Hati-Hati, Hacker Mengunci Pengguna iPhone dan Mac Minta Tebusan Bitcoin, Begini Cara Agar Tetap Aman

MejaPraktek.com | Hacker berhasil mengunci pengguna iPhone dan MacBook walaupun memiliki autentikasi dua faktor yang diaktifkan dengan memanfaatkan fitur Apple "Find My", yang meminta uang tebusan.

Untuk mengembalikan akses ke pemiliknya yang sah, hacker tersebut minta pembayaran di Bitcoin, yang merupakan mata uang pilihan mereka karena sifatnya yang sulit dilacak.

Menurut MacRumors, hacker masuk ke akun iCloud pengguna dan mengunci iPhone dan MacBook  secara remote dengan layanan Find My di iCloud.com dengan mengaktifkan Lost Mode. Dengan kata lain, pelaku hanya memerlukan kredensial pengguna untuk menetapkan kode akses dan menguncinya dari perangkat  meskipun autentikasi dua faktor aktif.

Berikut Cuitan korban :

Cara Tetap Aman Dari Hacker

Saat ini, tidak ada solusi mudah untuk iPhone dan MacBook yang telah menjadi korban hack. Pengguna juga harus menghubungi Apple Support dan menemukan perbaikan untuk login dan memecahkan kode, namun sampai saat ini belum ada solusi yang tepat.

Yang hanya bisa dilakukan hanyalah mencegah bagi yang belum terserang, caranya adalah dengan menonaktifkan fitur Find My untuk saat ini.

Berikut cara menonaktifkan fitur Find My di iPhone : Buka  Aplikasi Settings lalu ke iCloud. Di sana, ubah fitur Find My iPhone dan masukkan kata sandi Apple ID Anda untuk mematikannya.

Sedangkan untuk menonaktifkan fitur Find My di Mac caranya, masuk ke System Preferences dan klik iCloud. Setelah itu, batalkan pilihan Find My Mac.

Ganti kata sandi Apple ID kamu dan tetap rahasiakan, aktifkan autentikasi dua faktor, dan gunakan password unik
Fitur Find My iPhone dan Find My Mac dirancang untuk membantu pengguna, menemukan perangkat jika hilang.Ini adalah fitur yang memungkinkan mereka mengunci perangkat untuk mencegah pencurian, menyimpan data pribadi mereka dengan aman, dan bahkan mengirim pesan yang dapat, mungkin, memberikan rincian tentang bagaimana pencari dapat mengembalikannya kepada pemiliknya.
Masalahnya, para hacker menyalahgunakan bagaimana fitur tersebut dapat mengunci perangkat dari jarak jauh hanya dengan mengetahui kredensial masuk pengguna.
BACA JUGA :  10 Aplikasi pengubah Suara Terbaik Untuk iPhone
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Hati-Hati, Hacker Mengunci Pengguna iPhone dan Mac Minta Tebusan Bitcoin, Begini Cara Agar Tetap Aman"

Post a Comment