Ternyata Petya Bukan Hanya Ransomware, Namun Mesin Pemusnah

MejaPraktek.com | Mungkin kamu bertanya tanya sampai dengan saat ini seberapa banyak uang tebusan (ransom) yang didapatkan Petya setelah menyerang bank bank di Ukraina ? Dan seberapa banyak hasil jika dibandingkan dengan ransomware WannaCry ?  Pertanyaan ini tidak bisa dijawab karena ternyata Petya bukanlah sebuah mesin untuk mencari uang tebusan, namun dari hasil riset keamanan menyimpulkan bahwa  hasil serangan yang sedang berlangsung ditargetkan untuk menjadi mesin pemusnah (wiper). 


Ya, Para periset  menyebut Petya sebagai wiper, dengan maksud menjadi pemusnah massal data dan mengklaim bahwa pencipta Petya tidak ingin mengumpulkan uang dari korban atau perusahaan.

Sebenarnya ransomware Petya sudah ada sejak dua tahun lalu. Hal ini diungkapkan oleh Matt Suiche, pendiri perusahaan keamanan Cyber Comae telah memeriksa versi Petya 2016 dan 2017 dan menemukan bahwa versi saat ini adalah wiper. Matt Suiche telah menerbitkan sebuah POSTING DI BLOG yang panjang dimana dia berbicara tentang bagaimana Petya bekerja.

Menurut Matt Suiche, versi terbaru dari Petya menghapus semua sektor pertama dari disk dan menyebabkan penghancuran data yang direncanakan. Matt Suiche juga menjelaskan perbedaan antara wiper dan ransomware, dia berkata: "sebuah wiper hanya akan menghancurkan dan tidak bisa diperbaiki."

Petya biasa menimpa data di disk, dan ini tidak bisa dibaca atau disimpan di tempat lain. Perbedaan sebenarnya antara versi 2016 dan 2017 dari Petya adalah bahwa versi 2016 memodifikasi disk dengan cara yang memungkinkan untuk mendapatkan kembali data tersebut. Namun, versi 2017 membuat tidak mungkin sama sekali data bisa kembali.

Di sisi lain, Kaspersky juga telah menganalisis id penginstalan yang ditampilkan di layar korban, yang menurut mereka hanya menghasilkan data acak. Perusahaan keamanan mengatakan bahwa penyerang tidak bisa benar-benar mendekripsi disk setelah mendapatkan uang tebusan karena tidak memiliki kunci dekripsi.
BACA JUGA : Tanpa Diklik, Malware Ini Langsung Menyebar Melalui File Power Point

ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Ternyata Petya Bukan Hanya Ransomware, Namun Mesin Pemusnah"

Posted by Mejapraktek
MEJA PRAKTEK Updated at: 6/29/2017

Posting Komentar