Hal Yang Harus Di Cek Jika HP Tidak Bisa Akses Internet All Operator All Smartphone

Hal Yang Harus Di Cek Jika HP Tidak Bisa Akses Internet All Operator All Smartphone

Advertisement
MejaPraktek.com | Baru registrasi internet atau ganti kartu internet namun tidak bisa akses internet ? pasti mengesalkan bukan ? Ya, karena kamu pasti merasa kalau kartu internet yang baru kamu ganti sepertinya tidak berguna dan sia sia karena tidak bisa digunakan. Namun jika menjumpai kasus seperti ini jangan buru- buru dipermasalahkan akibat kartu yang tidak bisa dipakai. Banyak sebagian yang ,menganggap demikian, sehingga setelah kamu beli dan pasang di HP karena tidak bisa digunakan ada yang mengembalikan ke counter jual pulsa dan ada pula yang marah marah karena merasa dibohongi.


Masalah utama cuma hanya pada setting kartu dan setting di pengaturan HP . Selain itu memang diwilayah tersebut tidak mendukung jaringan internet alias tidak ada sinyal internet yang ada hanya sinyal telepon. saya pribadi pernah mengalami demikian di sebuah tempat yang terpencil namun buru buru saya sadari kalau pulsa yang baru saya beli ternyata tidak ada jaringan internet. Satu lagi yang sering terjadi di daerah saya Medan, karena sering mati lampu maka jika saat lampu padam biasanya jaringan internet juga padam. Maka jika setelah ganti kartu internet pastikan kalau lampu lagi menyala. Nah yang terakhir apakah jaringan lagi perbaikan, jika demikian kamu bisa tanyakan langsung kepada counter jual kartu internet apakah memang ada gangguan jaringan atau tidak.

Diluar hal hal diatas kamu bisa langsung cek pengaturan kartu atau pengaturan smartphone kamu, apa saja yang belum di cek jika internet masih saja belum bisa di akses dari Hp kamu, berikut diantaranya :
1. Pastikan kartu di registrasi sesuai prosedur. Bulan Februari 2018 adalah batas registrasi kartu SIM dengan Nomor Induk kependudukan. Jangan sampai terlewatkan, sekarang langsung diregristrasi pake NIK supaya kartu kamu tidak diblokir.

2. Pasang kartu internet di slot dengan benar jangan sampai terbalik.

3. Jika smartphone kamu mendukung 2 kartu SIM, pastikan kartu aktif di SIM 1 atau SIM 2 yang digunakan untuk akses data, caranya pilih menu Pengaturan Simcard, di data service network pilih SIM 1 atau SIM 2 (pilih kartu sim yang digunakan untuk akses internet) ( Beda versi Android dan Smartphone Beda Pengaturan) 


4. Untuk pengaturan jaringan,pastikan di Mobile data dicentang, Mode jaringan pilih yang otomatis agar bisa mendukung semua jaringan. ( Beda versi Android dan Smartphone Beda Pengaturan) 


5. Untuk pengaturan akses Point biasanya otomatis, namun jika kamu curigai karena kesalahan akses point , kamu bisa cek akses point internet masing masing operator. Berikut akses point (APN) seluruh operator :

Setting APN Telkomsel di Android
Nama Profile : bebas sesuai keinginan atau bisa masukan Telkomsel GPRS
APN: telkomsel atau Internet (pilih salah satu)
Username: wap
Password: wap123

Setting Internet Axis di Android
Connection Name: AXIS atau bebas sesuai keinginan
APN: AXIS
Username: AXIS
Password: 123456

Setting GPRS Tri Untuk Android
Name: bebas sesuai keinginan
APN: 3gprs atau 3data jika Anda sudah berlangganan paket internet Unlimited Tri
Username: 3gprs atau 3data
Password: 3gprs bisa juga 3data

Setting Internet Indosat (Mentari, dan IM3) di Android
Profil Name: Indosat GPRS (bebas sesuai keinginan)
APN: indosatgprs
Username: indosat
Password: indosat

APN Setting untuk Internet XL
Profil Name= XL GPRS / bebas
APN: www.xlgprs.net
Username: xlgprs
Password: proxl
Setting Internet AXIS

APN: AXIS
Username: axis
Password: 123456
Setting Internet Smartfren

Name: SmartFren (apa saja boleh)
APN: #999
Dial number: #777
User name: M8
Password: M8
Setting Internet XL GPRS

APN: www.xlgprs.net
Username: xlgprs
Password: proxl
Setting Internet XL Unlimited (Paket Langganan Data) 

APN: xlunlimited
Username: [kosongkan]
Password: [kosongkan] 

Three (3) GPRS
APN: 3gprs
Username: 3gprs
Password : 3gprs
Three (3) Unlimited (Paket Langganan Data) 

APN: 3data
Username: 3data
Password : 3data

6. Cek batas penggunaan data, jika internet tidak bisa diakses karena kamu batasi penggunaan datanya, kamu bisa hilangkan centang untuk menonaktifkan batasan penggunaan data.

Cara diatas hanyalah untuk akses internet dari kartu internet provider bukan akses dari wifi, jika kamu akses internet melalui wifi namun tidak juga kamu bisa berinternet kemungkinan yang bisa dicek adalah :
  • Apakah hotspot yang kamu akses dari wifi kamu ada jaringan internetnya ? cara ceknya tanya teman disebelah kamu mereka bisa akses internet atau tidak jika tidak berarti memang bermasalah dengan jaringan internet di hotspot namun jika hanya smartphone mu yang tidak bisa kases wifi berarti pengaturan di hp kamu yang harus diperbaiki.
  • Cek di pengaturan wifi pastikan pada notifikasi jaringan, wifi selau on walaupun lagi berstatus sleep, selalu scanning wifi. Ketiga pengaturan diatas semuanya dicentang.

7. Pastikan Smartphone tidak dalam airplane Mode

Dari semua masalah diatas jika sudah kamu cek namun juga masih belum bisa akses internet, bisa jadi ada masalah/ kerusakan dengan hardware jaringan di HP kamu. Cara cek yang sederhana gunakan untuk menelepon atau masihkah bisa untuk menerima telepon ? Jika bisa berarti cuma kerusakan hardware/softwatre jaringan internetnya. Namun jika dipakai panggilan keluar atau masuk juga tidak bisa berarti jaringan telephonenya juga bermasalah. Jika demikian bawalah ke service smartphone kamu. Disana biasanya akan di reset factory atau di flashing atau diganti IC PA , IC RF dan berbagai macam kerusakan hardware yang lain.

Demikian semoga membantu.

Baca juga:

Advertisement
January 15, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments