HATI-HATI ! Malware Windows/MacOS/Linux Menyebar Melalui Facebook Messenger

MejaPraktek.com | Jika kamu mendapatkan video aneh di aplikasi Facebook Messenger jangan buru buru membukanya karena ini adalah cara baru penyebaran malware yang memanfaatkan messenger. Malware ini menyebar sendiri melalui kontak yang terinfeksi. Kemudian malware baru menunjukkan pesan yang berisi video palsu atau meme kepada semua penerimanya.


Hacker di balik penyebaran malware ini cukup pintar untuk mengarahkan korban ke halaman Google Doc. Halaman baru akan memiliki foto korban, yang diambil dari akun Facebook kamu, membuat korban tidak terlalu curiga.

Landing Pagenya terlihat mirip dengan YouTube, tempat korban bisa melihat video yang dapat dimainkan. Namun, jika ada pengguna yang mengklik video palsu itu, akan diarahkan ke situs-situs lain yang mengumpulkan rincian tentang sistem operasi, browser dan banyak lagi.


Menurut David Jacoby, peneliti keamanan Lab Kaspersky yang telah menganalisis ancaman tersebut mengatakan bahwa serangan tersebut cukup canggih dan sangat rapi sehingga membuat pendeteksian menjadi sulit mengungkapkannya.

Tujuan / motif utama dari kampanye malware yang sedang berlangsung adalah melacak kebiasaan penjelajahan korbannya dan menampilkan iklan khusus yang menghasilkan pendapatan bagi pembuat konten. "Orang-orang di balik ini kemungkinan besar menghasilkan banyak uang di iklan dan mendapatkan akses ke banyak akun Facebook," ujar Jacoby.

Juru bicara Facebook mengatakan perusahaan tersebut memiliki beberapa sistem otomatis untuk membantu menghentikan jenis link dan file berbahaya di Facebook. Seperti biasa dalam kasus ini, solusi terbaik adalah berhati-hati terhadap konten yang mencurigakan, bahkan dari kontak yang sudah dikenal sekalipun, dan terus menerus memperbarui program dan solusi keamanan terkini.
BACA JUGA : Google Play Protect, Security Tool Android Pembasmi Malware Di Playstore, Begini Cara Mengaktifkannya
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "HATI-HATI ! Malware Windows/MacOS/Linux Menyebar Melalui Facebook Messenger"

Posted by Mejapraktek
MEJA PRAKTEK Updated at: 8/26/2017

Posting Komentar