Hati-Hati ! Ada Ransomware Mirip WannaCry Bisa Menyerang Smartphone Android

MejaPraktek.com | Tepat setelah menghancurkan sistem Windows dengan Ransomware WannaCry, sekarang muncul serangan hacker dari China yang menargetkan semacam Ransomware yang mirip WannaCry di perangkat Android.
Sejak munculya WannaCry, yang dapat memanfaatkan dua eksploitasi yang berbeda (Double Pulsar dari kelompok ShadowBrokers dan EternalBlue di NSA) dan mempengaruhi ribuan mesin dengan Windows, ternyata telah menginspirasi hacker untuk melakukan serangan susulan lainnya.

Baru-baru ini WannaLocker ditemukan, yaitu sebuah alat ransom untuk Android yang diilhami oleh WannaCry.

Hati-Hati ! Ada Ransomware Mirip WannaCry Bisa Menyerang Smartphone Android

Belum tahu seberapa efektif serangan ransom Android ini, namun digital security sekarang ini harus dianggap sebagai sesuatu yang tidak boleh disepelekan, demi keamanan data kita semua. Saat ini WannaLocker sudah ditargetkan pada sistem operasi mobile Google, Android.

Menurut informasi tersebut, ransomware ini diciptakan oleh hacker China dan, berbeda dengan jenis ransomware lainnya, di mana pembayaran dilakukan melalui Bitcoin, WannaLocker memerlukan pembayaran sebesar 40 Renminbi (sekitar $ 6) melalui berbagai layanan pembayaran, seperti Seperti QQ, Alipay atau WeChat.

Ransomware ini menggunakan AES untuk mengenkripsi informasi dan menambahkan satu set karakter huruf China di akhir setiap nama file.


Menurut Nikolaos Chrysaidos dari Avast, ransomware ini hanya mengenkripsi informasi yang ada di memori eksternal device. Karena fitur terbatas pada perangkat Android, ransomware hanya mengenkripsi file di bawah 10KB, tidak termasuk yang ditemukan di direktori "Android",, "DCIM" atau "download" .

Yang bisa Anda lakukan untuk antisipasinya adalah :
  • Pastikan  download aplikasi dari Playstore
  • Aktifkan fitur permission dan sumber tidak diketahui
  • Pertimbangkan kembali jika akan meroot Android karena bisa menyebabkan kerentanan sistem
BACA JUGA :  EternalRocks : Ransomware Baru Ditemukan Dan Lebih Berbahaya Dari WannaCry
Ransomware Android ini hadir melalui permainan yang tersedia di forum China.
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Hati-Hati ! Ada Ransomware Mirip WannaCry Bisa Menyerang Smartphone Android"

Posted by Mejapraktek
MEJA PRAKTEK Updated at: 6/11/2017

Posting Komentar