Cara Mengubah Layar Android Menjadi Layar Monitor PC Tanpa Kabel

MejaPraktek.com | Pernahkan kamu kepikir kalau layar tabletmu bisa menjadi layar monitor PC. Nah dengan sedikit trik ini kamu bisa dengan mudah mengubahnya, layaknya kamu sedang menggunakan layar laptop atau Desktop.

Trik layar android ini digunakan sebagai layar tambahan untuk pendukung layar utama di komputer kamu. Apa sih gunanya double layar di komputer. Saya ambil contoh biasanya kamu ingin berkaraoke dengan software karaoke. Nah Software karaoke kelas DZone misalnya harus menggunakan komputer 2 layar (double screen). Satu berfungsi untuk menampilkan lirik lagu, dan satu lagi untuk mencari lagu berikutnya.

Cara Mengubah Layar Android Menjadi Layar Monitor PC Tanpa Kabel

Dengan menjadikan perangkat Android sebagai monitor ke komputer kamu, tentunya memungkinkan kamu bisa memanfaatkan untuk hal hal lainnya.

Berikut Caranya :

1. Download Spacedesk  (Remote Display) untuk PC dan instal dan restart komputer.Download file installer Spacedesk (MSI) untuk 32-bit atau 64-bit Windows
2. Download dan instal Spacedesk Android dan instal di android kamu.
3.Hubungkan dengan cara seperti ini :
  • Untuk mengconnectkan keduanya, aktifkan wifi agar terhubung
  • Buka aplikasi Spacedesk di Android kamu, berikutnya masukkan IP address komputer kamu. 
  • Caranya buka CMD, lalu ketik 'ipconfig', input IP kamu di aplikasi dan klik 'Connect'.
Setelah berhasil menjadikan Android kamu sebagai monitor tambahan, kamu bisa menggeser jendela ke monitor lainnya dengan cara drag and drop. Untuk mengontrol cara bekerjanya, kamu bisa klik kanan di desktop > Screen Resolution, maka akan terlihat ada dua monitor yang terdeteksi.

Sebelum itu, kamu harus mengetahui bahwa monitor 1 adalah monitor komputer atau monitor utama. Sementara monitor 2 adalah layar Android kamu atau monitor tambahan. Kamu bisa atur ke resolusi 1.280 × 1.024 agar nyaman.
Ada beberapa pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu, yaitu:
  • Duplicate these display: Kedua monitor akan menampilkan desktop yang sama. Jadi apa yang ada di monitor 1 adalah apa yang ada di monitor 2.
  • Extend these display: Pilihan ini akan membagi desktop dalam 2 monitor. Memungkinkan kita bekerja sambil menonton film.
  • Show desktop only 1: Desktop akan tampil pada monitor 1, maka monitor lainnya tidak terpakai.
  • Show desktop only 2: Desktop akan tampil pada monitor 2, maka monitor lainnya tidak terpakai.
Demikianlah cara menjadikan Android sebagai monitor PC. Aplikasi Spacedesk ini masih berstatus Beta. untuk instalasi sempurna tunggu versi finalnya, semoga bermanfaat.

BACA JUGA : 2 Cara gampang merekam layar Android dari PC
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Cara Mengubah Layar Android Menjadi Layar Monitor PC Tanpa Kabel"

Posted by Mejapraktek
MEJA PRAKTEK Updated at: 4/11/2017

Posting Komentar