Awas ! Rokok Elektrik Bisa Menjadi Media Hacking Komputer

MejaPraktek.com | Ada ada saja cara yang bisa dilakukan hacker untuk meretas komputer. Hanya dengan sebuah rokok elektrik sudah bisa menjadi media hacking komputer. Lalu bagaimana media ini bisa bekerja, simak artikel MejaPraktek.com berikut ini :

Awas ! Rokok Elektrik Bisa Menjadi Media Hacking Komputer

Dilansir dari Mashable, sebuah peneliti keamanan bernama FourOctets, telah memasang sebuah video di akun Twitter-nya dimana kamu bisa melihat  bagaimana rokok elektrik dapat dimodifikasi dan berinteraksi dengan komputer dengan memasukkannya ke port USB. Sebuah vapor yang dikoneksikan ke laptop langsung muncul tulisan :DO U EVEN VAPE BRO!!!!" perhatikan videonya :


Tampaknya seperti  lelucon, tetapi kamu bisa  bayangkan jika tulisan tersebut merupakan keylogger atau ransomware. Praktis, vapor jadi media yang sangat mudah jadi platform hacker menjalankan aksinya.
Meski praktiknya masih belum terjadi, hal ini patut diwaspadai. Jangan tancapkan perangkat vapor Anda ke laptop atau PC

Dengan cara yang hampir sama, peneliti keamanan Ross Bevington dalam presentasi di BSides London menjelaskan bahwa rokok elektrik dapat digunakan untuk menyerang PC, mengganggu lalu lintas Internet atau mengelabui komputer dengan meniru seperti media keyboard.

Sebenarnya, rokok elektrik mempunyai port USB yang digunakan untuk mencarge baterai. Sebenarnya port ini dihubungkan ke adaptor untuk mengisi daya, namun dapat juga terhubung langsung ke arus melalui  port USB di komputer. Disinilah letak kerentanan itu.
Menurut Bevington, penjahat dunia maya dapat memodifikasi rokok elektrik untuk meng-hack PC saat mereka terhubung untuk mengisi daya. Untuk melakukan serangan itu perlu agar peralatan korban tidak terkunci, namun ahli menunjukkan bahwa ini bukan persyaratan yang sangat diperlukan dalam semua serangan, sehingga beberapa dapat dilakukan bahkan dengan komputer terkunci.

Pakar menambahkan dalam rokok elektik terdapat sebuah chip yang memungkinkannya bisa berkomunikasi dengan PC seolah-olah itu adalah keyboard atau mouse dan, jika terpasang, mengirim perintah ke Windows untuk membuka notebook dan menampilkan pesan. FourOctets menjelaskan bahwa hanya dengan kurang dari 20 baris kode dalam chip, mungkin bagi perangkat untuk mendownload file dan menjalankannya pada sistem.
BACA JUGA : Muncul Malware Xavier Menjangkiti Lebih Dari 800 Aplikasi Android Di Google Playstore
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Awas ! Rokok Elektrik Bisa Menjadi Media Hacking Komputer"

Post a Comment