5 Aktifitas Ini Penyebab Virus Menjangkiti Ponsel Kamu

MejaPraktek.com | Beberapa waktu lalu Mejapraktek menerbitkan sebuat artikel dimana banyak kasus ponsel Android bisa menjadi sasaran empuk para pencipta virus maupun Ransomware seperti Game Android terindikasi Malware, Malware Android Yang Mampu Mencuri Data WA dan Facebook, bahkan  Malware Antivirus yang bergentayangan di Playstore, bahkan menurut GDATA Ditemukan Malware baru setiap 10 detik sekali. dari beberapa informasi ini mengindikasikan bahwa saat ini Virus dan malware seakin canggih dan tidak terdeteksi. Selain itu ditambah dengan berbagai ramsomware yang tidak bisa dibasmi begitu saja dengan Antivirus biasa seperti yang baru baru ini menggegerkan dunia : Ransomware Wannacry dan Ransomware Petya. walaupun tidak dilaporkan menginfeksi Android namun beberapa varian serupa juga bermunculan berbentuk aplikasi Android.  

Selain canggihnya virus atau malware yang akhir akhir ini sering diciptakan oleh para penggiat cyber jahat, dan tingkat kemampuan ponsel kamu untuk menangkal virus atau malware terlalu rendah, ternyata banyak aktifitas online yang tidak kamu sadari bisa memicu terjadinya virus yang bisa menjangkiti ponsel kamu, berikut ulasannya :

5 Aktifitas Ini Penyebab Virus Menjangkiti Ponsel Kamu

1. Sering mendownload aplikasi dari selain di Playstore.

Setiap update aplikasi Android, pada akhir ulasannya Mejapraktek.com selalu mengingatkan agar mendownload Aplikasi Android kesayangan kamu melalui Playstore. Selain untuk menangkal virus maupun malware cara ini juga bisa mengetahui rate atau ulasan dan komentar setiap Aplikasi yang akan kamu download. Dengan cara ini kamu bisa mengetahui hanya aplikasi yang mempunyai rate dan komentar yang bagus saja yang bisa kamu rekomendasikan untuk diinstal di smartphone kesayangan kamu, dan membuang aplikasi yang mempunyai rate rendah.

2. Tidak memperbarui OS dan aplikasi terbaru.

Pada banyak kasus aplikasi lama yang tidak melakukan pembaruan banyak bug bug yang masih memungkinkan celah masuknya malware ke dalam aplikasi. Oleh karena itu baik OS maupun aplikasi yang berkualitas selalu melakukan pembaruan secara berkala untuk menutupi celah yang telah dimanfaatkan oleh para hacker jahat setelah melakukan feedback dari para penggunanya.

3. Rooting Smartphone.

Aktifitas ketiga yang rentan dan mengakibatkan virus bisa menjangkiti ponsel kamu adalah Root. Selain berbagai kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan ponsel yang Rooted, ternyata virus juga bisa dengan leluasa menjangkiti ponsel karena hak aksesnya yang penuh, bisa dimanfaatkan untuk menyelipkan berbagai malware berbahaya.

4. Mendownload aplikasi premium/ berbayar gratis.

Alasan yang tidak masuk akan yang harus kamu pertimbangkan adalah apa imbal balik dengan aplikasi berbayar / premium yang dibagikan secara gratis. Walaupun tidak semua bermotif menyisipkan malware ke dalam aplikasi, namun dengan aplikasi premium free, kamu sudah masuk dalam perangkap dan kita tidak tahu perangkap apa yang sedang dibuat oleh penciptanya.
 

5. Browsing aktifitas illegal 

Yang terakhir adalah aktifitas illegal browsing seperti mengakses video p*rn*, perjudian, kekerasan seksual, dan lain lain. Biasanya para hacker menyediakan link bayangan atau redirect menuju halaman yang diinginkan para hacker. Jika sudah menuju halaman ini perangkap seperti phising , adware, malware dan bentuk virus lainnya dengan mudah bisa diakses.

Tips untuk mencegahnya cukup dengan jangan lakukan 5 aktifitas diatas, sehingga kamu akan aman dan bisa mencegah virus secara maksimal. Demikian semoga bermanfaat.
BACA JUGA : Trojan Development Kit, Kini Siapapun Bisa Bikin Ransomware Android
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "5 Aktifitas Ini Penyebab Virus Menjangkiti Ponsel Kamu"

Post a Comment