CCleaner 5.33 Diretas 2,27 Juta Komputer Terinfeksi

MejaPraktek.com | CCleaner adalah aplikasi pembersih file sampah yang digunakan oleh banyak orang untuk mengurangi jejak file yang telah dihapus dan melakukan beberapa tindakan lainnya untuk mengoptimalkan komputer. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari dua miliar kali.

Baru baru ini aplikasi pembersih populer, CCleaner, terinfeksi oleh malware. Hacker telah menerapkan kode berbahaya di versi CCleaner 5.33.6162 dan versinya diunduh oleh lebih dari 2,27 juta pengguna.



VP Produk Piriform Paul Yung telah mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut telah menemukan pelanggaran keamanan di CCleaner 5.33.6162 dan Cloud CCleaner. Yung mengatakan "Aktivitas yang mencurigakan diidentifikasi pada tanggal 12 September 2017, di mana terdapat alamat IP yang tidak diketahui yang menerima data dari perangkat lunak yang ditemukan di versi 5.33.6162 CCleaner, dan CCleaner Cloud versi 1.07.3191, pada sistem Windows 32-bit"

Hacker telah menginstal backdoor dua tahap di biner CCLeaner.exe yang mengeksekusi kode jauh setelah mendapatkan perintah dari IP jarak jauh.Tool jahat tersebut dapat mengumpulkan data dari komputer korban seperti versi OS yang terinstal, proses yang berjalan, alamat mac dan banyak lagi. 

Sejauh ini Piriform mengklaim bahwa mereka telah melakukan perubahan pada perangkat lunak sebelum dipublikasikan. Namun, bagaimana kode binernya  masih dalam misteri.

Untuk mengatasinya, Piriform telah merilis update yang tersedia sebagai CCleaner pada versi 5.34. JIka kamu terlanjur menginstal versi 5.33, cukup update versi terbaru sesegera mungkin ke 5.34.
BACA JUGA : HBO Diretas Hacker OurMind, Termasuk Akun Twitter Dan Serial Game Of Thrones
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "CCleaner 5.33 Diretas 2,27 Juta Komputer Terinfeksi"

Posted by Mejapraktek
MEJA PRAKTEK Updated at: 9/21/2017

Posting Komentar