Kabar Gembira, WhatsApp Akan Tambah Fitur Kirim Uang Di Aplikasinya

Kabar Gembira, WhatsApp Akan Tambah Fitur Kirim Uang Di Aplikasinya

Ads
MejaPraktek.com | WhatsApp bakal menambah fitur terbarunya berupa layanan pembayaran digital dengan nama WhatsApp Payments. Namun fitur ini baru diuji coba di India untuk pengguna yang terhubung dalam program beta.

Informasi WhatsApp Payments ini sudah beredar sejak Januari lalu. Seperti bocoran sumber dari dalam sendiri, WhatsApp memang dikatakan akan launching fitur tersebut pada Februari ini.

Adapun metode pengiriman uang melalui WhatsApp ini menggunakan sistem Unified Payments Interface (UPI). Tampilan pembayaran itu memfasilitasi transaksi lintas bank di India, seperti State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank, dan Axis Bank.


Perizinan dalam hal penggunaan UPI yang didapat WhatsApp dari Pemerintah India ternyata sudah sejak Juli 2017 lalu. Dalam pengembangan selama lebih kurang dari 6 bulan akhirnya membuahkan hasil.

Diawal uji cobanya pemanfaatan WhatsApp Payments dibatasi pada transaksi duit antar-pengguna, alias peer-to-peer. Pengguna belum bisa bertransaksi ke merchant pihak ketiga.

Lalu bagaimana cara bertransaksi dengan WhatsApp Payments?

Pertama-tama, si penerima maupun pengirim uang saat ini yang ingin bertransaksi harus mengikuti program beta dan meng-install versi terbaru baik WhatsApp untuk versi iOS ataupun Android.

Untuk pengiriman uang, pengguna hanya menekan icon attachment yang juga diklik saat akan mengirim kontak, media, lokasi, dan lain lain. Pengguna akan menemukan opsi payments..

Kedua, Pilih kontak penerima uang atau orang yang akan kamu kirimi uang, pilih akun bank kamu dan penerima uang, masukkan nominal uang, masukan pin UPI, lalu uang akan terkirim secara virtual. Saat ini WhatsApp Payments sudah mendukung transaksi ke lebih dari 70 bank di India.

Saat pertama kali bertransaksi, pengguna disuruh memverifikasi nomor seluler. Pastikan nomor HP untuk mengakses WhatsApp sama persis dengan nomor seluler yang tertaut dengan akun bank pengguna via UPI. Jika kamu tidak punya akun UPI, WhatsApp Payments punya opsi untuk membuat akun UPI baru.

Semua transaksi akan terekam pada opsi history di WhatsApp Payments. Karena masih dalam bentuk beta, fitur ini hanya terbatas pada hal pokok saja sambil menunggu pengembangan lebih lanjut saat diresmikan untuk publik nanti

Kita tunggu kehadirannya di Indonesia.

Baca juga:

loading...
February 15, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments