22 Fitur Kecanggihan Dan Keunggulan Android Oreo

22 Fitur Kecanggihan Dan Keunggulan Android Oreo

Ads
MejaPraktek.com | Android Oreo merupakan versi terbaru sistem operasi Android 8.0 saat ini. Pada awal rilis Android Oreo mempunyai nama Android O namun seperti android versi sebelumnya, Google sering menggunakan nama cemilan makanan ringan untuk menamainya seperti Andoid Kitkat, Android Nougat dan terakhir Android Oreo. Pemberian nama snack makanan ringan sebenarnya bukan tidak beralasan bagi Google, selain alasan karyawannya yang lembur kerja selalu ngemil Oreo , kerjasama dengan produsen biskuit Oreo, Nabisco digunakan untuk branding produk yang saling menguntungkan.

Pada versi terbaru ini , tampaknya google ingin benar benar mengupdate kecanggihannnya terbukti banyak fitur fitur baru yang yang dioptimalkan seperti peningkatan kinerja baterai yang lebih baik, kemudahan pemilihan teks dan meminimalisir pengetikan, fiture picture-in-picture untuk peningkatan multitasking dan lain lain. . Bahkan di akhir 2017 lalu Google juga telah rilis versi 8.1 dengan nama Android Oreo Go Edition yang mengutamakan kecepatan dan meminimalisir pemakaian memory.


Nah, penasaran dengan fitur fitur canggihnya silahkan disimak selengkapnya :

1. Pemakaian baterai lebih hemat


Begitu Android Oreo menjadi sisten operasi di ponsel kamu, perhatikan masa pakai baterainya berkat inisiatif Vitals Google. Google menambahkan apa yang disebutnya "wise limit" untuk menutup otomatis aplikasi latar belakang selalu aktif dan menguras baterai. Dengan cara ini akan membatasi penggunaan layanan latar belakang dan pembaruan lokasi yang berlebihan, sehingga  saat tidak menggunakan ponsel baterai akan tetap hemat.

2. Notifikasi baru yang keren


Android Oreo memungkinkan pengguna melihat pemberitahuan tanpa menurunkan menu drop-down dari bagian atas layar. Jika ada notifikasi yang terlewatkan akan muncul badge dengan warna yang keren lengkap dengan ikon aplikasi, sehingga dapat dengan cepat cek aplikasi apa yang muncul pemberitahuan terbaru sehingga langsung bisa memeriksa statusnya. (Pengguna iOS sudah terbiasa dengan bentuk notifikasi seperti ini, dengan lencana merah di ikon aplikasi mereka.) Tekan agak lama pada Notifikasi yang muncul akan membuka menunya dan uniknya terlihat seperti Sentuhan 3D.


3. Stiker Star Wars AR 


Jika kamu pengguna Pixel dan Pixel 2, yang dapat mengakses stiker bergengsi bertema Star Wars (AR). Setelah memperbarui ke 8.1, download aplikasi ini dan buka aplikasi kamera untuk menemukan AR Sticker.


4. Upgrade Pada Kamera di Google Pixel 2 


Yang satu ini hanya untuk pemilik Pixel 2: Setelah mengupgrade ke Android 8.1, smartphone Pixel 2 akhirnya dapat memanfaatkan chip Visual Core-nya, sehingga tampak peningkatan kualitas foto termasuk di dalam aplikasi seperti Instagram dan Snapchat. Tidak hanya menambahkan detail lebih besar pada gambar, namun juga mempercepat pemrosesan gambar.


5. Kinerja lebih cepat


Proyek Vitals yang motor penggerak pengembangan Android Oreo juga akan membawa kinerja yang lebih cepat dan lebih besar ke perangkat Android. Pada konferensi pengembang Google I / O 2017 pada bulan Mei, manajer produk Android Stephanie Saad Cuthbertson menjelaskan bahwa perusahaan telah melihat handset Pixelnya boot dua kali lebih cepat, dengan kelebihan serupa di aplikasi Google Spreadsheet.


6. Picture-in-picture video


Kamu dapat memutar video YouTube atau video call sementara disisi lain kamu juga bisa menjelajahi aplikasi demi aplikasi, karena Android Oreo akan menawarkan dukungan Picture-In-Picture(PiP) ke seluruh OS. Pengguna iOS juga sudah menikmati dukungan picture-in-picture, namun hanya di iPad. Fitur ini dipakai di seluruh perangkat Android yang sudah update Oreo, dan cukup hanya mengaktikan melalui tombol home saat menonton video dengan cara menekannya. Video PiP dapat diakhiri hanya dengan menggesek klipnya.


7.  Wi-Fi Aktif otomatis


Fitur ini secara otomatis akan mengaktifkan dan terhubung Wi-Fi berdasarkan lokasi. Dengan cara ini, telepon dapat terhubung langsung ke jaringan satu ke jaringan lainnya secara otomatis

Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke Network and Internet> WiFi> WiFi Preferences. Kemudian toggle pada setting. Telepon kamu kemudian akan mendeteksi lokasi WiFi terdekat untuk menyambung kembali ke jaringan seperti saat sampai dirumah rumah . Ini cara cerdas untuk menghemat penggunaan data dan menggunakan smart internal ponsel tanpa harus menghidupkan dan mematikan Wi-Fi. Jika tidak ada jaringan maka Wifi akan mati otomatis.


8. Tampilan Shortcut dan Widget 


Android Oreo punya kemampuan untuk menyesuaikan layar dengan shortcut dan widget . Tekan ikon aplikasi agak lama untuk melihat tombol berbeda yang masing-masing memiliki deskripsi tentang apa yang akan dilakukan shortcut untuk membuka aplikasi atau menu. Sebagai contoh jika kamu ingin menambahkan shortcut ke  "I'm feeling lucky" di Google Play Musik cukup dengan sentuh dan tahan salah satu dari widget atau shortcut tersebut dan drag ke homescreen


9. Autofill


Autofill adalah fitur yang berfungsi untuk menyimpan aktifitas login anda pada akun-akun anda di internet. Pada pertama kali kamu masuk atau login pada akun, misal akun sosial media seperti facebook, twitter, instagram, atau akun-akun lainnya yang mungkin anda sering melaukan aktifitas di dunia maya dengan menggunakan android, maka android akan menyimpan username dan password.
Dengan cara ini maka ketika akan login untuk yang kedua kalinya dan seterusnya tidak perlu lagi memasukan username dan pasword, kolom username dan pasword akan secara otomatis terisi dan kamu bisa langsung login dengan klik tombol login atau masuk.


10. Dukungan Google Play Protect


Fitur baru yang diluncurkan google adalah Google Play Protect selain berfungsi untuk melindungi pedownload aplikasi dari serangan virus, ransomware, malware yang bersarang di Google Play juga berfungsi sebagai polisi yang siap merazia aplikasi aplikasi nakal dan membahayakan. Kamu bisa menikmatinya jika sudah menggunakan Android Oreo .


11. Dukungan Teks Pintar bisa menghemat waktu dalam mengetik.


hal yang paling membosankan saat akses telepon adalah pengetikan seperti sms atau bbm karena butuh waktu yang lama huruf demi huruk kita ketikkan. namun dengan Smart Text Selection Android Oreo bisa lebih mudah dan cepat untuk mengetik apa saja dan secara otomatis Android akan memberikan pilihan kata untuk digunakan .


12. Emoji baru


Google telah menyematkan emoji keren di Android Oreo yang mirip tampilannya di iOS. Beberapa emulator yang menggambarkan berbagai objek juga telah di-tweak, jadi kamu bisa memiliki banyak pilihan untuk mengekspresikan perasaan kamu. Saat ini kamu bisa menggunakan 60 emoji baru di Oreo untuk mengungkapkan perasaan lewat gambar gambar keren. Bahkan update terbaru Oreo bisa mencetak emoji. Google membuat Perpustakaan Kompatibilitas Emoji yang memungkinkan pengembang menampilkan emito di aplikasi mereka, bahkan bisa berfungsi juga pada perangkat dengan versi Android yang lebih lawas.


13. Ikon keren


Layar akan lebih hidup dengan tampilan ikon baru di Android Oreo. Ikon secara otomatis akan berubah saat kamu menggunakan ponsel, seperti menyesuaikan tema dan animasi. Ini berarti ikon akan berbentuk lengkung dan bergerak saat kamu menyentuhnya. Selain itu ikon ikon animasi juga disematkan didalamnya


14. Tampilan lebih colorful


Beberapa smartphone Android menawarkan display yang mampu menampilkan apa yang disebut Wide gamut Color. Dengan Oreo, kamu mendapatkan kemampuan untuk menampilkan warna tersebut. Meskipun akan bergantung pada dukungan pengembang dan pembuat smartphone. Coba kamu perhatikan tampilan instagram dengan menggunakan Android Oreo.



15. Sambungan audio Bluetooth yang lebih baik


Headphone Bluetooth menawarkan kebebasan koneksi tanpa kabel, tapi kadang-kadang bisa berpengaruh pada kualitas suara. Android Oreo mampu mengolah suara melalui sambungan bluetooth dengan kualitas tinggi, seperti codec LDAC Sony untuk audio hi-res


16. Lebih banyak pintasan keyboard


Pengguna Pixel C bisa memasangkan keyboard Bluetooth dengan perangkat Android. Google mengatakan bahwa Android Oreo akan menampilkan versi perbaikan dari shortcut keyboard untuk tombol tab dan panahnya. Ini bisa akses Google Doc jadi lebih mudah.


17. Suara berkualitas tinggi


Tidak hanya menawarkan kualitas suara yang lebih baik untuk pengguna Bluetooth, Oreo juga mengolah output suara yang dihasilkan lebih jernih. Teknologi AAudio Android Oreo yang baru dirancang khusus untuk aplikasi yang memerlukan "audio berkinerja tinggi dan low-latency", Google telah memasukkan versi awal API terbaru ke dalam pratinjau pengembang untuk mendapatkan feedbacknya.


18. Android TV


Android TV, platform TV pintar Google mendapat tampilan baru untuk layar utama dengan kamu update menjadi versi Oreo. kamu bisa dengana mudah memilih channel acara tertentu dan bahkan menawarkan pratinjau dengan cepat. A watch next row menyoroti episode program tambahan yang telah kamu tonton atau pertunjukkan dan film yang kamu putar namun belum selesai. Favorit  Row menyoroti aplikasi teratas. Dan, AI-driven Google akhir-akhir ini, Asisten Google akan menjadi bagian dari Android TV, menikmati channel hanya dengan suara Anda.


19. Layar pengaturan yang lebih baik


Dengan Oreo, Google telah memperbarui menu Settings untuk mempermudah menemukan bagian yang berbeda. Kamu bisa menyentuh ikon spyglass untuk mencari bagian yang kamu butuhkan. Sebagian besar tata letak lebih bersih dan membuat keseluruhan menu lebih cepat untuk dibaca dengan teliti.


20. Peningkatan aksesibilitas


Akan lebih mudah untuk memanfaatkan fitur aksesibilitas Android. Tombol aksesibilitas di panel navigasi menyediakan akses cepat ke fitur seperti pembesaran dan layanan termasuk Select to Speak. Audio Oreo juga akan dioptimalkan dengan aksesibilitas dengan kontrol terpisah untuk aksesibilitas dan volume media. hal ini memungkinkan umpan balik audio pada layar yang diputar pada volume yang berbeda dengan audio dari video atau lagu.


21. Berpotensi update lebih cepat


Android Oreo menawarkan arsitektur modular yang dirancang agar lebih mudah dan cepat bagi pembuat ponsel untuk menghadirkan pembaruan Android ke perangkat kamu


22. Ukuran file aplikasi menjadi lebih kecil


Ini bukan fitur terfavorit, namun aplikasi dengan OS Oreo bisa berpotensi menjadi lebih sedikit di ruang pada ponsel kamu. OS yang diperbarui tidak memaksa pembuat aplikasi untuk membungkus font khusus dengan perangkat lunak mereka, mengurangi ukuran file. Dan Oreo akan terus memanfaatkan fitur Aplikasi Instan Android, yang memungkinkan mengakses beberapa fitur aplikasi tanpa harus mengunduhnya terlebih dulu. Google mengatakan bahwa 500 juta perangkat sekarang mendukung Android Instant Apps, jadi ini bukan fitur khusus Oreo, namun ini akan membantu mengelola ruang penyimpanan di ponsel bertenaga Oreo.


Baca juga:

Advertisement
January 21, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments