Cara Mendeteksi Komputer Yang Dijangkiti Malware Meltdown Dan Spectre

Cara Mendeteksi Komputer Yang Dijangkiti Malware Meltdown Dan Spectre

Advertisement
MejaPraktek.com | Microsoft baru saja mengenalkan fitur baru untuk mendeteksi malware berbahaya bernama Meltdown dan Spectre di perangkat komputer atau laptop. Fitur tersebut disematkan pada aplikasi Windows Analytics yang kerap digunakan p programer untuk mendeteksi kondisi kesehatan perangkatnya.

Terry Myerson, Executive Vice President Windows and Devices Group mengungkapkan fitur ini akan memungkinan Windows Analytics  mengecek kondisi firmware pada perangkat. Setelah itu, Analytics akan memberikan notifikasi pemberitahuan tentang kondisi perangkat serta langkah penanganan apa yang harus dilakukan.


Untuk bisa menggunakan alat ini kamu harus memasang tool yang bersifat add-on, dan bisa diinstal di komputer Windows dengan mendaftar terlebih dahulu melalui link berikut ini.
Selain mampu mendeteksi status firmware, fitur Windows Analytics juga mengoptimalkan layanan yang sudah ada sebelumnya seperti fitur untuk pengecekan kompatibilitas antivirus dan sistem security Windows. 

Blog resmi Microsoft juga mengungkapkan bahwa fitur ini kompatibel dengan sejumlah OS Windows lainnya, seperti Windows 7, 8.1, dan 10. Dan kesemua layanan diatas bisa didapatkan secara gratis.

Kemunculan isu Meltdown dan Spectre beberapa waktu lalu menjadi sumber masalah besar bagi kemanan perangkat Sebab keberadaan celah yang berasal dari kerentanan processor ini memungkinkan para hacker jahat mencuri informasi yang ada di dalam perangkat.
Bahkan celakanya, perangkat yang terlanjur terinfeksi  tidak dapat diperbaiki karena celah berasal dari hardwarenya. Untuk menutup tambalan lubang keamanan ini juga sangat sulit tidak semua orang mengerti dan tahu cara melakukannya. Pengguna hanya bisa menambal dari sisi petangkat lunaknya saja.

Dengan rilisnya tool ini, Microsoft berharap pengguna bisa dengan mudah menjaga dan meminimalisir perangkatnya dari penyebaran meltdown dan spectre. Segera manfaatkan tool ini karena Analitycs akan rutin memberi saran kepada kamu tentang cara meningkatkan keamanan agar perangkat tidak terjangkiti Meltdown  atau Spectre. 

Baca juga:

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments