10 Cara Meningkatkan Dan Memperkuat Sinyal Wifi Yang Lemah

10 Cara Meningkatkan Dan Memperkuat Sinyal Wifi Yang Lemah

Advertisement
MejaPraktek.com | Koneksi Wifi biasanya terbatas hanya beberapa meter saja, maksimal bisa mencapai 25 meter. Namun ada juga yang mengatakan lebih dari itu, mungkin ditambahkan juga dengan antena sehingga membuat jaringan Wifi (Hostpot) lebih luas. Tetapi yang pasti walaupun bisa mencapai jarak jauh, tetap saja yang dekat dengan perangkat Wifi akan lebih cepat koneksi internetnya dibanding dengan jauh dari perangkat Wifi.

Ada beberapa tips rahasia yang bisa anda praktekan dalam Memperkuat Sinyal Wifi Yang Lemah , berikut tips – tips yang bisa anda coba untuk memperkuat sinyal WiFi tersebut.


1. Letakkan WiFi di Tempat Terbuka


Sinyal WiFi tidak dapat dilihat oleh mata manusia, tapi sinyal tersebut dapat terhalang jika ada banyak tembok di sekitar router-nya. Jadi, selalu cari posisi bebas dari penghalang agar kamu dapat berinternetan dengan nyaman. Cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah menempatkan router WiFi atau mobile WiFi di tempat terbuka seperti di ruangan terbuka dan lebih besar atau posisi yang lebih tinggi. Dengan melakukan hal tersebut, jangkauan sinyal WiFi kamu akan terhindar dari penghalang seperti tembok, pintu, atau lemari yang bisa jadi selama ini menghambat sinyal di dalam ruangan.

2. Ganti password


Cara kedua yang bisa kamu lakukan jika sinyal WiFi terasa lemot adalah mengganti password WiFi. bahkan kamu telah menggunakan paket internet yang cepat, namun masih saja lambat saat diakses. Kemungkinan ada orang lain yang menggunakan koneksi WiFi kamu tanpa sepengetahuanmu. Untuk mencegahnya, gunakan password yang rumit secara berkala dan memilih kombinasi sandi yang lebih aman.serta gunakan enkripsi WPA2.

3. Menghapus jaringan wifi yang disimpan


Jika kamu sering menggunakan sinyal WiFi gratis di kafe, perpustakaan, atau tempat umum  lainnya, smartphone akan menyimpan jaringan WiFi. Hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja sinyal WiFi smartphone kamu. Sehingga ketika kamu perlu menghapus daftar WiFi lama yang mungkin sudah tak berguna lagi. Misalnya saja, nama WiFi di sebuah tempat nongkrong. Dengan begitu, sinyal WiFi yang terhubung ke smartphone bisa bekerja lebih maksimal.

4. Gunakan Kustom Kernel


Bila di smartphone tersedia custom kernel, kamu bisa memakainyanya agar smartphone bisa menerima sinyal WiFi secara optimal.

Hal ini karena custom kernel akan memberikan banyak manfaat dan tweak yang bisa meningkatkan sinyal smartphone atau kekuatan sinyal WiFi kamu.

5. Lepas casing smartphone


Banyak orang menggunakan pelindung atau casing pada smartphone kesayangannya dengan tujuan untuk melindungi smartphone dari benturan dan  kerusakan fisik lainnya.

Namun demikian, casing bisa jadi menghalangi sinyal karena antena WiFi di smartphone tertutup casing. Nah, jika kamu bisa memeriksa casing smartphone atau juga melepasnya saat sedang terhubung dengan WiFi.

6. Gunakan Teknologi WiFi Terbaru


Sekarang ini ada empat jenis teknologi wireless yang tersedia, yaitu A, B, G, dan N. Teknologi A, B, dan G adalah teknologi jadul yang lambat kecepatannya. Sedangkan N merupakan teknologi terbaru dan tercepat dalam hal kecepatan. Jadi, selalu gunakan versi N untuk untuk mendapatkan kecepatan maksimal.


4. Jauhi dari Perangkat Elektronik Lain


Tidak hanya router lain yang dapat mengganggu kekuatan sinyal, tetapi beberapa perangkat elektronik lain seperti televisi atau microwave juga bisa menjadi penyebab melemahnya sinyal. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat menjauhkan berbagai perangkat elektronik tersebut dari router. Selain itu kamu juga bisa menggunakan router dual band agar dapat memindahkan frekuensinya dengan mudah.

5. Gunakan Channel yang Kosong



Jika di area kamu terdapat banyak orang yang memakai router WiFi, maka kemungkinan kamu berada pada channel yang sama dengan router tersebut sehingga kekuatan sinyalnya menurun. Oleh karena itu pilihlah channel WiFi yang kosong atau yang sedikit penggunanya agar tidak terjadi gangguan sinyal. Kamu dapat juga  menggunakan aplikasi inSSIDer untuk melakukan trik ini.



6. Kontrol Bandwidth


Jika kamu menggunakan WiFi secara bersama sama, pasti akan lambat saat browsing. Kamu bisa mengatur penggunaan bandwidth agar orang lain tidak terjadi kebocoran bandwidth yang bisa mengakibatkan koneksi lambat.

7. Menggunakan Kaleng Bekas

Sinyal WiFi menggunakan udara sebagai penghantarnya, agar sinyalnya tidak menyebar kemana-kemana, kamu bisa memanfaatkan kaleng bekas untuk menentukan tujuan sinyal tersebut. Selain dengan kaleng, kamu juga bisa menggunakan panci atau aluminium foil.

8. Gunakan DD-WRT Firmware


Cara memperkuat sinyal WiFi lainnya yang cukup efektif adalah dengan memakai aplikasi DD-WRT firmware. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk meng-hack router agar kekuatan pemancar sinyalnya menjadi lebih tinggi lagi.

Seperti dikutip dari Lifehacker.com, walaupun cukup berbahaya untuk router namun setidaknya kamu bisa menaikannya hingga 70 mW. Sehingga, jangkauan dari sinyal router kamu akan bertambah hingga lebih dari tiga kali lipat. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam opsi keamanan bagi router kamu.

9. Gunakan WiFi Repeater



Repeater adalah sebuah alat untuk menerima sinyal WiFi kemudian memancarkan kembali sinyal tersebut dengan lebih kuat. Alat ini pas buat kamu yang penerimaan sinyal WiFi-nya lemah.

10. Reboot atau Restart Secara Berkala


Sama dengan smartphone dan PC. Router akan sering bermasalah saat dipakai dalam waktu yang lama. Untuk menghindarinya, kamu bisa melakukan reboot atau restart router secara rutin agar kondisi router tersebut menjadi segar dan siap digunakan kembali.

Baca juga:

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments