Cara Menonaktifkan Update Otomatis (Autoupdate) Aplikasi Android Saat terhubung ke wifi

Cara Menonaktifkan Update Otomatis (Autoupdate) Aplikasi Android Saat terhubung ke wifi

Advertisement
MejaPraktek.com | Fitur auto update adalah fitur yang disematkan pada aplikasi Google Play Store. Secara default, android akan mengaktifkan fitur auto update sehingga ketika smartphone terhubung dengan hotspot maka semua aplikasi yang ada di smartphone akan diupdate dengan versi terbaru. 

Mungkin sebagian dari kamu hal seperti ini tidak mepermasalahkannya, namun sebagian orang mengalami masalah terkait dengan ter-enable-nya fitur auto update pada google play store apalagi bagi kamu yang mempunyai RAM dan penyimpanan internal yang pas pasan. Masalah yang sering dialami misalnya saja , penyimpanan yang cepat penuh, baterai yang cepat habis atau yang paling parah, penggunaan pulsa internet yang sangat boros karena fitur auto update yang digunakan.


Untuk update aplikasi dan game yang filenya berkapasitas kecil mungkin memang tidak mempermasalahkannya karena hanya memakan sedikit bagian dari paket data, namun bayangkan jika game yang update adalah game berukuran besar seperti Asphalt 8 yang total data updateannya bisa mencapai 1,8GB. Jika demikian paket 2GB anda habis sebentar hanya karena fitur auto update. 

Untuk menonaktifkan update otomatis setiap kali terhubung wifi kamu harus membuka aplikasi Google Play. Mejapraktek.com akan memberikan cara mendisable update otomatis dengan contoh menggunakan Android versi 4. Untuk versi lainnya tidak jauh berbeda. 

1. Pertama tama hubungkan smartphone dengan jaringan internet dan buka aplikasi Play Store

2. Di halaman depan Google Play Store, silahkan lakukkan tap pada tombol baris menu yang berbentuk 3 baris horizontal yang terletak pada pojok kiri atas play store. Setelah anda melakukkan tap, maka daftar menu akan terbuka. Silahkan pilih Settings.


3. Daftar menu dalam Settings akan muncul, dari sini silahkan lakukkan tap pada Auto-update apps.


4. 3 pilihan untuk update aplikasi akan muncul yaitu Do-not auto-update apps untuk tidak melakukkan update secara otomatis, Auto-update apps at anytime. Data charges may apply untuk melakukkan update aplikasi saat ada aplikasi versi terbaru dan tanpa memandang paket data yang digunakan, serta Auto update apps over wifi only untuk melakukkan update aplikasi hanya saat perangkat android terhubung dengan jaringan WiFi.


5. Karena disini kita membahas tentang mematikan fitur auto update komplit, silahkan pilih yang pertama: Do-not auto-update apps untuk tidak melakukkan update secara otomatis. Setelah Anda memilih opsi tersebut, maka di bawah opsi Auto-Update Apps akan terdapat tulisan Do-not auto-update apps yang menunjukkan bahwa opsi tersebut telah aktif.

6. Dari sini kita sudah berhasil mematikan fitur auto-update di Google Play Store. Namun Anda juga bisa memberikan auto-update untuk aplikasi tertentu, caranya adalah dengan membuka aplikasi yang ingin anda enable/disable auto updatenya kemudian klik pada pojok kanan atas.

Opsi auto update akan muncul (hanya 1 opsi) dan Anda tinggal memilih untuk mencentang (nyalakan auto update) atau menghilangkan centang (mematikan auto update).

Baca juga:

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments