Cara Membuat Video Slide, Mudah Keren Dan Gratis, Gunakan 3 Aplikasi Paling Populer Terbaik Ini Lengkap Dengan Tutorial

Cara Membuat Video Slide, Mudah Keren Dan Gratis, Gunakan 3 Aplikasi Paling Populer Terbaik Ini Lengkap Dengan Tutorial

Advertisement
Mejapraktek.com  | Membuat video sudah menjadi keharusan di dunia digital saat ini. Seluruh aktifitas dan kegiatan sehari hari tidak terlepas dari video. Kegunaan video yang dibuat tentu sangat ber macam ragam kebutuhan seperti untuk dokumentasi pribadi, untuk presentasi , untuk popularitas atau share ke media sosial , untuk barang bukti dan segudang manfaat lainnya. Bahkan industri film, sinetron, pertelevisian, broadcasting, periklanan, dan hampir semua bidang membutuhkan video untuk kegiatan sehari hari.

Salah satu video yang paling sering digunakan untuk dunia bisnis, tutorial dan video untuk mengekspresikan sesuatu sering menggunakan SlideShow video. Video ini menggabungkan beberapa gambar yang saling terhubung satu dengan lainnya dengan tampilan yang sangat menawan. 


Pada artikel kali ini Mejapraktek.com akan berbagi artikel tentang 3 aplikasi membuat video paling populer berdasarkan pencarian Google baik aplikasi berbasis Windows maupun Android. Penasaran ?  Silahkan disimak selengkapnya :

1. Microsoft PowerPoint

PowerPoint adalah aplikasi berbasis windows dan merupakan salah satu aplikasi microsoft office yang digunakan untuk presentasi. Awalnya microsoft powerpoint hanya PC saja, namun sekarang sudah tersedia di Android. Walaupun demikian karena penggunaannya lebih mudah melalui PC makan , Microsoft powerpoint berbasis Android hanya digunakan jika dalam updating atau editing sederhana saja. Ada 2 fitur yang dimanfaatkan dari powerpoint  yaitu menyelipkan video kedalam slide powerpoint dan gengkonvert file powerpoint dan kita ubah menjadi file berbentuk video.

Kedua fitur diatas akan lebih mudah dilakukan jika menggunakan Microsoft powerpoint terbaru seperti Powerpoint 2016, Bisa juga dilakukan pada powerpoint 2010 namun terbatas pada ekstension file video tertentu saja. Untuk kedua tutorial diatas Aplikasi menggunakan powerpoint 2016 :

a. Cara menambah video dalam slide powerpoint :

1. Insert > Video > Video on My PC :


2.Pilih video yang kamu inginkan :


2. Selesai



b. Cara mengkonvert file powerpoint menjadi file berbentuk video :

1. Pastikan file disimpan dalam format PowerPoint presentation (.pptx).
2. Click File > Export


2. Klik Create Video, jika kamu ingin membuat perubahan kualitas video, membuat narasi atau fitur editing video yang tersedia lainnya  > Klik Create Video


3. Klik save. Selesai


2. PhotoGrid

Sebenarnya aplikasi edit foto Photo Grid - Collage Maker adalah aplikasi foto kolase yang  menggabungkan beberapa foto dari perangkat, bahkan menerapkan berbagai gaya dan efek untuk menciptakan hasil yang sempurna. Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Yang perlu kamu lakukan adalah memilih bingkai yang tepat untuk foto, mengingat jumlah gambar yang ingin kamu gabungkan bersama-sama. Kamu dapat memilih satu atau dua... atau tujuh gambar, itu terserah kamu. Namun di PhotoGrid kamu juga bisa membuat video slide keren dan mudah. Berikut tutorialnya :

1. Dari halaman utama klik slideshow

2. Pilih foto yang akan dibuat menjadi video slide klik lanjut
3. Setelah foto terpilih kamu bisa tambah foto lagi atau menggunakan gambar yangdipilih sebagai tampilan gambar utuh, klik lanjut


4. Video sudah setengah jadi namun masih bisu


5. Masukkan background suaranya klik musik saya


6.  Pilih musik

7. Pilh musik yang yang kamu inginkan :

8. Klik Ok. selesai


3. Windows Movie Maker


Windows movie maker adalah aplikasi video editing OS windows. Hanya windows XP yang ada aplikasi windows movie maker sedangkan windows 7 dan 8 harus mengunduh terlebih dahulu untuk menggunakannya. Untuk membuat video slide menggunakan Windows movie maker adalah sebagai berikut :
1. Untuk membuat video klik Import video, untuk membuat slideshow klik import gambar :

2. Drag gambar gambar yang kan kamu pilih untuk dibuat slide video.

3. Setelah gambar berada di timeline. Kita butuh memoles perpindahan (transisi) dari slide ke slide berikutnya. Klik link button "2. Edit Movie - Lihat transisi video", maka Anda akan menemukan semua efek transisi video. Drag transisi yang kamu pilih ke dalam kotak di antara gambar di timeline window . Kemudian transisi akan diterapkan ke video. 


4. Simpan video slide kamu


Masih banyak aplikasi lainnya yang sebenarnya sangat bagus untuk membuat video slide bahkan untuk membuat dan mengedit serta memoles real video. Namun ketiga aplikasi ini menurut saya yang paling populer dan termudah untuk dipakai dalam membuat videoSlide. 

Baca juga:

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar