Dengan Dukungan HTTPS, Sekarang Lebih Aman Mengakses Blog Mejapraktek.com. Berikut Ulasan Selengkapnya Tentang HTTPS

Dengan Dukungan HTTPS, Sekarang Lebih Aman Mengakses Blog Mejapraktek.com. Berikut Ulasan Selengkapnya Tentang HTTPS

Advertisement
MejaPraktek.com | Sebulan yang lalu blogger telah mengumumkan fitur baru dimana custom domain atau top level domain (TLD) sudah bisa support protokol yang lebih aman. Dimana sebelumnya juga blogspot  telah melakukan hal yang sama dalam mengantisipasi kerentanan keamanan blog. Namun sebelum mengulas lebih jauh tentang apa itu HTTPS dan apa manfaatnya bagi situs dan pengunjung blog, melalui artikel ini Blog Mejapraktek.com mulai tanggal 19 Januari 2018 telah mengubah protokol dari http menjadi https. Dengan dukungan  https, pembaca dan pengunjung blog merasa lebih nyaman dan tidak ada keraguan akan hal keamanan situs ini. Kamu bisa menjelajahi sisi manapun dari blog ini, berinteraksi atau berkomentar dengan identitas yang terjaga keamanannya. Demikian juga untuk keperluan dan kepentingan optimasi blog ini dimana google akan lebih memprioritaskan blog atau website yang telah menggunakan https.

Nah, apa sih sebenarnya http dan https itu sebenarnya? HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol yang merupakan protokol untuk mengatur komunikasi antara client dan server. Dimana client yang dimaksud adalah browser atau perangkat yang dapat menampilkan konten web. Sementara HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan versi yang lebih aman dari http. Perbedaan utama HTTP dan HTTPS terletak pada pemakaian portnya dimana port 80 digunakan oleh http sedangkan port 443 digunakan oleh https. 

Mengapa HTTPS lebih aman dari HTTP ?


Melalui HTTPS, informasi yang ditransfer dari server akan lebih aman karena dilakukan enkripsi pada pengiriman informasi dan hanya akan dapat diakses oleh client dan server akhir saja. Https memiliki 3 tingkat keamanan yang berbeda, diantaranya :

1. Autentikasi Server : dimana antara client dan server memiliki kepercayaan bahwa mereka sedang terhubung dengan server aplikasi yang sebenarnyanya.

2. Kerahasiaan Data : data yang telah dikirim dan diterima sangat rahasia karena data tersebut  memiliki sandi atau enkripsi. Dengan begitu data sulit untuk dicuri (di unduh) oleh orang lain.

3. Integritas Data : Attacker akan kesulitan untuk melihat, mencuri, mengubah bahkan merusak data. Seumpamanya pun bisa, website bisa mendeteksi penyerang yang kan yang akan mencuri di lalulintas data antara server dengan client atau dari client ke server.


HTTPS bukanlah protokol yang terpisah, tetapi mengacu pada kombinasi dari interaksi HTTP normal melalui Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS). Hal ini menjamin keamanan dari para penyadap informasi. Dalam hal ini, ada dua jenis umum lapisan enkripsi diantaranya Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL). TLS adalah protokol pada jaringan komputer yang dapat menjaga kerahasiaan data yang dikirim oleh client ke server ataupun sebaliknya. Dengan itu, pihak ketiga tidak dapat menyadap data yang dikirim ke server atau ke client. Sedangkan SSL adalah sebuah teknologi enkripsi untuk mengamankan HTTP sehingga terjaga pengiriman data antara server dengan client. Penggunaan SSL biasanya dapat dilihat pada address bar browser yang digunakan. Web yang sudah terpasang SSL akan menjadi https://namadomainkamu.com. Kemanan seperti ini biasanya digunakan oleh web yang melakukan transaksi keuangan seperti PayPal, Intenet Banking, dan lainnya. Seperti contohnya saat mengakses halaman web yang menggunakan HTTPS, halaman yang dikirim kepada kita telah dienkripsi terlebih dahulu oleh protokol HTTPS sehingga identitas seperti nama, alamat, bahkan nomor pin akan dienkripsi sehingga tidak ada yang bisa mencuri data-data ketika proses transaksi berlangsung. Dengan hal ini, transaksi akan lebih aman.

Bagaimana cara menandai sebuah situs sudah didukung https ?


Bagi kamu yang awam dengan https, cara mudah menandari bahwa blog sudah support HTTPS adalah sebagai berikut : Untuk situs atau blog yang tampil melalui PC atau Laptop (OS Windows) di adress bar browser akan muncul gambar gembok berwarna hijau dengan tulisan SECURE. Untuk tampilan Android maupun iOS akan tampil diaddress bar dengan tampilan gambar gembok dengan warna abu abu

Apa Manfaat Https Untuk Blog ?


1. Blog lebih mendapatkan prioritas SEO

Blog dengan https terbukti dapat meningkatkan pagerank di mesin pencari, maka dengan demikian https juga termasuk faktor seo. Dalam blog resmi webmasters mengumumkan bahwa blog https menjadi default yang digunakan untuk index. Maksudnya mesin pencari akan lebih dulu melakukan index terhadap https dari pada http, yang seperti ketika kedua url dari domain yang sama memiliki konten yang sama. Https bisa dibilang lebih Seo dan di index terlebih dulu, jika memiliki kondisi seperti berikut:
  • Tidak mengandung dependensi yang tidak aman.
  • Tidak memblokir crawling dengan robot.txt.
  • Tidak mengarahkan pengunjung ke atau dari sebuah halaman HTTP yang tidak aman.
  • Tidak memiliki sebuah link rel=”canonical” ke halaman HTTP.
  • Tidak memiliki on-host outlink ke URL HTTP.
  • Sitemap memiliki daftar URL HTTPS atau tidak terdapat daftar versi HTTP.
  • Server memiliki sertifikat TLS valid.

2. Meningkatkan kepercayaan pengguna

Pengunjung benar-benar sedang mengakses situs dapat dipercaya dalam artian tidak dialihkan ke situs yang berbahaya seperti situs yang mengandung virus atau situs lainnya yang membahayakan.

3. Blog https lebih aman

Sudah dijelaskan di atas bahwa https itu lebih aman. Dengan begitu blogger dengan pengunjung tidak perlu khawatir, karena data sudah aman. Data yang dikirim dan diterima tidak diketahui orang lain.

Bagaimana cara setting custom domain seperti Mejapraktek.com supaya support https ?


Bagi kamu yang mempunyai blog dan ingin setting custom domain /TLD menjadi support https berikut caranya :

1. Dalam keadaan Login Blogger Klik draf.blogger.com
2.Klik Setelan >Dasar > Ubah Ketersediaan HTTPS menjadi YA
3. Refresh halaman sampai opsi pilihan pengalihan Https aktif (YA/TIDAK)
4. Tunggu 2 - 3 menit ( Jika langsung dipilih YA maka halaman langsung blank)
5. Setelah tuinggu sebentar ubah Pengalihan HTTPS Ubah menjadi YA
6. Setelah berubah cek semua link navigasi blog maupun Link lainnya apakah error ( Biasanya secara otomatis walaupun masih http akan di redirect ke https)
7. Hapus setting di google search console dan buat yang baru dengan support https

Baca juga:

Advertisement
January 19, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments