Cara Meringankan Kinerja HP Dengan Melegakan Penyimpanan Internal Tanpa Aplikasi Cleaner Apapun

Cara Meringankan Kinerja HP Dengan Melegakan Penyimpanan Internal Tanpa Aplikasi Cleaner Apapun

Ads
MejaPraktek.com | Meringankan kinerja HP sebenarnya sudah dibahas pada beberapa artikel terdahulu termasuk artikel bagaimana cara menjaga Smartphone supaya lebih awet penggunaan. Namun pada artikel kali ini akan fokus pada cara meringankan kinerja HP melalui cara mengurangi beban pemampuan memori dan penyimpanan  internalnya dari overload atau kelebihan muatan. Sebenarnya sudah banyak  aplikasi yang bertugas untuk itu dengan cara menghapus otomatis file file sampah atau yang dikenal dengan nama aplikasi Cleaner seperti Clean Master, Super Cleaner, Avast Cleaner, Cache Cleaner DU Speed Booster dan banyak lagi yang lainnya.  Namun ada sedikit masalah dengan berbagai macam aplikasi diatas karena dengan memasang aplikasi tersebut kapasitas file cleaner dengan file yang dihapus tidak seimbang. Misalnya Clean Master yang membutuhkan ruang 40 MB untuk menginstalnya sedangkan file sampah yang dihapus atau dibersihkan tidak efektif untuk melegakan ruangan. 

Oleh karena itu dengan tidak menginstal aplikasi cleaner justru akan menambah lega ruang penyimpanan namun dengan catatan kamu harus secara manual membersihkan file file sampah yang ada di smartphone Android kamu.


Pada Artikel kali ini Mejapraktek.com akan berbagi tips apa saja yang harus kamu lakukan dan bagaimana cara melegakan RAM dan penyimpanan internal secara manual agar kinerja HP Android kamu lebih meningkat, berikut diantaranya :

1. Membersihkan Cache Dan Data di Semua Aplikasi


Setiap aplikasi yang setelah digunakan mempunyai file sampah atau cache dan data. Sebenarnya file file seperti ini bermanfaat untuk menghemat data karena jika kamu membuka aplikasi tersebut kembali, file yang sudah ada di aplikasi tidak akan didownload dari server cukup dengan file yang tersimpan di aplikasi. Namun semakin seringnya aplikasi digunakan maka file tersebut akan menumpuk dan semakin lama semakin besar. Untuk meringankan beban kinerja HP kamu harus hapus satu per satu cache dan datanya di setiap aplikasi. Walaupun memakan waktu , saya pikir ini yang lebih efektif mengurangi beban penyimpanannya. Mulailah dengan aplikasi yang paling sering digunakan. Namun ada beberapa kelemahan lain saat kita selesai menghapus data dan cache disetiap aplikasi. Seperti contohnya aplikasi facebook yang dihapus datanya akan sama dengan kita mengakses facebook mulai dari awal yaitu memasukkan login email dan passwordnya.  Cara menghapus cache aplikasi sangat mudah cukup Pilih Setting > Aplikasi > Pilih aplikasi yang akan dihapus cachenya dan klik clear cache dan clear data seperti pada tampilan dibawah ini :

Dari tampilan diatas adalah saya akan menghapus cache dan Data aplikasi LINE. sebenarnya file asli line sebesar 101 MB namun karena tersimpan juga data dan cache maka bisa mencapai 250 MB. Namun saran saya cukup hapus cachenya saja karena jika menghapus datanya maka semua file, pengaturan, akun dan database akan dihapus termasuk group group yang kamu ikuti :


2. Menghapus Cache dan data di browser


aktifitas yang sering kamu lakukan selain di aplikasi adalah surfing dan googleing melalui browser. Jika akmu menginstal beberapa browser di smartphone kamu alangkah baiknya dihapus semua cache dan history yang tersimpan di semua browser baik opera, chrome, mozilla maupun browser bawaan masing masing smartphone. Caranya hampir mirip antara satu browser dengan browser linnya . Klik Setting > Cache / history > Delete seperti pada tampilan smartphone saya berikut ini :


 Untuk mendapatkan tampilan seperti diatas kamu bisa klik browser > Klik titik tiga di kanan atas > Setting >Privacy > Delete Personal Data . Cukup centang tiga diatas saja.

3. Hapus semua file chatting di Semua Aplikasi Sosial Media.


WhatsApp, LINE, Blackberry Messenger, Facebook Messenger dan semua aplikasi Sosial media lainnya secara kontinyu jika sudah selesai digunakan dan tidak perlu lagi harus dihapus .

4. Hapus semua Email yang masuk dan tersimpan di Aplikasi Email.


File yang sudah kamu baca dan dirasa tidak penting harus dihapus untuk mengurangi beban penyimpanan.

5. Hapus semua file hasil download, File foto dan Video hasil jepretan.


File file seperti ini sebaiknya difilter artinya dihapus jika tidak perlu dan disimpan ke kartu memory jika masih penting.

Untuk data yang tersimpan RAM sebenarnya tidak usah dihapus karena tidak ada gunanya karena setiap membuka aplikasi beban ram akan kembali seperti semula.

Demikian cara meringankan kinerja HP dengan cara melegakan penyimpanan internal tanpa aplikasi apapun

Baca juga:

loading...
February 01, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments