Hati hati, Jangan Sembarangan Download Aplikasi Antivirus Dari Google Playstore

MejaPraktek.com | Pada artikel sebelumnya, MejaPraktek telah membagikan artikel di mana periset keamanan di McAffee telah memperingatkan pengguna Android untuk tidak mendownload aplikasi dari Playstore yang mengklaim bahwa perlindungan yang tidak perlu terhadap WannaCry Ransomware.

Selain aplikasi proteksi Ransomware palsu, saat ini sepertinya beberapa aplikasi Antivirus juga telah membanjiri Google Play Store, namun parahnya Anti-virus ini bukan untuk melindungi ponsel Anda tetapi untuk menginfeksinya.Ingat, WannaCry berbasis pada kerentanan Windows, bukan pada perangkat Android.

Hati hati, Jangan Sembarangan Download Aplikasi Antivirus Dari Google Playstore
RiskIQ, perusahaan cybersecurity telah menemukan tujuh aplikasi Android di Google Play Store yang terkait dengan WannaCry. Aplikasi ini meminta izin lebih banyak daripada izin aplikasi rata-rata termasuk mengetahui kata sandi ponsel Anda. Lebih dari ratusan scam, aplikasi antivirus telah ditemukan di situs web pihak ketiga, semua aplikasi tersebut mengandung adware, trojan, atau perangkat lunak perusak.

RiskIQ menyatakan "Telah terjadi peningkatan baru-baru ini dalam pelindung WannaCry palsu, 'aplikasi yang selalu menakut nakuti berkaitan dengan ransom untuk diminta mengunduh, meskipun sistem mobile aman dari dampaknya"

Perusahaan menemukan bahwa dari 4.292 aplikasi antivirus, 525 bisa memicu malware. Yang mengejutkan adalah bahwa dari 525 aplikasi 508 ditemukan di Google Play Store itu sendiri.

Forrest Gueterman, analis keamanan dengan RiskIQ mengatakan "Google Play adalah salah satu toko aplikasi yang paling terkenal di dunia, jadi kenyataan bahwa begitu banyak yang berada di sana menunjukkan bahaya yang dihadapi konsumen aplikasi seluler,"

Google seharusnya memiliki proses untuk memindai aplikasi sebelum dipublikasikan di Google Play Store. Namun, sistem Google bisa tertipu secara tidak langsung atau langsung. Inilah yang membuka pintu gerbang bagi malware untuk masuk ke Google Play Store.

Sekali lagi, tips untuk agar lebih aman mendownload aplikasi dari playstore perhatikan rating dan review setiap aplikasi yang akan Anda download. Apakah banyak yang puas atau tidak puas dengan aplikasi tersebut.
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Hati hati, Jangan Sembarangan Download Aplikasi Antivirus Dari Google Playstore"

Posted by Mejapraktek
MEJA PRAKTEK Updated at: 6/14/2017

Posting Komentar