Malware Android Ini Bisa Mencuri Data Kamu Dari WhatssApp Dan Facebook

MejaPraktek.com | Beberapa waktu yang lalu Mejapraktek.com telah menulis artikel dimana selain menyerang OS Windows, ternyata ada pula jenis ransomware yang dirancang untuk Android, namun sampai sekarang belum terlihat efektifitasnya. Hal ini merupakan early earning bahwa bukan tidak mungkin para hacker menciptakan jenis ransom yang mematikan untuk smartphone sekelas WannaCry maupun Petya karena sampai saat ini ternyata Google Playstore sendiri seakan tidak mampu untuk mendeteksi berbagai macam malware berbahaya yang menjangkiti aplikasi Android, baik yang diciptakan sendiri oleh empunya aplikasi dengan tujuan komersil maupun untuk menyerang / tracking data dismartphone. Oleh karena itu, para ahli memperingatkan bisa jadi saat ini telah bersarang berbagi virus/ malware di ponsel kamu dan kamu belum tahu. Salah satu yang bisa mencegahnya saat ini berhati hatilah mendownload aplikasi Android, apa lagi aplikasi Antivirus.
Baru baru ini, tim peneliti keamanan komputer dari Perusahaan  Palo Alto Networks telah meluncurkan sebuah peringatan baru: sebuah malware baru untuk Android telah diidentifikasi yang memiliki kemampuan untuk mencuri data dari lebih dari 40 aplikasi, termasuk aplikasi raksasa media sosial Facebook dan Aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan dan populer WhatsApp, juga seperti posisi perangkat. Virus ini telah disebut SpyDealer dan merupakan Trojan Android yang bisa beroperasi sejak Oktober 2015.

Menurut laporan para periset ini, mereka telah menemukan 1.046 sampel berbeda dari Trojan ini. Perangkat lunak perusak, meskipun masih dalam pengembangan, karena sangat kuat dan memiliki banyak fungsi berbahaya.


Di sisi lain, aplikasi ini dapat mencuri data dari lebih dari 40 aplikasi yang terpasang pada perangkat, seperti Facebook, WhatsApp, Telegram, Skype, browser, aplikasi surat, dsb. Oleh karena itu, ancaman berat ini dapat dengan mudah memperoleh informasi rahasia yang diperlukan dari korban tanpa sepengetahuan pemilik ponsel.

Untuk melakukan tindakan ini, SpyDealer memperoleh izin administrator untuk menjaga perangkat tetap terganggu dan menggunakan layanan aksesibilitas Android untuk tujuan jahat. Tidak hanya itu, bahkan juga mampu mengambil screenshoot rahasia, merekam panggilan telepon dan mikroskop, memantau lokasi atau bahkan mengendalikan perangkat melalui saluran UDP, TCP dan SMS jarak jauh.

Dari Palo Alto Networks mereka menunjukkan bahwa untungnya malware belum didistribusikan melalui Google Play, dan tidak menutup kemungkinan hal itu akan menyebar melalui jaringan nirkabel yang terganggu. Tim tersebut telah memberi tahu perusahaan Mountain View, tentu saja, raksasa teknologi Google tentang masalah ini, yang telah menciptakan perlindungan terhadap SpyDealer melalui Google Play Protect.

ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Malware Android Ini Bisa Mencuri Data Kamu Dari WhatssApp Dan Facebook"

Posted by Mejapraktek
MEJA PRAKTEK Updated at: 7/11/2017

Posting Komentar