Penelitian Terbaru Google : Hacker Mencuri Hampir 250.000 Akun Setiap Minggunya

MejaPraktek.com | Baru baru ini Google mempublikasikan hasil penelitian tentang keamanan Internet dan pencurian data penting. Dalam rentang waktu Maret 2016 sampai dengan Maret 2017, metode pencurian data dengan cara phishing dan keylogging digunakan rata-rata 248.000 akun setiap minggunya dan sekitar 1 juta kredensial yang dicuri per bulannya

Menjalin kemitraan dengan University of California di Berkeley, Google menerbitkan hasil studi tentang keamanan Internet dan pencurian identitas - log in dan kata sandi - dari semua pengguna di seluruh dunia.

Studi tersebut mengamati dan melaporkan 25.000 trik dengan alat berbeda yang digunakan untuk penipuan yang paling beragam di internet, mulai dari pelanggaran phishing sampai keamanan. Secara keseluruhan, periset di Google dan Berkeley telah mengidentifikasi lebih dari 3,3 miliar kredensial yang dicuri yang terkena pelanggaran pihak ketiga.

Sebagian besar akun curian yang sampai di tangan hacker disebabkan karena kebocoran dan pelanggaran keamanan seperti pada beberapa perusahaan raksasa Equifax, Yahoo, dan lainnya.

Menurut Google, risiko signifikan bagi pengguna terletak pada alat yang menyerang mereka secara langsung, seperti penipuan phishing dan keylogging. Pada awalnya, seorang hacker menggunakan trik rekayasa sosial untuk mengkamuflase dirinya sebagai perusahaan atau orang yang dapat dipercaya untuk mengelabuhi dan akhirnya  mencuri data kredensial dari pengguna. Pada bagian kedua, kode berbahaya ini mampu mencatat kunci yang disimpan korban saat mengakses layanan.

Dalam setiap kasus, hacker selalu memanfaatkan kelalaian pengguna untuk mengakses akun tersebut. Dengan phishing dan keylogging, penyerang langung membajak akun , dengan informasi tambahan ini, bahkan mampu melewati batas sistem otentikasi dua langkah.

Dari 3,3 miliar akun curian yang ditemukan para peneliti, 788.000 diperoleh melalui keylogging dan 12 juta diantaranya melalui phishing. Setelah studi tersebut, Google mengatakan telah mencegah 67 juta akun Google disalahgunakan. Perusahaan merekomendasikan pengguna untuk melindungi diri mereka sendiri dengan menggunakan pemeriksaan keamanan akun yang dipersonalisasi.
BACA JUGA : 10 Cara Aman Menghindari Ancaman Hacking
ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Penelitian Terbaru Google : Hacker Mencuri Hampir 250.000 Akun Setiap Minggunya"

Post a Comment