Microsoft Akhirnya Secara Resmi Menutup Windows Vista

MejaPraktek.com | Hari Selasa (11/4/2017), Windows Vista secara resmi telah dimatikan. Pengumuman ini seiring dengan tenggat waktu yang diumumkan Microsoft sebelumnya dalam hal pemberian dukungan.
Selanjutnya Microsoft tidak akan lagi memberikan pembaruan (update) keamanan untuk Windows Vista. Maksudnya siapa pun yang tetap menggunakan Windows Vista, akan mendapatkan resiko serangan virus, malware, hackingdan lain lain.
Secara kasat mata Windows Vista sebenarnya tetap tidak ada perubahan apapun dan tetap bisa digunakan di PC atau laptop. Namun karena tidaka ada dukungan apapun dari Microsoft untuk menutupi bugnya, penggunanya rentan mendapatkan serangan keamanan cyber . Selain itu, dukungan Internet Explorer 9 yang merupakan padanan Windows Vista juga sudah dihentikan.

Microsoft Akhirnya Secara Resmi Menutup Windows Vista

Dengan ditutupnya Windows Vista, pengguna disarankan untuk mengupgrade ke Windows 10.Selain sudah lama, Vista sendiri sebenarnya bukanlah sistem operasi populer pada zamannya. Dan saat ini  pasarnya cuma menjangkau 0,78 persen dari total sistem operasi untuk komputer.

Mungkin kamu masih ingat, ketika diluncurkan 10 tahun lalu, atau pada 2007, Vista sebenarnya digadang-gadang sebagai penerus Windows XP. Tetapi ternyata, popularitas Windows XP tak terkalahkan karena Vista menyimpan banyak bug pada fitur-fiturnya. Kelemahan telak Vista karena kinerjanya lambat dengan kapasitas memory yang sama dengan Windows XP, memiliki banyak bugs, dan fitur proteksi memori yang tidak seperti yang diharapkan. Selain itu, saat dirilis, banyak perangkat PC yang belum bisa menjalankannya secara efisien.

Kemudian dengan reaksi pasar yang negatif. Pabrikan PC AS, Dell mengumumkan akan kembali menggunakan OS Windows XP (pre-installed) pada perangkat komputer-komputer barunya yang diproduksinya.Setelah itu diakhir 2008, Microsoft terpaksa harus menunda rencana penghentian pengiriman PC dengan Windows XP sekitar enam bulan, akibat belum siapnya pasar menerima Windows Vista.
Setahun kemudian, Microsoft kemudian membuat rencana cadangan dengan merilis Windows 7 tepat dua tahun setelah Vista dirilis.Walau masih memiliki beberapa kekurangan, Windows 7 dianggap penerus XP yang sukses dan masih banyak dipakai hingga sekarang.

Fitur fitur Windows Vista memperkenalkan antarmuka pengguna Aero pertama kali. Dikenal sebagai Windows Aero atau Aero Glass,sidebar menampilkan akses cepat ke widget, dan tweak start menu untuk fokus pada cara baru mode pencarian di dalam Windows Vista. Microsoft juga membangun fitur 3D flip yang akan membuat lebih hidup di window dalam tampilan 3D. 


Bisa jadi hal ini juga strategi awal untuk memaksa pengguna untuk beralih ke Windows 10, kita tunggu saja.

ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Microsoft Akhirnya Secara Resmi Menutup Windows Vista "

Posted by Mejapraktek
MEJA PRAKTEK Updated at: 4/12/2017

Posting Komentar