[BARU] 17 Cara Aman Melindungi Gmail Akun Google Dari Hacker 2018

[BARU] 17 Cara Aman Melindungi Gmail Akun Google Dari Hacker 2018

Ads
MejaPraktek.com | Akun google merupakan senjata terpenting dalam mengakses semua produk Google. Cukup dengan hanya 1 akun kamu bisa mengakses seluruh layanan yang dimiliki google. Ole karena pentingnya akun tersebut kamu harus menjaga keamannya dari aksi para hacker yang tidak bertanggung jawab. Tujuan para hacker adalah mencuri informasi email yang masuk di akun kamu. Apalagi email yang kamu gunakan adalah email yang bisa mengakses kartu kredit, keuangan, dan berbagai aktifitas penting sehari hari.

Mejapraktek.com akan berbagi cara menjaga Gmail kamu tetap aman dari aksi tersebut dalam artikel berikut ini, silahkan disimak selengkapnya :


1. Gunakan Ugly Email


Ugly Email adalah plug-in Gmail dari Ekstension di Google Chrome. Jika email yang masuk dilacak akan muncul ikon bola mata di baris subjek untuk mengingatkan kamu bahwa pelacak tersembunyi di dalam email. Namun jangan khawatir, semua pelacak yang terdeteksi diblokir dan kamu dapat dengan bebas membuka email .Cara mengaktifkan ugly mail sangat mudah :


1. Buka Email di Google Chrome.
2. Tambahkan Ugly Email Ekstension ke Chrome dan Add To Chrome.
3. Jika sudah berhasil diinstal akan muncul gambar mata di sebelah kanan atas.
4. Jika email yang masuk ada gambar mata berarti termasuk dalam jenis tracking email.

2. Verifikasi 2 langkah



Untuk upaya mengamankan akun google anda, mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah pada akun google anda sangat disarankan. Dengan adanya fitur ini, tidak sembarangan orang dapat mengakses akun google anda, meskipun orang tersebut tahu alamat beserta password email anda.

Setiap kali ada yang login ke akun gmail anda, google akun mengirim anda sebuah kode verifkasi melalui SMS atau telepon. Jadi orang yang ingin login ke akun google anda tanpa memasukkan kode verifikasi tersebut akan ditolak dan tidak bisa masuk ke akun anda. Untuk mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah ini, anda terlebih dahulu harus menambahkan nomor ponsel yang aktif (nomor milik anda sendiri, bukan milik orang lain)

3. Hindari Email yang mengarah ke situs yang ditandai sebagai malware, spam atau phising oleh browser .


Cobalah untuk menghindari folder spam atau phishing. Email yang paling berbahaya seperti ini biasanya berisi iming iming seperti :

  • Your money is waiting
  • Claim your reward
  • Get back to me.

4. Jangan pernah bagikan username dan passwordpada siapapun.


Jika Google menginginkan kata sandi Gmail kamu maka jangan berikan melalui tautan apa pun, cukup masukkan melalui link ini : https://www.gmail.com or https://accounts.google.com/ServiceLogin 

5. Account recovery option sesuaikan dengan nomor permanen / terbaru kamu.



Disarankan untuk menyesuaikan nomor ponsel terbaru dengan nomor di recovery option karena Google mengirimkan kode keamanan di nomor ponsel yang bisa kamu akses. Jika akun kamu diretas, Google harus tahu nomor telepon kamu yang sebenarnya saat ini untuk mengizinkan Google mengirimkan kode keamanan kepada kamu.

6. Tambahkan recovery email.



Recovery email berfungsi untuk email pemberitahuan jika email utama tidak bisa di akses.

7. Tambahkan email cadangan.



Gunakan alamat email cadangan untuk masuk ke akun Gmail. Namun akun ini tidak boleh menjadi bagian dari akun Gmail kamu. Akan lebih aman gunakan email beda platform.

8. Gunakan akses yang lebih aman.




Kamu bisa akses email melalui https atau dari VPN.

9. Gunakan password yang kuat.



Sandi yang lebih panjang dapat melindungi akun Gmail Anda dengan lebih baik. Jangan gunakan kata apa pun di kata sandi yang dapat ditemukan di kamus. Coba gunakan #, *, $ dalam kata sandi untuk membuatnya kuat dan aman.

10. Gunakan Fitur incognito


Saat Anda menggunakan akun di publik seperti di hotel atau di kafe, kamu perlu mengaktifkan mode incognito karena akan mencegah cookie atau riwayat web apa pun disimpan. caranya :

1. Jalankan browser Google Chrome.
2. Pilih bagian setting di kanan Chrome, lalu pilih New incognito window.
3. Setelah itu layar halaman incognito aktif, akan muncul ada gambar seorang mata-mata di bagian kiri atas layar.

11. Cek Filter Forwarding dan POP/IMAP



Hacker bisa menambahkan email kamu sebagai email yang bisa diakses di perangkatnya melalui fitur Filter forwarding dan POP/IMAP. Fitur ini sebenarnya dimanfaatkan untuk akses email dari platform atau perangkat yang berbeda seperti Smartphone dan Laptop. Jadi, jika kamu menerima email melihat ada filter mencurigakan yang ditambahkan di akun kamu, kamu harus menghapus filter tersebut. 

12. Remove aplikasi mencurigakan yang terhubung dengan akun Gmail kamu



Caranya untuk gmail :My account > Sign-in And security > Apps With account Access > manage Apps > Klik Aplikasi yang akan kamu remove > Remove.

13. Lacak aktifitas Gmail kamu



Ini adalah metode evergreen untuk memeriksa aktivitas akun. kamu cukup mencari tahu "Aktivitas Akun Terakhir" yang biasanya terletak di sudut kanan bawah dan klik "Detail". Di sini kamu bisa melihat semua jenis akses , lokasi dan juga tanggal. Jika melihat login tanpa izin, cukup ubah kata sandi  untuk menghindari upaya hacking.

14. Jangan Pernah Abaikan Peringatan Keamanan Gmail


Gmail sangat sering meminta penggunanya untuk memperbarui keamanan, dan kamu jangan pernah mengabaikannya. Informasi yang muncul indikasi yang jelas bahwa seseorang mencoba masuk ke akun kamu. Jadi selalu pastikan perbarui fitur keamanan.

15. Cari Tahu Jika Email Anda dibuka di lokasi yang mencurigakan



Nah, ini adalah fitur keamanan lain yang disediakan oleh Google untuk Gmail-nya. Nah, jika Anda pernah berpikir bahwa akun Gmail Anda sedang diakses tanpa izin Anda maka scroll ke bawah ke bagian bawah halaman kotak masuk Gmail Anda dan klik "Rincian" yang terletak di sisi kanan layar Anda. Anda akan menemukan opsi detail untuk aktivitas akun terakhir.

Anda harus mengklik itu dan itu akan menunjukkan Anda jendela pop-up dan akan memberi Anda berbagai lokasi email Anda sedang dibuka. Pastikan tidak ada tempat yang tidak dikenal dalam daftar.

16. Ubah Password secara berkala


Jika kamu rasa password yang digunakan sudah terlalu lama ganti passwoord dengan yang baru namun jangan sampai lupa password baru kamu ya ?

17. Sign Out jika akses di tempat publik.



Setelah akses akun gmail, jangan lupa keluar dengan klik sign out jika kamu mengaksesnya melalui komputer atau laptop yang bisa diakses orang lain.

Demikian 17 cara melindungi akun gmail kamu agar tetap aman dari para peretas.

Baca juga:

loading...
March 29, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments