Tanpa Diklik, Malware Ini Langsung Menyebar Melalui File Power Point

MejaPraktek.com | Akhir-akhir ini muncul berbagai macam varian malware yang mengancam keamanan sistem komputer. Salah satunya adalah sebuah malware yang diluncurkan menggunakan penyerang file PowerPoint sederhana yang berbahaya dapat dengan mudah ditanamkan apa komputer windows jenis apa pun.

Malware tersebut bernama Zusy. Zusy adalah ancaman baru yang sedang menyebar melalui email, dengan tujuan bisa menginfeksi komputer pengguna yang membuka file PowerPoint yang disebarkan.
Malware baru ini tidak menggunakan metode infeksi tradisional, dengan skrip VB atau lainnya, hanya membutuhkan pengguna untuk menempatkan kursor mouse di sebuah tautan sehingga langsung bisa merusak system.
Saat file dibuka dan mouse ditempatkan di atas link, Zusy langsung menjalankan aplikasi yang didownload dari Internet, dari mana malware berasal.
Jika pengguna mengesahkan eksekusi ini, sesuatu yang mungkin akan terjadi, mesin akan terinfeksi dan penyerang memiliki akses langsung melalui RDP ke komputer itu.

Tanpa Diklik, Malware Ini Langsung Menyebar Melalui File Power Point

Malware baru ini hanya bisa masuk melalui email, terutama di Eropa dan Timur Tengah, hanya mempengaruhi versi Windows dari PowerPoint. Pengguna Office 365 dan aplikasi preview PowerPoint masih aman karena tidak bisa menjalankan kode pada mesin pengguna.

Tentu saja, Zusy bergantung langsung pada campur tangan pengguna untuk menginstal, tapi, seperti kita semua tahu, ini sepertinya tidak menjadi masalah, karena kebanyakan tidak membaca peringatan sebelumnya, cukup klik tombol dan langsung menyebar. Perhatian khusus harus diberikan pada email yang diterima dan file yang dibuka, meski berasal dari sumber yang dipercaya sekalipun.

ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Tanpa Diklik, Malware Ini Langsung Menyebar Melalui File Power Point"

Posted by Mejapraktek
MEJA PRAKTEK Updated at: 6/13/2017

Posting Komentar