40 Ribu Pelanggan OnePlus Telah Dicuri Data kartu Kreditnya

40 Ribu Pelanggan OnePlus Telah Dicuri Data kartu Kreditnya

Advertisement
MejaPraktek.com | Beberapa hari yang lalu, sistem pembayaran OnePlus telah diretas dengan ditemukannya transaksi penipuan pada kartu kredit para pelanggan dan pembeli Smartphone serta aksessorisnya. Setelah mendapatkan keluhan dan laporan dari forum, pihak OnePlus menyelidiki keseluruhan masalah yang terjadi dan disebut sebagai "sebagai masalah urgensi".

Ternyata setelah diselidiki ditemukan rincian kartu kredit yang telah dicuri sebanyak  40.000 pengguna. Semua ini terjadi karena hacker telah menyuntikkan kode berbahaya ke situs web OnePlus. Seorang anggota staf OnePlus menulis di forum online perusahaan pada hari Jumat .Ia menulis bahwa salah satu sistemnya diserang hacker dengan menyuntikkan skrip berbahaya yang dioperasikan sebentar-sebentar, menangkap dan mengirim data langsung dari browser pengguna. Sejak kejadian tersebut pihaknya telah mengkarantina server yang terinfeksi dan memperkuat semua struktur sistem yang berhubungan denga hal tersebut.


Lebih lanjut informasi tersebut mengungkapkan bahwa pelanggan atau pembeli yang memasukkan info kartu kredit mereka di Oneplus.net antara pertengahan November 2017 dan 11 Januari 2018, mungkin akan akan dicuri datanya, termasuk informasi tentang nomor kartu, tanggal kadaluwarsa dan kode keamanan. Pembeli yang membayar melalui kartu kredit yang sudah tersimpan dan yang melalui PayPal secara system seharusnya tidak terpengaruh, namun tampaknya tidak ada jaminan sehingga pihak Oneplus akan  menghubungi pembeli yang berpotensi terkena dampak melalui email. Diharapkan kepada pembeli untuk mengecek tagihannya di bank, jika ada tagihan yang tidak dikenali agar sesegera mungkin melakukan tolak bayar untuk mencegah kerugian finansial yang lebih besar.
Untuk melaporkan pencurian data kartu kredit ini OnePlus memberikan kontak email  ke security@oneplus.net atau menghubungi tim dukungan OnePlus di https://oneplus.net/global/support.


Walaupun OnePlus menolak meminta maaf karena musibah ini , ia selalau berusaha menyelesaikan masalah dengan cara bekerja sama dengan berbagai pihak dengan penyedia layanan dan pihak berwenang setempat serta penyedia pembayaran  untuk menerapkan metode pembayaran kartu kredit yang lebih aman, serta melakukan audit keamanan yang mendalam. Semua tindakan ini akan membantu mencegah insiden semacam itu terjadi di masa depan. Demikian pengumuman terbaru yang dirilis pihak OnePlus di forum online tersebut.

Baca juga:

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments