Cara Menggunakan Fitur Pelacak Teman di WhatsApp

Cara Menggunakan Fitur Pelacak Teman di WhatsApp

Advertisement
MejaPraktek.com | Saat janjian dengan teman untuk ketemuan di lokasi tertentu, sering muncul pertanyaan dibenak “kira-kira berapa lama sampai di tempat ini?”. Jawabannya acap kali kurang pas, sebab tidak ada yang tahu hambatan-hambatan selama perjalanan, kadang lebih cepat kadang bisa lebih lambat.

Sekarang WhatsApp memungkinkan pengguna untuk saling berbagi dan melacak perjalanan teman secara real-time melalui fitur Live Location. Dengan begitu, tak perlu lagi ada kesalahpahaman , pemberi harapan palsu, atau jawaban tak akurat yang berkaitan dengan lokasi karena masing masing bisa mengetahui sampai dimana posisi sebenarnya.


Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur tersebut? Pada ponsel Android, yang paling utama  adalah membuka aplikasi WhatsApp yang sebelumnya sudah diupdate lewat Google Play Store.

Selanjutnya buka ruang chat pribadi atau grup tertentu di WhatsApp. Tekan ikon untuk menyisipkan dokumen dan file, lalu pilih menu “Location”. Selanjutnya, pilih menu “Share Live location” di layar peta yang muncul kemudian.

Jika saat baru sekali menggunakan Live Location, WhatsApp akan memberikan peringatan bahwa lokasi Anda akan terlacak oleh teman personal atau grup di WhatsApp. Kamu dapat menekan “Continue” kalau tak keberatan.
Selanjutnya pilih durasi membagi Live Location, dari 15 menit, satu jam, hingga delapan jam. Kamu juga bisa menyertakan komentar pada pembagian Live Location tersebut. 

Jik terlanjur memencet durasi tertentu dan kamu ingin berhenti membagikan lokasi sebelum durasi berakhir, bisa langsung menyetopnya dengan menekan “Stop Sharing” pada link Live Location yang dibagikan ke teman.

Dari sisi teman yang melacak, kamu cukup membuka link Live Location yang dibagikan. Khusus di grup, anggota-anggota yang turut membagi Live Location mereka di saat secara bersamaan akan muncul pada satu antarmuka peta digital WhatsApp. kamu bisa melacak teman A, B, dan C, sedang di mana dalam satu waktu.

Fitur ini sudah tersedia di aplikasi WhatsApp di Indonesia, baik untuk versi Android maupun iOS. 

Baca juga:

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments