Awas, Ransomware Ini Akan Mengekspose Riwayat Browsing Android Kamu

MejaPraktek.com |Tim peneliti di perusahaan keamanan McAfee telah mendeteksi sebuah aplikasi Android yang tersembunyi di Google Play Store. Sebenarnya ini adalah malware yang menyamar sebagai aplikasi. Malware tersebut dinamai "LeakerLocker" dan para ahli telah menemukan sampel dalam dua aplikasi palsu dari toko sistem operasi resmi, Google Playstore.

Aplikasi malware tersebut adalah Wallpapers Blur HD, tool berfungsi untuk mengubah latar belakang di Android, dan aplikasi lainnya adalah Booster & Cleaner Pro, sebuah aplikasi untuk membersihkan memori perangkat. Untungnya, Google telah menghapusnya dari Google Play Store, namun sebelum dihapus, kedua aplikasi ini telah mengantongi unduhan antara 5.000 dan 10.000 dan aplikasi kedua antara 1.000 dan 5.000 unduhan.

Menurut komentar yang diposting oleh pengguna di kedua aplikasi tersebut, dalam banyak kasus, kedua aplikasi ini sebagai bagian dari program insentif yang membayar uang untuk ganti pemasangan aplikasi, Sebuah praktik yang telah diperingatkan karena membahayakan dan bisa jadi menginfeksi ponsel dengan malware yang parah.
Peneliti McAfee yang telah menganalisis kedua aplikasi tersebut menunjukkan bahwa ransomware LeakerLocker Android tidak didasarkan pada eksploitasi sistem operasi manapun, namun hanya menggunakan izin yang diberikan pengguna saat memasangnya.

Setelah menginfeksi ponsel cerdas , ransomware aplikasi ini dapat mengakses informasi pribadi, seperti alamat email, kontak, riwayat penjelajahan dan panggilan atau pesan teks, bahkan data data lainnya, dan mengirimnya ke server C & C yang dikendalikan oleh penyerang.


Saat diaktifkan, LeakerLocker mengunci layar untuk meminta pembayaran penyelamatan namun tidak mengenkripsi file, namun korbannya tidak dapat menggunakan perangkat tersebut sampai korban membayar uang sebesar $ 50 dengan kartu kredit sebagai uang tebusan.
BACA JUGA : Hati Hati, Hacker Bisa Memanfaatkan Gelombang Otak Untuk Mencuri Password PIN Kamu
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Awas, Ransomware Ini Akan Mengekspose Riwayat Browsing Android Kamu"

Post a Comment