Muncul Malware Xavier Menjangkiti Lebih Dari 800 Aplikasi Android Di Google Playstore

MejaPraktek.com | Pada artikel sebelumnya, MejaPraktek telah berbagi tentang Judy malware yang menjangkiti aplikasi games dengan tujuan untuk memanipulasi jumlah klik iklan agar membengkak sehingga setelah dikonversi menjadi pendapatan bagi pembuat konten mereka bisa menghasilkan uang yang fantastis. Walaupun Google memiliki proses untuk memindai aplikasi sebelum dipublikasikan di Google Play Store. Namun, sepertinya sistem Google tampaknya bisa dibodohi dan tidak berdaya baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Muncul Malware Xavier Menjangkiti Lebih Dari 800 Aplikasi Android Di Google Playstore

Terbukti saat ini juga muncul kode berbahaya lain berupa malware berbasis trojan bernama Xavier. Xavier telah ditemukan di lebih dari 800 aplikasi di Google Play Store. Perusahaan keamanan TrendLabs mendeteksi ad library Trojan dan mengamati bahwa aplikasi yang terkena dampak telah diunduh jutaan kali dari Google Play Store itu sendiri.
Malware Xavier telah ditemukan pre-instal pada beberapa macam aplikasi gratis. Aplikasi seperti Photo Editor, Wallpaper kebanyakan lebih rentan berisi malware Xavier dan telah diunduh jutaan kali.

Apa itu sebenarnya Malware Xavier ?  Xavier adalah perpustakaan iklan (ad library) , yang merupakan elemen yang terintegrasi ke dalam aplikasi untuk memungkinkan iklan menghasilkan pendapatan bagi pengembangnya. Sistem ini dikenal secara umum dengan nama adware. Menurut laporan dari TrendMicro, Xavier telah ada selama lebih dari dua tahun karena dideteksi versi pertamanya yang diberi nama dengan joymobile nampaknya dipublikasikan pada awal 2015.

Dalam perkembangannya, Xavier saat ini menjadi perangkat lunak canggih yang lebih membahayakan.  Pakar keamanan menyatakan bahwa Xavier kini mampu menghindari deteksi, remote kode jarak jauh dan mencuri informasi pengguna. Itu berarti malware ini cukup pintar untuk menghindari program keamanan seperti antivirus, atau anti-adware.

Periset juga mengklaim bahwa malware ini dirancang untuk mendownload kode yang dapat dieksekusi dari server, dan dikonfigurasi untuk mengumpulkan data pengguna dengan tanpa diketahui oleh pengguna sama sekali seperti alamat email, id perangkat, versi OS, negara, operator SIM, dll.

Vietnam, Filipina dan  Indonesia adalah negara-negara Asia Tenggara yang mencatat jumlah download terbanyak. Beberapa pengguna di AS dan Eropa juga menemukan mendownload aplikasi yang signifikan.

Tips sederhana untuk menghindari Malware Xavier adalah hanya download Aplikasi dari Google Playstore dengan pengembang yang terpercaya saja. Jangan langsung download aplikasi dari pengembang baru yang belum punya reputasi apapun walaupun menjanjikan fitur premium. Pastikan untuk membaca review aplikasi dan peringkat sebelum menginstalnya. 
BACA JUGA :  Tanpa Diklik, Malware Ini Langsung Menyebar Melalui File Power Point
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Muncul Malware Xavier Menjangkiti Lebih Dari 800 Aplikasi Android Di Google Playstore"

Posted by Mejapraktek
MEJA PRAKTEK Updated at: 6/17/2017

Posting Komentar