10 Cara Aman Menghindari Ancaman Hacking

Diera saat ini dimana semua jaringan internet diseluruh dunia saling terhubung dimana globalisasi seakan tiada batas interaksi antara satu dengan yang lain baik antar kota , antar negara bahkan antar benua bisa dimanfaatkan untuk berbagai manfaaat positif. Namun disisi lain banyak orang orang yang tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkan teknologi untuk hal hal negatif dengan perilaku hacking. Berbagai fasilitas bahkan yang strategis sekalipun seperti bank, rumah sakit, fasilitas militer, pembangkit listrik nuklir dan lain lain. 

Saat ini aktifitas hacking tampaknya menjadi lebih mudah dan agresif dengan berbagai varian terbaru baikdengan cara konvensional maupun yang canggih. Hal ini menuntut kehati hatian dan ketelitian kita sendiri untuk menghindari ancaman hacking ketika saat memanfaatkan perangkan baik smartphone, PC, dan laptop. Berikut adalah 10 aktifitas cara agar bisa terhindar dari ancaman hacking ketika para hacker sedang beraksi, berikut adalah ulasannya :

1. Gunakan VPN.

VPN atau Virtual Private Network) merupakan salah satu tool yang mampu menjaga keamanan perangkat dari serangan hacker. Saat kamu terhubung dari perangkat baik laptop maupun hanphone para hacker sesungguhnya selalu mengintip aktifitas kita , namun dengan memanfaatkan VPN, aktifitas kamu tidaka akan terlacak karena IP akan tersembunyi dari para hacker. Banyak jenis VPN yang bisa kamu gunakan baik berbayar maupun gratis 

2. Jangan pernah gunakan password yang sama


10 Cara Aman Menghindari Ancaman Hacking

Jika kamu penggiat sosial media, maka tentu banyak akun yang harus kamu buat. Jangan pernah gunakan akun dengan password yang sama. Jika takut lupa password, setiap akun selelu punya fasilitas lupa password sehinnga setiap saat kamu bisa setting password kamu yang baru. Cara ini  juga bisa untuk menggangi password yang lama secara kontinyu. Jika setting lupa password biasanya membutuihkan email. maka untuk password email kamu harus simpan baik baik, bila perlu buat list password email dan tulis di tempat yang aman. jangan dibuat dalam file komputer berbentuk soft copy karena tetap bisa dilacak para hacker.

3. Gunakan verifikasi  2 langkah

Saat ini banyak akun baik milik google atau diluar google, memberikan fitur verifikasi 2 langkah. Cara ini menjaga agar akun kamu 2 kali lebih aman daripada hanya dengan verifikasi 1 langkah.

4. Jangan hubungkan akun satu dengan yang lain.

Sebenarnya hal ini merupakan dilema besar bagi kita karena hanya dengan menggunakan 1 akun email kamu bisa mendaftarkannya ke ratusan akun sosial media dan otomatis antara media sosial satu dengan yang lain akan terhubung. Namun cara seperti ini akan dengan mudah dilacak oleh hacker. Untuk menghindarinya kamu bisa menggunakan beberapa email untuk mendaftarkan ke berbagai akun.

5. Hindari wifi publik.

Dengan banyaknya wifi hacking tool saat ini, kamu setidaknya harus bisa menahan diri untuk tidak sembarangan mencari hotsopot area. Namun jika memang terpaksa ingin akses jaringan wifi publik. Perhatikan beberapa syarat BERIKUT INI, agar perangkat kau tidak kena hacking oleh orang lain.

6. Jangan gunakan email utama untuk hal hal sepele.

Kamu harus bijak dalam management email agar terhindar dari hacking. Email yang kamu gunakan untuk internet banking atau email blogging seharusnya berbeda dengan email yang kamu gunakan untuk bermain games atau akses media sosial. Bagi saya sendiri membuat puluhan email sesuatu hal yang biasa untuk berbagai keperluan online agar terhindar dari hacking.

7. Hati hati jebakan maut alamat web (phising) .

Salah satu trik para hacker adalah membuat situs yang mirip dengan aslinya. Ini disebut dengan phising. Tujuannya adalah agar korban bisa terjebak kedalam situs yang mirip tersebut. Biasanya link link situs para hacker disebar disosial media dengan url pemendek agar tiak terlacak. Namun jika kamu teliti dan berhati hati kamu pasti bisa membedakannya. salah satu caranya adalah dengan cara memperhatikan alamat web tersebut di address bar browser kamu. Jika umpama alamat aslinya www.telkomsel.com bisa diubah dengan www.pointelkomsel.com atau www.id.telkompoin.com, walaupun situsnya persis sama , namun dengan memmperhatikan alamat web maka kamu akan terhindar dari hacking.

8. Jangan pernah membuat detail pribadi diakun sosmed yang sebenarnya.

Salah satu metode yang dipakai hacker adalah menyetel ulang kata sandi. Hacker bisa menggunakan nomor telepon, pertanyaan keamanan untuk mereset kata sandi. Karena itu, jangan pernah mengungkapkan tanggal lahir asli di situs manapun. Ini adalah hal-hal kecil yang dicari hacker untuk menghubungkan titik-titik satu dengan yang lain untuk hacking akun kamu.

9. Manfaatkan pengaturan privacy

Mensetting akun apapun termasuk sosial media biasanya mempunyai fasilitas setting privacy dimana kamu bisa mengkustom manakah yang bisa terlihat oleh orang lain dan mana yang tersembunyi dari akses orang lain.

10. Logout.

Setiap kaum login (masuk) kedalam akun apapun usahakan untuk logout atau keluar dari akun. Tujuannya adalah agar Hacker yang meremote akses komputer kamu tidak secara otomatis biasa memanfaatkan akun kamu yang belum sempat logout. 

ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "10 Cara Aman Menghindari Ancaman Hacking"

Posted by Mejapraktek
MEJA PRAKTEK Updated at: 9/29/2017

Posting Komentar