Cara Mengatasi HP Android Yang Tidak Ada Suara Keluar Atau Masuk Tiba Tiba

Cara Mengatasi HP Android Yang Tidak Ada Suara Keluar Atau Masuk Tiba Tiba

Ads
MejaPraktek.com | Semakin canggih perangkat semakin kompleks kerusakannya baik kualitas maupun kuantitas kerusakannya. Mungkin pepatah ini yang cocok diterapkan untuk HP Android. Jika jaman dulu hp candybar masalah dalam mengatasi HP yang tidak bersuara hanya terletak pada hardware dan operator, saat ini dengan semakin berkembangnya OS Android menjadi banyak penyebab kerusakan akibat suara yang tidak bisa keluar, selain kedua hal tersebut diatas bisa jadi karena kompatibilitas sistem operasi, kesalahan pengaturan dalam sistem operasi dan lain lain.

Kerusakan akibat tidak ada suara keluar selama ini kita curigai adalah karena kerusakan pada speaker karena speaker adalah sumber suara, namun banyak hal sebenarnya yang menyebabkannya seperti HP kamu barusan terjatuh, atau terendam seperti pada Samsung S8 yang suara speakernya melemah,
kesalahan setting suara atau barusan instal aplikasi suara sehingga berakibat tidak adanya sinkron antara aplikasi suara yang baru diinstal dengan OSnya dan masih banyak penyebab kerusakan lainnya.
Sebelum diperbaiki kamu harus melakukan beberapa tes atau cek untuk memastikan kerusakannya dengan cara sebagai berikut :


1. Coba telpon orang lain


Cara Mengatasi Menelpon Tidak Ada Suara yang pertama adalah coba kalian coba telpon orang lain, jika memang komunikasi anda lancar berarti ada permasalahan pada speaker smartphone teman kalian. Atau mungkin kalian coba hubungi lagi teman kalian tadi mungkin saja pertama kali menelponnya telah terjadi gangguna jaringan yang membuat suara kamu hilang di speaker smartphone teman kamu. Semua ini bisa saja terjadi.

2. Restart


Jika kalian telah melakukan Cara Mengatasi Menelpon Tidak Ada Suara yang pertama dimana kamu telah menelpon teman lain dan hasilnya sama berarti permasalahan ada di smartphone kamu. Coba kalian restart smartphone kamu sampai 2-3 kali dalam kasus ini yang kami temukan permasalahan tersebut bisa di atasi.

3. Dengerin Musik


Putar sebuah lagu besarkan dan kecilkan suaranya, pastikan suara maksimal dan tidak ada perubahan volume sama seperti saat HP kamu masih baru. Perhatikan juga adakah suara yang putus putus, atau suara serak, atau kontak kontak kadang hidup dan kadang mati. 

Pada Artikel ini Mejapraktek.com akan mencoba menelisik kerusakan suara pada  Android berdasarkan software dan hardwarenya lengkap dengan tips mengatasinya, silahkan disimak :

1. HP Android Tidak Ada Suara Karena Masalah Software


Selain karena masalah teknis, tidak ada suara pada HP android juga bisa disebabkan karena masalah software. Bisa karena virus, salah pengaturan dan lainnya. Jika masalah hardware sudah diperbaiki namun belum memberikan hasil, silakan lanjutkan dengan memperbaiki HP android anda dari sisi software.

1. Uninstal / Hapus Aplikasi Pihak Ketiga


Mungkin ada aplikasi-aplikasi pihak ketika yang mengandung malware, nah anda perlu mencurigai apliaksi pihak ketiga sebagai biang kerok dari masalah HP android anda. Untuk situ saya sarankan anda menghapus semua aplikasi pihak ketiga. Atau kalau anda merasa sayang dengan koleksi aplikasi anda, anda bisa menonaktifkan/ mematikan aplikasi pihak ketiga. Untuk memudahkan ada baiknya lakukan pengetesan microphone saat ada dalam SAFE MODE, karena dalam mode SAFE MODE tidak ada aplikasi pihak ketiga yang berjalan.

2. Lakukan Reset HP Android


Nah yang paling mudah adalah mengembalikan setelan atau setting HP android ke pengaturan pabrik. Namun tentu saja anda memiliki resiko kehilangan semua aplikasi bahkan kontak yang ada dalam HP anda. Nah, jika anda sudah siap dengan resiko tersebut silakan reset HP android anda.


2. HP Android Tidak Ada Suara Karena Masalah Hardware


1. Cek Speaker HP Android


Setelah semua dari sisi software tidaka ada masalah, kamu bisa langsung mencurigainya karena kerusakan Hardware. Namun terlebih dahulu sekali lagi  cek apakah speaker HP android anda masih normal tidak. Caranya cukup mudah adalah dengan memutar musik, kalau dengan memutar musik dan besarkan suaranya sampai keluar suaranya itu artinya speaker masih normal jika tidak berbunyi berarti bisa kamu ganti speakernya. Atau dengan layanan penjawab otomatis pada kartu SIM seperti menghubungi 123 pada operator XL. Kalau anda mendengar suara, itu artinya speaker HP anda tidak bermasalah.

Untuk memperbaiki speaker HP android memerlukan kahlian sebagai teknisi ponsel. Bagi anda yang belum memiliki keterampilan dan tidak ada keberanian sebaiknya dibawa saja ke tempat servis HP. Tapi kalau anda mau mencoba silakan bongkar HP android anda. Kemudian lakukan hal-hal berikut ini :

Silahkan Periksa Seluruh Komponen Sisi Speaker ( perhatikan sisi mrek HP & Jenis Speaker Tersebut.
Anda Check Menggunakan Multiterster apakah terhubung? Jalur spaker ke PCB HP.
jika terhubung namun suara tidak keluar , anda lakukan pergantian speaker lama mernjadi spaker yang baru.
diperkirakan Speaker Harganya Hanya 5000- 10.000 Rupiah online dan offline.
silahkan Ganti Spaker anda.

Dan Perlu anda perhatikan , Jenis – Jenis Speaker Yang Terhubung Pada PCB HP :

Speaker ada yang berbentuk Kotak.
Speaker ada yang berbentuk Bulat.
Speaker Terhubung Dengan PCB menggunakan Kuningan Kecil
Speaker Terhubung Dengan PCB menggunakan Kabel Koneksi Jumper.

Untuk sisi lainnya dan tahap penyelesaian silahkan ganti IC AUDIO anda. jika jalur seluruh Skema Jalur komponen sudah diperiksa dengan Avometer / Multitester lakukanlah pergantian tahap terakhir di sisi IC Audio.


2. Cek Microphone HP Android Anda


Untuk memasikan apakah microphone HP android anda masih berfungsi atau tidak, silakan anda mengetesnya dengan melakukan recording suara (audio recording). Jika suara anda terekam dengan baik itu artinya microphone HP android anda masih berfungsi dengan baik.

Namun jika sebaliknya, maka dapat diapstikan microphone anda sudah rusak. Untuk memperbaikinya silakan ikuti tahapan-tahapan berikut ini :

3. Bersihkan Lubang Microphone


Karena smartphone anda adalah sebuah barang yang sering dipakai dan selalu dibawa kemanapun anda pergi, maka hp android anda tidak terlepas dari kotoran atau debu, debu atau kotoran bisa saja mengotori bagian-bagian yang sulit dijangkau salah satunya yaitu lubang microphone anda yang berada di bagian bawah smartphone, karena lubang microphone sangat kecil, anda bisa membersihkannya dengan menggunakan jarum, tetapi jangan terlalu dalam karena bisa merusak microphone hp android anda.

Jika dengan cara ini tidak bisa memperbaiki microphone android anda, mungkin ada perangkat yang rusak sama halnya yang terjadi pada speaker. Untuk itu, anda juga bisa melaukan perbaiki dengan cara yang sama dengan memperbaiki speaker. Silakan kembali baca cara memperbaiki speaker di atas.

Sumber : tipsandroid.blogspot.com

Baca juga:

loading...
January 23, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments