10 Cara Memperbaiki Kartu Memory Memory Card SD Card Micro SD Rusak Atau Tidak Terbaca

10 Cara Memperbaiki Kartu Memory Memory Card SD Card Micro SD Rusak Atau Tidak Terbaca

Advertisement
MejaPraktek.com | Kartu Memory atau memory card yang biasa terselip didalam HP Android adalah berfungsi sebagai external penyimpanan data. Memory card berfungsi sangat penting karena penyimpanan internal pada smartphone biasanya kapasitasnya sangat terbatas. Olah karena itu dengan memasang kartu memory semua jenis file akan mampu menampungnya. File file aplikasi yang biasa disimpan di internal memory bisa juga dipindahkan ke SD card atau kartu memory.


Bagi kamu yang suka koleksi video, lagu, gambar, dokumen dan file file besar lainnya tidak usah risau karena saat ini sudah tersedia kapasitas kartu memori yang cukup besar sampai dengan ratusan Gigabyte.

Harga kartu memory memang berbeda disesuaikan dengan kapasitasnya. Semakin besar kapasitas harganya pun semakin mahal demikian juga sebaliknya. Sebenarnya yang penting adalah terletak pada keaslian kartu memory. Saat ini banyak kartu memory palsu yang beredar dipasaran dan kamu harus jeli untuk memilih kartu yang asli. jangan sampai kamu membeli kartu palsu dengan harga asli , hal ini yang harus kita hindari. Walaupun mahal sedikit namun karu memori akan tahan lama. Namun demikian bagaimanapun juga kartu memori bisa saja rusak atau tidak terbaca hal ini disebabkan karena berbagai macam hal diantaranya :

 Sering di pindah-pindah


Sebenarnya ini sungguh tidak perlu dilakukan kecuali anda berganti HP. Kalau hanya untuk mengcopy file, ada banyak pilihan cara memindahkan file antar HP dengan aman, melalui koneksi Bluetooth atau WiFi, atau kabel data jika ke laptop. Kartu memory yang sering di pindah-pindah akan lebih rentan terhadap penyakit, karena harus sering menyesuaikan diri dengan tempat dan sistem operasi baru.

Salah Cara Memindahkan


Meskipun anda dalam keadaan terburu-buru, cobalah untuk bersabar ketika terpaksa mencabut kartu memory dari HP dan memindahkannya ke card reader atau HP lain. Matikan HP terlebih dahulu, tunggu 10-20 detik, baru cabut kartu memory anda.

Terkena Minyak atau kotoran


Pastikan tangan anda bersih dari kotoran atau minyak ketika memegang kartu memory. Kotoran akan membuatnya tidak bisa terhubung dengan baik dengan pembaca di HP atau card reader.
Bahan bahanpenghapus pensil anda sudah bisa memperbaiki memory HP yang rusak dan menyelematkan semua data di dalamnnya.

Terkena Virus


Beberapa virus bisa membuat kartu memory anda lumpuh. Meskipun trend untuk virus-virus baru tidak lagi seperti itu. Virus-virus jaman sekarang bekerja lebih kejam, mereka tidak lagi menhancurkan, tapi mencuri dan justru berupaya supaya HP anda bisa bekerja maksimal, supaya aksi pencurian mereka bisa terus berlangsung. Pastikan laptop atau HP dari mana anda mengambil file aman dari virus. Juga ketika anda download file dari internet, pastikan anda hanya download dari situs-situs yang aman. Utamanya ketika anda download file apk aplikasi atau game.

Magnet


Inilah musuh utama segala jenis media penyimpanan berbasis magnet. Data di kartu memory ditulis dan dibaca menggunakan magnet, tentu tidak sesederhana itu penjelasannya. Mulai dari sejak jaman kaset dengan pita dahulu, magnet bisa merusak susunan data yang tersimpan sampai acak kacau balau. Maka, tipsnya cuman satu: hindarkan HP atau kartu memory dari sumber magnet atau medan magnet seperti speaker, pesawat TV berlayar CRT, kumparan motor listrik, dan sebagainya.

Bekerja terlalu keras dalam waktu lama


Kalau HP anda masih menggunakan aplikasi standar, bukan yang sudah di tweak sampai maksimal, masih aman-lah dari kerusakan karena penyebab ini. Tapi kalau anda sudah melakukan tweaking berat, seperti mengubah setting penyimpanan video, hasilnya memang luar biasa, seperti yang saya gunakan pada Xperia Ray dengan menggunakan modding camera dari mastah Rizal, merekam video 18 menit saja file hasilnya bisa sampai 580 MB. Membuat kartu memory bekerja ekstra keras ketika menyimpan karena aliran data yang sangat besar dalam waktu yang singkat.

Dari sebab tersebut diatas kita tidak tahu seberapa parah kerusakannya. jika kerusakan hanya karena kotoran atau isolator penghalang konekinya atau karena penyebab perangkat lunaknya saja berarti masih sederhana , namun jika penyebab diatas mengakibatkan kerusakan pada chipnya maka tentu saja akan sulit untuk diperbaiki. Setidaknya ada 5 cara memperbaiki yang semua bisa kamu coba satu persatu dan mudah mudahan bisa diperbaiki dan mengembalikan semua data kamu didalam SD card yang tidak lagi bisa dibaca.

Berikut cara lengkap untuk memperbaiki kartu memory :

1. Membersihkan konektor yang kotor

Memory HP yang rusak tidak terbaca bisa sebabkan karena ada masalah pada konektor. Untuk itu silakan anda siapkan satu buah penghapus pensil warna putih. Urusan merk terserah anda mau pakai yang mana.Selanjutnya silakan keluarkan memroy HP, lihat lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) seperti tampak pada gambar di bawah ini. Nah biasanya masalah terletak di sini. Memory HP tidak terbaca karena lempengan kuning tersebut kotor sehingga menghalangi koneksi pada HP. Untuk itu silakan ambil penghapus yang sudah anda siapkan tadi, kemudian gosok lempengan kuning tersebut dengan penghapus pensil. Lakukan secara perlahan dan penuh kehati-hatian. Jangan terlalu ditekan karena akan berakibat memory card menjadi patah sehingga malah rusak total.

2. Melakukan Format dari Android


Masuk ke menu Setting > Storage. Di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori bersih seperti baru.

3. Cek Error dari PC


  • Hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data.
  • Pastikan Android kamu terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
  • Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai.
  • Eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.

4. Format dari PC


  • Jika kartu memori (MicroSD) terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer namun tetap tidak terbaca di Android. Coba gunakan cara ini:
  • Buat folder baru di HardDisk, beri nama sembarang asal kamu ingat kalau folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi kartu memori yang rusak tadi.
  • Copy seluruh isi kartu memori lalu Paste ke dalam folder yang sudah dibuat tadi.
  • Jika sudah yakin tersalin semua, format kartu memori tersebut.
  • Lalu kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah diformat tadi.
  • Sekarang cek lagi, masih gagal atau tidak.


5. Format menggunakan CMD

  • Setelah terpasang kartu memori di PC kamu silahkan Klik START
  • Ketik CMD dan tekan enter
  • Ketik FORMAT z:/FS:FAT_

6. Format menggunakan Software PC Mini Tool Partition Wizard


Mini Tool Partition Wizard adalah aplikasi untuk mempartisi dan memformat berbagai media penyimpanan seperti hardisk, flashdisk dan bisa juga kita gunakan Memory Card. Caranya cukup gampang, setelah terpasang kartu di PC, klik kanan dan pilih menu format.

7. Menggunakan Drive Boot Utility


Tool ini juga sama dengan pont No.6. kamu cukuip download dan instal di PC kemudian untuk memformat kartu memory cukup plih menu : CREAT NEW OR REPLACE EXISTING CONFIGURATION. Pastikan kartu memori sudah terdetek dengan baik.

8. Menggunakan Aplikasi Android Partition Tool


Ini adalah aplikasi Android yang digunakan untuk memformat media penyimpanan. Selain itu juga berfungsi untuk memperbaiki memori yang rusak dan memindai kesalahan error yang kerap terjadi pada file ataupun foto, kemudian bisa membuat dan mengatur partisi di sdcard kamu, ditambah lagi bisa menambahkan volume Ram yang sudah sedikit di perangkat android kamu dengan jalan membuat partisi Swap. Caranyaa :
  • Buka Aplikasi 
  • Centang di part mana Micro SD dipasang 
  • Klik Repair

9. Mengatur Pengaturan Show Hide Memory Card


Cara selanjutnya sebelum anda memformat memory card bermasalah yang anda miliki sebaiknya anda coba cara mengatur pengaturan memory card anda dengan bantuan PC atau laptop langsung saja berikut langkahnya.

  • Pertama hubungkan memory card anda pada PC atau laptop menggunakan Card reader
  • Setelah terhubung klik kanan dan pilih properties
  • Pilih tools-folder option-view dan pilih ‘’show hidden file and folders’’
  • Hilangkan tanda ceklis pada ‘’hide extensions for known file types’’
  • Hilangkan juga tanda ceklis pada ‘’hide protected operating system file (recommended)’’
  • Klik ok

8. Pindahkan kartu ke HP lain


Dari keseluruhan cara diatas jika tidak berhasil, cara terakhir adalah dengan mengecek apakah kartu masih normal atau ada kerusakan hardwarenya. Oleh karena itu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan ke smartphone lainnya. Lakukan berbagai cara untuk memformat kembali seperti yang kamu lakukan pada HP sebelumnya. Jika cara ini tidak juga berhasil berarti kerusakan sudah parah dan menyebabkan komponen dldalam yang tidak lagi berfungsi.

Baca juga:

Advertisement
February 25, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments