Tips Menjaga Dan Merawat Kesehatan Perangkat Lunak Smartphone Secara Menyeluruh. Apa Saja Yang Harus Di Cek ?

Tips Menjaga Dan Merawat Kesehatan Perangkat Lunak Smartphone Secara Menyeluruh. Apa Saja Yang Harus Di Cek ?

Advertisement
MejaPraktek.com | Menjaga kesehatan smartphone sebenarnya sangat mudah jika kita sudah tahu sistem kerjanya. Hal utama yang harus diperhatikan adalah mengurangi beban memory, mengurangi beban penyimpanan, mengurangi beban pemakaian daya dan menambah keamanan dari serangan virus, malware, ransomware dan sejenusnya. Semua yang ada diatas biasanya sudah dicover oleh aplikasi cleaner yang bisa kamu dapatkan secara gratis  di Playstore. Namun terkadang selain aplikasi tersebut juga bisa menambah memory dan penyimpanan lagi di smartphone hal yang menjengkelkan adalah diselipkan iklan yang bisa mengganggu navigasinya. Kadang kita sendiri tidak tahu mana tombol navigasi dengan iklan. Sehingga jika kita salah klik maka semakin lama untuk membersihkannya.


Sebelum ke topik utama, ada ciri ciri yang mengindikasikan bahwa smarphone kamu kurang perawatan  seperti smartphone cepat panas, loading yang lambat, Sering hank tanpa sebab,cepat habis baterai, memory cepat penuh dan kuota internet cepat habis. Dari ciri ciri diatas, kamu harus tanggap karena ada sesuatu yang tidak beres dengan perangkat lunak smartphone. Jika dibiarkan terus menerus tanpa perawatan maka akan mengganggu kinerja hardware samrtphone dan inilah salah satu penyebab kerusakan yang sering terjadi. 

Untuk membuat smartphone menjadi lebih awet dan tidak dipaksa menahan beban berat berikut tips dalam menjaga dan merawat kesehatan smartphone secara menyeluruh silahkan disimak :

Yangg pertama adalah untuk tugas meringankan RAM, melegakan penyimpanan dan mengurangi beban daya, saya tidak pernah menggunakan aplikasi namun untuk antivirus dan cleaner, saya menggunakan Avast Cleanup dan antivirus yang free. Ini sudah cukup untuk menjaga serangan virus dan file sampah di hp saya.

Hal pertama yang harus kamu ingat jika mempunyai hp dengan internal memory yang cekak, jangan pernah pasang aplikasi yang membuat beban berat di ponsel kamu seperti game 3 dimensi atau aplikasi foto editing maupun video editing. Beban memori akan tersedot ke hanya satu aplikasi itu saja. Sementara masih ada aplikasi lain yang harus dipasang di smartphone.

Kedua perhatikan aplikasi sosial media di ponsel kamu. Jangan terlalu banyak memasang aplikasi sosmed toh fungsinya hampir sama satu sama lain. Untuk.urusan ini saya cukup menyarankan pasang Whatsapp, LINE dan facebook. Khusus facebook yang terlalu memakan memori dan penyimpanan, kamu bisa menggunakan Facebook Lite dan sekaligus menginstal Facebook messenger lite yang jauh lebih sedukit kapasitasnya dibanding aplikasi Facebook. Untuk urusan fitur jangan takut , fitur fitur utama di facebook maupun messengernya tetap tersedia di facebook lite. 

Untuk browser saya sarankan jangan menggunakan browser lain kecuali bawaan dari ponsel atau kamu bisa menggunakan Google Go, browser Google Go besutan google versi lite yang sangat ringan dan cepat di smartphone.


Untuk mengurangi beban penyimpanan kamu bisa mengecek secara manual masing masing aplikasi, setidaknya ada 3 hal  aktifitas di ponsel yang paling sering perpotensi menambah penuh penyimpanan secara cepat yaitu memotret dan merekam video, chatting dan surfing atau berselancar didunia maya. Untuk itu kita bahas satu persatu :

  • Berfoto atau merekam video adalah aktifitas yang sangat menyenangkan di smartphone namun kamu harus ingat bahwa setiap kali kamu memotret ada file yang tersimpan di dalam penyimpananmu.Bayangkan jika satu hari kamu memotret 5 kali saja dan setiap pemotretan file foto 5 MB maka satu hari HP kamu sudah berisi file foto 25 MB kalikan selama sebulan saja sudah lebih dari 1 GB hanya file foto saja. Karena HP bukan untuk tempat penyimpanan file yang bagus,  cara paling bijak untuk mengatasi ini adalah simpan semua file foto hasil.jepretan kamu di flashdisk atau hardisk external sebagai penyimpanan yang permanen. Atau kamu bisa filter mana file foto yang penting dan mana yang tiak penting di buang saja.
  • Untuk aktifitas chatting, ada 2 aplikasi yang paling populer saat ini yaitu whatsapp dan line. Kamu bisa memanfaatkan fitur delete chat atau clear chat pada kedua fitur diatas untuk membersihkan file chatting kamu agar tidak membebani memory dan penyimpanan. Caranya cukup mudah, masuk ke menu setting dan cari delete chat atau clear chat kemudian klik all chat maka semua chatting yang pernah kamu buat semuanya dihapus. Selain itu file gambar , foto dan video dari whatsapp dan line bisa di hapus manual dari penyimpanan, caranya cukup cari folder whatsapp atau line di penyimpanan dan hapus semua file didalamnya jika dianggap tidak perlu lagi. Cara ini juga bisa untuk aplikasi chatting lainnya seperti facebook messenger, BBM,  dan lain lain.
  • Ketiga adalah menghapus history dan cache dibrowser. Caranya cukup dengan masuk dibowser  kamu tap tanda titik 3 di sebelah atas kanan pilih setting  klik privacy  dan klik delete personal data. Dengan cara ini maka file history dan cache yang memberatkan browser akan dihapus semua.


Untuk mengurangi beban daya, dengan kamu menghapus beban memori dan penyimpanan otomatis beban daya juga akan berkurang. Selain itu mengurangi tingkat kontras layar juga bisa memperpanjang daya. Pastikan akses GPS, wifi, hotspot dan bluetooth di smartphone kamu tidak aktif terus.Untuk mengeceknya cukup lihat notifikasi pada bagian atas smatphone kamu adakah tampil keempat lambang atau ikon diatas. Pasti kamu sudah kenal dengan bentuk ikonnya kan? Hilangkan/ nonaktifkan notifikasi ikon tersebut jika masih muncul samartphone kamu.

Untuk aplikasi games, dan aplikasi tambahan lainnya yang sering kamu gunakan, bisa membersihkannya dengan aplikasi cleaner seminggu sekali. Saya menggunakan Avast free cleaner dan untuk urusan pengaturan file saya menggunakan aplikasi Asli Milik Google Files Go saja.

Terakhir adalah aplikasi antivirus. Kamu bisa pasang antivirus yang ringan saja  namun ampuh dan punya nama besar. Saya sendiri cukup dengan memakai avast saja.

Prinsip merawat smartphone agar tetap sehat adalah sesuaikan kapasitas memory, penyimpanan dan baterai yang dimiliki smartphone dengan aplikasi yang diinstal. Jangan memory, penyimpanan dan baterai yang kecil kamu paksakan untuk memasang aplikasi yang berat sehingga bebannya tidak akan mungkin bisa ditanggung oleh smartphone yang fiturnya sangat terbatas.

Demikian cara lengkap untuk menjaga smartphone kamu tetap sehat dari segi perangkat lunaknya


Baca juga:

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar