Windows 10 Menjadi Target Sasaran Ransomware WannaCry ?

MejaPraktek.com | Peneliti keamanan masih sibuk mengembangkan perbaikan untuk ransomware Wannacry yang secara besar-besaran diserang di seluruh dunia. Serangannya kebanyakan ditargetkan pada sistem operasi Windows XP.

Namun, Windows 10 mungkin jadi masih aman terhadap serangan ransomware WannaCry karena Microsoft telah mengeluarkan sebuah patch yang secara efektif menyelamatkan ransomware akibat dari kerusakan serius yang diakibatkan.

Baru-baru ini, periset di RiskSense telah berhasil memanfaatkan eksploitasi WannaCry untuk menginfeksi Windows 10. Rincian teknisnya belum dipublikasikan. Namun, pengguna yang sudah menjalankan versi Windows 10 yang diperbarui dengan semua tambalan yang terinstal cenderung tetap aman.

Windows 10 Menjadi Target Sasaran Ransomware WannaCry ?

Seperti kita semua tahu bahwa WannaCry telah menyebar dengan memanfaatkan kerentanan bernama EternalBlue. Periset keamanan di RiskSense membangun modul Metasploit yang dapat memotong semua fitur keamanan yang diterapkan oleh Microsoft di sistem operasi Windows 10-nya.

Periset di RiskSense juga menjelaskan bahwa ide dibalik proyek ini adalah untuk mencegah serangan serupa di masa depan, bukan untuk memberikan informasi hacker tentang bagaimana cara kompromi Windows 10.

Periset menjelaskan dalam sebuah makalah "Kami telah menghilangkan rincian rantai eksploitasi yang hanya berguna bagi penyerang dan tidak begitu banyak untuk membangun pertahanan. Penelitian ini ditujukan untuk industri keamanan informasi white-hat dan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan eksploitasi ini sehingga teknik baru dapat dikembangkan yang mencegah serangan ini dan masa depan "

Eksploitasi baru ini dibangun untuk bekerja melawan Windows 10 x64 versi 1511 yang masih didukung oleh Microsoft. Jika Anda pengguna windows 10 tetaplah untuk selalu update sistem anda.
BACA JUGA : 5 Tool Anti Ransomware Terbaik Untuk Proteksi Komputer Dari WannaCry
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Windows 10 Menjadi Target Sasaran Ransomware WannaCry ?"

Posted by Mejapraktek
MEJA PRAKTEK Updated at: 6/09/2017

Posting Komentar