Disqus Di Hack, Lebih dari 17,5 Juta Data Pengguna Dicuri, Begini Untuk Mencegahnya

MejaPraktek.com | Tahukah kamu apa itu Disqus ?, Plugin komentar yang bisa dipasang lintas platform seperti Blogspot, Wordpress, Tumblr dan berbagai macam website besar lainnya. Selain itu disqus bisa diintegrasikan dengan berbagai sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan lain-lain. Bahkan bisa dipasang pada cms berplatform Joomla, Drupal, Squares pace, Yola Site, Doku Wiki dan Chimp. Disqus dapat menjadi solusi alternatif layanan komentar sabuah situs atau blog karena lewat Disqus dapat memfasilitasi komentar-komentar yang ada dari pengguna blog secara lebih baik karena tampilannya keren, responsive, fast loading dan didukung fitur yang lengkap.

Namun Disqus telah dibobol hacker dengan meretas data lebih dari 17,5 pengguna dan ternyata kejadian ini telah berlangsung sejak 5 tahun yang lalu tepatnya bulan Juli 2012.  potensi data yang dicuri diantaranya alamat e-mail, nama pengguna, tanggal registrasi, dll.

Menurut Disqus seperti yang telah dirilis dalam BLOGNYA, perusahaan baru tahu pada hari Kamis ini, 5 Oktober 2017, setelah seorang peneliti keamanan independen, Troy Hunt, memperoleh salinan informasi yang diretas, yang langsung diketahui oleh perusahaan tersebut. Jadi dalam waktu sekitar 24 jam, Disqus telah mengungkapkan pelanggaran data dan telah mulai menghubungi pengguna yang menjadi korban untuk sesegera mungkin mereset kata kuncinya.Walaupun sebenarnya untuk tindakan pencegahan saja.


Perlu dicatat bahwa sejak akhir 2012 Disqus telah melakukan beberapa update untuk memperbaiki keamanannya dan telah mengubah algoritma enkripsi passwordnya menjadi dari SHA1 menjadi Bcrypt, sebuah algoritma yang jauh lebih aman dan sulit dilacak hacker.

Oleh karena itu seperti yang disarankan Disqus, bagi para blogger maupun platform lainnya sesegera mungkin reset password akun disqus, walaupun menurutnya sampai saat ini belum ada ancaman password akun pengguna oleh hacker, namun hanya untuk berjaga jaga saja. 
BACA JUGA : Hati-Hati, Hacker Mengunci Pengguna iPhone dan Mac Minta Tebusan Bitcoin, Begini Cara Agar Tetap Aman
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Disqus Di Hack, Lebih dari 17,5 Juta Data Pengguna Dicuri, Begini Untuk Mencegahnya"

Post a Comment