Cara Memperbaiki Android Error Sering Macet dan Restart Sendiri

Cara Memperbaiki Android Error Sering Macet dan Restart Sendiri

Ads
MejaPraktek.com | Android error macet atau restart sendiri biasanya sering terjadi karena software, secara umum penyebabnya adalah ketidakcukupan memori dan penyimpanan internal yang dimiliki sebuah smartphone untuk menampung semua aktifitas baik didepan layar maupun dibelakang layar. Overload inilah kadang membuat smartphone panas, baterai cepat terkuras hank restart sendiri dan lama kelamaan akan merusak hardwarenya sendiri. Kunci utama adalah pengguna smartphone itu sendiri dengan menyesuaikan kinerjanya dengan kemampuan yang dimilikinya. Berikut adalah penyebab HP Android Error Macet beserta cara memperbaikinya :


1. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan


Semakin banyak aplikasi yang berjalan maka akan semakin besar daya yang digunakan, baik itu daya baterai maupun daya processor. Jika HP android anda bukan HP android yang super tangguh, maka ketika terlalu banyak aplikasi yang berjalan android akan mogok kerja (macet). Aplikasi ini terkadang berjalan tanpa kita sadari, dan sulit untuk mengontrolnya secara manual.

Cara Memperbaiki :

Saya rekomendasikan anda untuk menggunakan aplikasi auto killer, dengan bantuan aplikasi  ini maka setiap aplikasi yang sudah tidak digunakan akan di tutup secara otomatis. Dengan demikian maka daya HP android anda tidak akan terbuang percuma.


2. Terlalu Banyak Aplikasi yang terinstal


Sepertinya biasanya secara tidak sadar kita selalu memasang aplikasi yang baru untuk mencoba berbagai fitur dan keunggulan yang dimilikinya , namun kita juga dibikin terlena tidak menghapusnya kembali, seperti games yang sangat banyak dan menggiurkan fiturnya


Cara Memperbaiki :


Uninstal aplikasi yang kamu anggap tidak penting atau jarang digunakan, sisakan ruang penyimpanan internal yang cukup lega untuk ruang gerak data dan aplikasi saat aktif agar beban memory bisa agak ringan.

3. Tema launcher bermasalah


Mungkin anda adalah salah satu pengguna android yang merasa tidak puas dengan tema bawaan android. Karena itu anda sering gonta-ganti tema launcher dengan menginstal laucher dari play store. Nah ada kalanya, beberapa launcerh ini bermasalah, terjadi crash sehingga android berhenti atau macet total.

Cara Memperbaiki :

Uninstal launcher yang sedang anda gunakan, dan kembalikan ke tema default (asli bawaan android).

4. Media penyimpanan atau memory penuh


Nah ini masalah yang sering terjadi, anda kurang mengontrol ruang penyimpanan pada memori. Ketika memori penuh, maka akan berpengaruh pada kinerja android. Bisa menyebabkan hp android menjadi lemot atau bahkan menjadi macet.

Cara Memperbaki :

Silakan periksa memori anda, pastikan masih ada cukup ruang yang tersisa. Jika sudah merah karena penuh dengan data, silakan hapus beberapa data yang sudah tidak dibutuhkan. Anda juga bisa membuang data cache yang ada pada memori android.


5. Data cache yang menumpuk


Cache adalah data yang dihasilkan dari proses aplikasi. Bisa diaktakan data cache adalah data sampah yang diakibatkan dari proses berjalannya aplikasi. Semakin banyak aplikasi yang sering berjalan, maka semakin data cache yang dihasilkan. Silakan bersihkan data cache pada memori anda.

Cara memperbaiki :

Cukup dengan menghapusnya. Kamu bisa menghapus cache mulai dari aplikasi (semua aplikasi harus dihapus cachenya) dan cache browser.

6. Aplikasi Error atau tidak kompatibel


Biasanya untuk OS android 4 kebawah ada beberapa aplikasi yang eror jika dibuka atau setelah dibuka beberapa lama akan terhenti dan menutup sendiri.

Cara memperbaiki :

Jika masih memungkinkan RAM atau penyimpanan internalnya upgrade versi Android untuk versi terbaru

Baca juga:

Advertisement
January 30, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments