Substitute Phone, Cara Unik Untuk Mengurangi Kecanduan Bermain HP

MejaPraktek.com | Sepertinya kecanduan smartphone saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Berbagai fasilitas aplikasi yang menggiurkan mulai dari sosial media, hiburan, permainan, bisnis dan seabreg fasilitas lainnya menjadikan penggunanya hampir 24 jam tidak bisa lepas dari genggaman smartphone. Denga smartphone otak sudah di stimulasi sedemikian rupa agar segala tingkah laku, otak dan gerakan badan selalu mengarah kepada penggunaan HP. Bagaimana cara menghilangkannya ? karena pentingnya smartphone saat ini tampaknya tetap tidak bisa di hilangkan namun bisa di kurangi dengan cara menstimulasi otak melalui genggaman tangan.

Seorang desainer di Vienna, Klemens Schillinger menciptakan 5 benda mirip smartphone genggam yang dinamakan dengan Substitute Phone (Pengganti Ponsel). Benda mirip smartrphone ini dilengkapi dengan manik-manik batu untuk menggerakkan jari jari tangan dalam posisi menggenggam seperti bergulir, meluncur, dan menggesek.

Dengan mengganti fungsi digital dengan manik-manik batu, Schillinger bertujuan untuk menciptakan satu set alat terapeutik yang dapat membantu pengguna smartphone yang sering mengatasi gejala kecanduan, dengan memberikan stimulasi fisik sebagai pengganti penggunaan telepon, sehingga Substitute Phone ini dirancang untuk mengatasi kecanduan smartphone

"Smartphone touchscreen telah membius diri kita selalu menuju ke media sosial," katanya seperti yang dikutip oleh Dezeen. "Kami selalu melihat setiap orng selalu cek email dan pesan tidak hanya di angkutan umum tapi juga saat bercengkrama dengan orang lain, misalnya saat minum minuman dengan teman." tambahnya

Dari sinilah ia mendapatkan gagasan membuat alat yang akan membantu menghentikan perilaku  kecanduan smartphone

Saat meneliti proyeknya, Schillinger terinspirasi oleh sebuah film dokumenter yang menampilkan penulis dan filsuf Italia Umberto Eco  yang mencoba berhenti merokok dengan mengganti pipanya dengan tongkat kayu.

Salah satu contoh adalah Substitute Phone hasil ciptaannya yang dirancang seperti menggeser kunci layar seperti ini :

Dengan tampilan seperti marmer, setiap set manik-manik telah dibuat dengan menggunakan batu alam Howlith. Ini kemudian dimasukkan ke dalam tubuh yang terbuat dari plastik polioksimetilena hitam (POM) - juga dikenal sebagai asetal.

Karena jenis plastik ini relatif berat, telepon pengganti juga mereplikasi bobot smartphone biasa - membuat tiruannya lebih meyakinkan. Sepertinya Substitute Phone memungkinkan gerakan ini dirasakan layaknya menggulirkan kelereng .
BACA JUGA : Surface Precision, Mouse Microsoft Yang Bisa Kontrol 3 PC Sekaligus

ARTIKEL TERKAIT :

0 Response to "Substitute Phone, Cara Unik Untuk Mengurangi Kecanduan Bermain HP"

Posted by Mejapraktek
MEJA PRAKTEK Updated at: 11/27/2017

Posting Komentar