Cara Menghapus Duplikat File Di iTunes

MejaPraktek.com | iTunes adalah aplikasi pemutar lagu milik Apple. Selain berfungsi untuk memutar lagu, iTunes juga mampu mengorganisasi file musik dan tempat belanja membeli lagu lagu di iTune di iTunes Store. iTunes juga bisa digunakan untuk mengelola isi di iPod, iPhone, iPod Touch dan iPad. Para pengguna iOS menggunakan iTunes untuk mengunduh aplikasi dari App Store.

Salah satu fitur iTunes adalah bisa menyimpan informasi tentang setiap lagu di dalam dua dokumen yang berbeda. Dokumen yang pertama adalah sebuah dokumen dengan format binari bernama iTunes 4 Music Library. Dokumen ini adalah dokumen utama yang digunakan oleh iTunes untuk menyusun koleksi lagunya. Dokumen yang kedua memiliki format XML yang diberi nama iTunes Music Library.xml. Dokumen ini tidak digunakan oleh iTunes namun disediakan agar peranti lunak lainnya seperti iDVD, iMovie dan iPhoto yang dibuat oleh Apple sendiri, ataupun peranti buatan perusahaan lainnya bisa mendapat informasi yang lengkap tentang isi koleksi lagu milik pengguna iTunes tersebut. Secara default, iTunes tidak dapat mengenali file duplikat di library yang sama dan karenanya ada banyak kemungkinan terjadi duplikat file lagu. Bayangkan seandainya kamu mengecek duplikat file secara manual pasti akan memakan banyak waktu . 

Pada artikel kali ini Mejapraktek.com akan berbagi trik untuk melakukan proses penghapusan duplikat file dari iTunes.Namun sebelum menghapus duplikat file di dalam library iTunes pastikan kamu sudah membackup filenya. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahan selama proses penghapusan massal melalui metode ini.

Langkah-langkah untuk menghapus duplikat file di iTunes :

1. Masuk ke dalam iTunes dan beralih ke musik. Tekan saja tombol bagian kiri atas dan pilih Music Option dari daftar yang muncul. Dengan menggunakan sidebar, kamu juga bisa membuka pilihan yang sama dari Library.


2. Pastikan  setiap lagu di dalam library kemudian beralih ke tab Lagu . Klik tab File > Library > Show Duplicate Items.

3. Untuk menampilkan duplikat file lagu di Windows atau Mac iTunes, cukup pilih dan tekan tombol Shift dan tombol Option secara bersamaan dengan mengklik Tombol di Menu Bar

4. Pilih duplikat yang ingin kamu hapus.
5. Dari panel menu di bagian atas layar komputer atau di bagian atas jendela iTunes, pilih Lagu > Hapus.


Demikian Cara Menghapus Duplikat File Di iTunes semoga bermanfaat.
BACA JUGA :  10 Aplikasi pengubah Suara Terbaik Untuk iPhone
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Cara Menghapus Duplikat File Di iTunes "

Posted by Mejapraktek
MEJA PRAKTEK Updated at: 9/15/2017

Posting Komentar