6 Aplikasi Sharing Video Sosial Media Terbaik Alternatif  Pengganti Aplikasi Vine Yang Telah Tutup

6 Aplikasi Sharing Video Sosial Media Terbaik Alternatif Pengganti Aplikasi Vine Yang Telah Tutup

Advertisement
Mejapraktek.com  | Mengenang tepat satu tahun ditutup oleh Twitter, Vine masih menjadi ingatan para penggemar aplikasi sharing video apalagi bagi pengguna yang sudah terlanjur memiliki follower yang banyak di aplikasi Vine. Pada tanggal 17 Januari 2017 Twitter akhirnya resmi menutup Vine. Layanan berbagi video singkat itu telah berhenti menjadi media sosial dan diubah menjadi aplikasi Vine Camera. Dengan perubahan tersebut pengguna mengunduh dan memakai Vine Camera hanya untuk merekam video 6 detik khusus diunggah ke Twitter dan  kamu baru bisa share videonya. Dengan kata lain fitur Vine sebagai vide sharing saat ini ditambahkan pada Twitter sehingga  alternatif video sharing bisa kamu dapatkan di aplikasi Twitter. Aplikasi Vine ditutup karena kalah bersaing dengan aplikasi lainnya.


Setelah Vine ditutup, saat ini hampir semua sosial media sudah mendukung aplikasi sharing video Setidaknya ada 6 aplikasi serupa yang saat ini menjadi saingan Vine termasuk pemiliknya Twitter, berikut ulasan selengkapnya :

1. Twitter

Twitter sebagai pemilik Vine punya hak untuk memindahkan fitur Vine ke Twitter. Disini kamu bisa upload video baik melalui perangkat smartphone maupun melalui PC. Bahkan sebelum kamu mengupload, video bisa di edit. Bahkan untuk menghapus video yang tidak bagus atau menyusun urutannya cukup dengan drag saja. Video yang sudah terupload bisa kamu tweet, selain itu kamu juga jika masih dirasa belum cukup banyak share video bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memperbanyak. 


2. Instagram

Instagram adalah sosial media berbasis gambar, foto dan video. Di Instagram selain kamu bisa edit video, juga bisa tag untuk menandai teman atau mengelompokkan foto dalam satu label dan bisa menambahkan caption berupa sepatah dua patah kata atau diskripsi soal foto yang diunggah. Di samping tentunya menambahkan hashtag. Selain bisa share langsung dari akun instagram, kamu juga bisa repost video kamu dengan aplikasi pihak ketiga.


3. Coub

Coub adalah aplikasi remixing video. Saat ini selain tersedia di iOS Coub sudah ada dalam versi Android. Kamu bisa membuat video berdurasi 10 detik bahkan bisa menambahkan musik dan memfilter untuk dibagikan. Saat membuat "coub" di aplikasi, kamu bisa menekan tombol untuk memulai rekaman, dan tekan lagi untuk berhenti. Setelah coub telah dibuat, pengguna memberikannya sebuah caption dan tag, dan dapat membagikannya dengan orang lain di Facebook atau Twitter. Coubs juga bisa diberi pengaturan privasi khusus, jadi semua pengguna, atau hanya teman yang bisa melihatnya.

Sebagai penampil video, aplikasi ini memberi umpan pada konten unggulan , dan penggun didorong untuk mengikuti akun lain guna menyesuaikan feed ini. Pengguna dapat mencari coubs berdasarkan hashtag, atau menjelajahi tampilan acak coubs. 

Ketika pengguna menemukan artikel yang menarik, mereka dapat memproyeksikannya kembali ke akun mereka sendiri, atau mengeposkannya ke video. Coubs pihak ketiga ini juga bisa dibagikan dengan Facebook atau Twitter, serta melalui email, pesan teks atau direct link sharing.

Versi Android aplikasi ini memiliki fitur eksklusif, karena pengguna yang mengoperasikan beberapa saluran di akun mereka dapat mengakses dan mengoperasikan semua saluran ini di dalam aplikasi. 


4. Tout 

Tout adalah jaringan video dengan pemutakhiran video terkini melalui olahraga, berita, hiburan, politik, atau berbagai jenis video lainnya. kamu bisa buat video 15 detik dan publikasikan ke Tout kemudian membagikannya ke situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Kamu bahkan dapat mempublikasikan video Anda ke blog dan situs web Anda.Dengan fitur Tout's reply kamu dapat terlibat dalam percakapan video real-time dengan selebriti, atlet, penyiar berita, teman atau jutaan touters lainnya.


5. Widdy

Jika kamu ingin mengabadikan video momen keseharian kamu menjadi mirip seperti film atau sinetron , Widdy lah tempatnya. Widdy mempunyai fitur efek gambar untuk membuat video jadi lebih indah. Kamu juga dapat menambahkan musik ke video sebagai latar belakang yang memberi kesan khusus pada video . Fitur sharing cukup dengan hanya satu klik untuk berbagi video ke Facebook, twitter, YouTube dan tumbler plus  bisa langsung mengirim email dan berinteraksi dengan teman untuk menyukai atau mengomentari video.

6. Snapchat

Snapchat memberikan cara baru untuk berbagi gambar dan video singkat. Jepret foto atau video Anda lalu tambahkan keterangan dan bagikan dengan teman Anda. Teman akan melihatnya menikmatinya. Media sosial punya cara unik untuk berbagi video, video yang kamu bagikan akan hilang dari snapshot setelah 24 jam meninggalkan kenangan.

Selain keenam aplikasi yang berkonsentrasi pada video diatas, banyak sekali aplikasi Sosial media terkenal lainnya yang menambahkan fitur video sharing kedalamnya seperti WhatsApp, Blackberry Messenger, Facebook dan lain lain.

Baca juga:

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments