Perbedaan Fitur Line Dan WhatsApp Dan Cara Mengatasi LINE Error Tidak Bisa Dibuka Atau Tidak Bisa Login Di Android

Perbedaan Fitur Line Dan WhatsApp Dan Cara Mengatasi LINE Error Tidak Bisa Dibuka Atau Tidak Bisa Login Di Android

Ads
MejaPraktek.com | Aplikasi LINE merupakan aplikasi alternatif yang disamping aplikasi WhatsApp yang sering digunakan di Smartphone. Sama seperti WhatsApp, Line juga aplikasi multiplatform tidak hanya bisa dipasang di android saja tetapi bisa juga di iOS, Windows maupun Blackberry OS. Beberapa smartphone biasanya sudah dilengkapi aplikasi bawaan  yang satu ini, sehingga sepertinya kita juga harus memasangnya di smartphone walaupun fungsinya sudah semua ada di WhatsApp lagi pula dari pada tidak digunakan sama sekali. Dilihat dari fungsinya walaupun ada beberapa perbedaan namun secara umum hampir mempunyai kesamaaan seperti pada gambaran berikut ini :


1. Platform


LINE dapat digunakan pada sistem operasi Android, iOS, Windows, dan Blackberry OS. Demikian juga dengan WHATSAPP yang dapat dijalankan pada sistem operasi yang sama sehingga kedua aplikasi ini bisa disebut Multi-Platform.

2. Fitur Chatting


LINE dapat digunakan untuk Chatting (percakapan) yang dapat dibedakan menjadi Personal Chat (percakapan antara 2 user) dan Multi-Chat (percakapan lebih dari 2 user). WHATSAPP juga dapat digunakan untuk Chatting akan tetapi hanya bisa dilakukan oleh 2 user (Personal Chat), untuk melakukan percakapan lebih dari 2 user harus menggunakan fitur grup karena tidak ada fitur Multi-Chat seperti LINE.


3. Fitur Grup


Grup pada LINE memiliki maksimal anggota 199 users dengan tanpa adanya Admin pada grup yang dibuat pada LINE sehingga semua anggota dapat melakukan semua aktifitas yang disediakan pada fitur Grup LINE seperti membuat Post, memasukkan foto ke Album, memasukkan dan mengeluarkan Member (anggota) grup. Selain itu, Chat yang dikirimkan melalui grup LINE akan terlihat jumlah Member lain yang membaca Chat tersebut dengan melihatnya pada sisi kiri bawah Chat yang kita kirimkan. Sedangkan grup pada WHATSAPP memiliki jumlah maksimal anggota yang lebih sedikit dibandingkan dengan LINE yaitu 99 users. Perbedaannya adalah pada grup WHATSAPP disediakan fitur Group Admin yang membuat Member grup yang bukan Admin tidak dapat melakukan aktifitas penambahan dan pengurangan Member. Semua itu hanya dapat dilakukan oleh Admin yang bisa lebih dari 1 user. Pada WHATSAPP juga tidak disedikan fitur Post dan Album grup seperti LINE. Akan tetapi, Chat yang dikirimkan melalui grup WHATSAPP akan dapat terlihat siapa saja yang membaca Chat tersebut dengan menekan Chat yang kita kirimkan lalu klik tombol i (information) pada bagian atas dan dapat dilihat siapa saja yang sudah membaca Chat kita dan yang Member yang belum membaca Chatnya tetapi Chatnya sudah sampai (Delivered).

4. Fitur Broadcast


LINE tidak memiliki fitur ini. Untuk menyebarkan pesan ke banyak orang dapat kita lakukan dengan membuat status pada timeline LINE dan menekan tombol share dan kita dapat memilih siapa saja yang kita bagikan isi status tersebut.

WHATSAPP memiliki fitur ini. Tentunya fitur ini akan memudahkan pengguna untuk melakukan Broadcast pesan dibandingkan dengan menggunakan LINE tadi. Cukup pilih “New Broadcast” pada menu, pilih peneriman Broadcast dan masukkan pesan anda.

5. Fitur Calls


Pada kedua aplikasi ini terdapat fitur telepon yang sangat sering digunakan oleh pengguna kedua aplikasi ini. Perbedaannya adalah, Pada LINE digunakan ID sebagai pengganti nomor telepon user sedangkan pada WHATSAPP digunakan nomor telepon user. Kelebihan pada fitur Calls ini adalah user dapat melakukan kontak telepon tanpa memotong pulsa user tetapi memakai data internet. Hal ini tentunya sangat mengurangi pengeluaran pada user yang memiliki koneksi Wi-Fi dirumah dengan internet unlimited sehingga dapat menelpon tanpa takut kehabisan pulsa. Kesamaan pada fitur Calls ini yaitu adanya pengingat panggilan keluar, panggilan masuk dan panggilan tak terjawab seperti telepon pada umumnya.

6. Penggunaan kuota internet dan keringanan aplikasi


Keunggulan WHATSAPP adalah keringanan dan simpelnya interface aplikasi, namun bukan itu saja karena penggunaan kuota internet yang sangat kecil merupakan keunggulan utamanya. Fitur kompresi dalam mengirim file multimedia seperti gambar, sama sekali tidak menguras kuota internet, namun tidak mengurangi kualitas gambar. Fitur ini juga menjadikan WHATSAPP, aplikasi messenger yang paling irit kuota Sedangkan LINE, menghabiskan banyak kuota internet karena fitur timeline yang banyak sekali multimedia yang harus distream, ditambah dengan tema dan sticker yang bagi bermacam-macam banyaknya, menjadikan LINE agak berat penggunaannya atau bisa dibilang menghabiskan cukup banyak memori

7. Size aplikasi dan penyimpanan file


LINE dengan fiturnya yang sangat banyak namun memiliki kekurangan dalam hal size aplikasinya, yaitu sizenya yang besar hingga mencapai ratusan MB akan sangat menyusahkan bagi pengguna smartphone yang memiliki storage yang kecil. Sedangkan WHATSAPP unggul dalam hal ini karena size aplikasinya tidak begitu besar yaitu hanya puluhan MB dan WHATSAPP pun terkenal karena keringanan aplikasinya dalam pemakaian memori. Untuk penyimpanan file, WHATSAPP unggul karena WHATSAPP menyediakan fitur penyimpanan multimedia secara otomatis ke storage yang tentunya sangat berguna bagi pengguna yang ingin serba otomatis, sedangkan LINE harus menekan tombol “UNDUH” terlebih dahulu untuk menyimpan file multimedia
\
Jika kamu mengalami masalah tidak bisa login ke Aplikasi Line, beberapa cara berikut bisa dilakukan untuk memulihkannya : 

Cara 1 : Hapus File Cache LINE


Salah satu yang membuat android menjadi lemot dan sering macet juga adalah data cache. Nah data cache juga bisa membuat aplikasi error, untuk itu sangat penting untuk menghapus data cache ketika aplikasi mengalami error. Tidak hanya pada Aplikasi LINE saja, terapkan cara ini pada aplikasi lain seperi Google Play Store, Instagram, LINE, WeChat, WhatsApp, Facebook, Google Chrome, dan lainnya. Untuk menghapus file cache, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.
Hapus Cache LINE
Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “LINE” » Kemudian tap“Hapus Cache”.
CATATAN : Pada versi android beda juga bahasa dan tata letak menu. Silakan anda cari saja yang sama dengan yang saya contoh di atas.

Cara 2 : Paksa Berhnti dan Hapus Data LINE


Apa bedanya menghapus data cache dengan menghapus data line? Kalau anda menghapus data cache anda akan tetap bisa login tanpa harus memasukkan kembali usernama dan pasword, namun jika anda menghapus data line maka anda harus memulai lagi dari awal. Bisa dikatakan dengan menghapus data line maka anda seperti menginstal ulang aplikasi line anda. Dengan cara ini maka kemungkinan besar aplikasi bisa kembali normal karena semua data dikembalikan ke keadaan default . Untuk melakukannya, ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.
Hapus Data LINE
Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “LINE” » Kemudian tap“Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
CATATAN : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.
Untuk masuk pada Aplikasi LINE, anda tinggal masukkan ID dan Password yang telah anda buat sebelumnya disaat LINE belum terjadi masalah.

Cara 3 : Install Ulang Aplikasi LINE


Jika 2 cara mengatasi LINE error di atas tidak bisa mengatasi masalah, silakan anda ambil alternatif ketiga ini, yaitu menginstal ulang aplikasi LINE anda. Cara ini cukup simpel dan dijamin keberhasilannya jika dibandingkan dengan menghapus data cache dan data aplikasi. Namun tentu saja, saya menyarankan agar anda tetap menggunakan cara 1 dan cara 2 terlebih dahulu.


Baca juga:

Advertisement
January 29, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments