperbaiki jaringan internet jika ada masalah, namun banyak yang digunakan untuk mengintip kegiatan kamu saat surfing internet,  hacking password dan lain lain.

Demi Keamanan, 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Akses Internet Melalui Wifi Publik

Lalu apa yang harus kamu lakukan jika jumpa dengan wifi publik ? Takut untuk mengaksesnya ? Siapa takut, yang penting tetap waspada dan tahu bagaimana trik para hacker mengelabuhi pengguna internet wifi untuk mendapatkan keuntungannya. Nah, setidaknya ada 5 hal yang harus kamu perhatikan jika akan mengakses internet melalui wifi publik untuk keamanan akses kamu :

1. Situs https lebih aman ketimbang http 

Situs dengan enskripsi https mempunyai tingkat keamanan karena lebih bersifat private dan bisa disimpan dengan tingkat kerahasiaan lebih tinggi. Jika kamu lagi mengakses internet dengan website http, tanpa sepengetahuan kamu jika ada yang berniat jahat dengan dengan akses internet wifi publik, mereka bisa memantau aktifitas kamu dan mengetahui apa kamu lakukan selama surfinng jika dalam satu jaringan wifi. saat ini masih banyak situs yang masih belum terenskripsi ke https. Jika kamu punya blog cepat diubah ke enskripsi https agar akses penggunanya lebih aman untuk mengakses blog kamu.

2. Hotspot dengan nama aneh jangan diakses

Hati- hati dengan nama hotspot yang aneh yang muncul di koneksi wifi kamu. Dengan peralatan yang sederhana, hacker atau cyber kriminal dapat memanfaatkan hotspotnya untuk mengakses data kamu. Bayangkan, jika kamu sudah terhubung dengan jaringan milik hacker tersebut, mereka tidak hanya melihat apa yang kamu lakukan tetapi juga akan mengubah segala sesuatunya. Contohnya Saat kamu akan akses email kamu, mereka bisa menyamarkan Gmail bentukan mereka (Gmail palsu) dan jika kamu ketikkan username/ nama email dan password berarti kamu sudah masuk dalam jebakan mereka.
   

3. Gunakan VPN

 VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Cara ini membuat koneksi kamu lebih aman dengan koneksi WiFi publik dan kamu akan terlindung dari snoops. Bahkan dengan alat-alat yang mereka miliki untuk mengendus dan mengintip akses kamu, mereka akan melihat anonymous dengan enskripsi yang sulit dipahami.

4. Matikan WiFi jika tidak digunakan

Dengan WiFi yang selalu aktif, akan membuat smartphone atau laptop kamu, terminal jaringannya akan selalu terbuka bahkan saat kamu tidak terhubung ke akses point sekalipun.. Meskipun faktor risiko tidak besar tetapi setiap hacker dapat mencoba untuk mengakses ponsel kamu melalui router palsu. Dengan menjaga WiFi off akan selalu mengurangi kemungkinan akses orang yang tidak dikenal kedalam internet dan ponsel kamu, selain itu juga akan  menghemat baterai ponsel.

5. Jangan buat 1 pasword untuk beberapa akun

Walaupun banyak kasus, orang akan lupa password untuk akunnya, namun untuk mengingat password dengan membuatnya sama untuk beberapa akun adalah sebuah kekonyolan. Lupa password bisa menggunakan bantuan akses LUPA PASSWORD, namun jika password kamu sudah di hack oleh orang yang tidak dikenal, maka kamu akan kehilangan semuanya.: Memiliki satu password untuk beberapa account adalah hal terbodoh yang kamu lakukan untuk menempatkan keamanan ponsel menjadi lebih beresiko.
.
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Demi Keamanan, 5 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Akses Internet Melalui Wifi Publik"

Posted by Mejapraktek
MEJA PRAKTEK Updated at: 3/23/2017

Posting Komentar