Sarahah, Mengapa Aplikasi Android Ini Mendadak Viral Dan Kontroversial ?

MejaPraktek.com | Awal tahun ini, programmer Saudi Zain Alabdin Tawfiq mengembangkan sebuah aplikasi berbasis kerja yang akan melayani bisnis dan perusahaan untuk mengetahui feedback karyawan mereka dengan jujur. Karena kunci dari aplikasi ini adalah agar karyawan bisa mengirim pesan tanpa nama. Sarahah sebuah aplikasi yang mendadak terkenal karena didesain untuk mengembangkan perilaku jujur. Sarahah sangat mengesankan, karena baru dirilis 5 bulan yang lalu, aplikasi ini berhasil didownload 3,88 juta  hanya di Amerika Serikat saja, lebih banyak didownload daripada Facebook Messenger, Netflix dan bahkan WhatsApp yang serba canggih yang menduduki posisi penjualan pertama di Apple App Store di 30 negara.

Bagaimana cara kerjanya? kamu harus mendownload aplikasi, menginstalnya, membuat akun dan kamu langsung bisa mengirim pesan anonim melalui sebuah komentar. 

Sarahah, Mengapa Aplikasi Android Ini Mendadak Viral Dan Kontroversial ?

Sepertinya terlihat bagus saat berada di lingkungan kerja dan konstruktif. Tapi masalahnya adalah bahwa penggunaan Sarahah, yang dalam bahasa Arab berarti 'Kejujuran', telah menghasilkan sesuatu yang sama sekali berbeda di luar lingkup yang diciptakannya.

Mengapa ? karena Snapchat, salah satu jaringan sosial terpopuler dan memungkinkan siapa pun yang memiliki akun di Sarahah bisa membagikannya melalui Snapchat. Dengan Snapchat, Sarahah telah menjadi aplikasi yang bisa disalahgunakan untuk mengirim pesan pelecehan, ancaman, penghinaan, bahkan meneror seseorang karena akses anonimitas.

Sarahah bisa menjadi tempat berkembang biaknya intimidasi anonim dan aplikasi kesekian yang terlahir sebagai sesuatu yang positif dan baru berubah menjadi sesuatu yang merusak, sama seperti perpanjangan pesan anonim Facebook, atau situs Askfm yang para pengembangnya menghapus setelah muncul kasus bunuh diri

Bak pedang bermata dua, jika aplikasi ini berada ditangan orang baik maka bisa bermanfaat untuk menilai sebuah kejujuran. Namun akan terjadi sebaliknya jika aplikasi ini disalahgunakan, karena berbagi akun dengan jutaan pengguna yang tidak dikenal, Snapchat telah menjadikan Sarahah dimanfaatkan oleh berbagai tipe orang sesuai dengan keinginannya

Pertanyaannya sekarang adalah apakah Zain dan timnya bisa memperbaiki aplikasinya, atau akan bernasib sama dengan Askfm
BACA JUGA : 10 Aplikasi Bikin Ngerjain Teman Kamu Di Ponsel Android, Download Dan Pasang Pasti Gokil AbiS

ARTIKEL TERKAIT :

1 Response to "Sarahah, Mengapa Aplikasi Android Ini Mendadak Viral Dan Kontroversial ?"