Perbuatan Curang Pemilik Aplikasi Di Google Playstore Demi Cari Keuntungan Bisa Merugikan Pengunduh

MejaPraktek.com | Agensi pendeteksi kecurangan iklan eZanga. Mengungkap ada ratusan perangkat lunak pada Google Play Store yang memanfaatkan ponsel untuk berbuat curang, yakni mengeklik iklan demi mengharapkan profit yang tidak wajar..

Hal ini memang bukan sebuah perkara besar , namun pemilik smartphone bisa merasakan kerugian yakni baterai smartphone yang boros serta kuota data lebih cepat habis. Tidak hanya itu, apa yang dilakukan perangkat lunak tadi juga berpotensi menghasilkan  smartphone sering mengalami lag alias lemot.
Disebutkan, cara kerja aplikasi ini sebenarnya sangat mudah. Aplikasi yang terinfeksi terus menerus menampilkan iklan serta mengklaim pengguna sudah mengeklik iklan tersebut. Akibatnya, keuntungan akan didapatkan oleh si penipu.



Pada penelitian eZanga,sebuah software yang didiamkan selama sehari semalam bisa menampilkan 3.000 iklan serta mengklik sebesar 169 iklan. Hal paling mengejutkan, terdapat lebih dari 300 aplikasi yang terinfeksi malware tadi menggunakan jumlah pemasangan antara 4-14 juta kali. Dari eZanga, beberapa jenis aplikasi yg terinfeksi malware semacam ini merupakan perangkat lunak live wallpaper dan  software utilitas. Selain itu Malware Xavier juga telah menginfeksi lebih adari 800 aplikasi di Google Playstore.

Para peneliti eZanga menyebut, beberapa developer yang aplikasinya terinfeksi malware ini di antaranya  Attunable, Classywall, Firamo, Flameryhot, Neonapp, Goopolo, Litvinka co, Livelypapir, Tuneatpa Personalization, Waterflo, Xsoft, dan  Zheka.

BACA JUGA : Terindikasi Malware, Cepat Uninstall Game Berbahaya Ini Dari Android Kamu

Para peneliti juga segera menginformasikan hal ini pada google. Peneliti memperkirakan, sistem pendeteksi malware yang terdapat pada google play kurang bekerja maksimal  dalam mengenali malware di berbagai software.

Selain terdapat aplikasi yang berbuat curang buat mengambi keuntungan dengan mengklik iklan, belakangan ini ratusan aplikasi di google play store dikabarkan terinfeksi virus serta banyak sekali jenis malware yg membisu-diam mencuri data pribadi milik penggunanya, sehingga pengguna android disarankan buat selalu waspada saat mengunduh aplikasi di google play.
BACA JUGA : Hati hati, Jangan Sembarangan Download Aplikasi Antivirus Dari Google Playstore
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Perbuatan Curang Pemilik Aplikasi Di Google Playstore Demi Cari Keuntungan Bisa Merugikan Pengunduh"

Post a Comment