Cara Membedakan Aplikasi Android Dan iOS Yang Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Aplikasi Android Dan iOS Yang Asli Dan Palsu

Ads
Mejapraktek.com Mendompleng ketenaran sebuah aplikasi Android maupun iOS yang sudah terkenal merupakan salah satu trik jitu untuk mendapatkan banyak pengunjung. Bagi pengembang aplikasi, trik ini bertujuan untuk mendapatkan pengunduh dan dengan pengunduh yang banyak akan mendatangkan penghasilan. Bagi pengguna aplikasi trik seperti ini harus disikapi dengan hati hati, jangan sembarangan download aplikasi walaupun menjanjikan banyak kelebihan.

Mejapraktek.com akan berbagi tips aman dalam membedakan aplikasi asli dan palsu baik yang ada di Playstore dan AppStore. Silahkan disimak selengkapnya :


1. Periksa pembuat atau pengembang aplikasi


Kamu harus sangat berhati-hati saat memeriksa nama pembuat aplikasi. Para penipu biasanya menggunakan nama mirip dengan pembuat aplikasi asli. Misalnya, Overstock com adalah aplikasi asli dan Overstock Inc adalah pembuat aplikasi palsu.

2. Periksa Nama dan diskripsi Aplikasi baik baik


Agak sulit sebenarnya membedakan nama dan diskripsi aplikasi selain nama dan diskripsinya yang nyaris sama , juga kadang aplikasi resmi juga sering mengubah ubah namanya. Seperti contohnya aplikasi antivirus android : dari nama Antivirus diubah menjadi Virus Cleaner, Mobile Security, Internet security dan lain lain. 
Nah , jika kamu ingin mendownload suatu aplikasi, perhatikan dengan betul nama dari aplikasi tersebut. Jangan sampai kamu tertipu.

2. Periksa review di App Store atau Play Store


Aplikasi yang sebenarnya biasanya memiliki ribuan review. Sementara aplikasi palsu biasanya tidak memiliki review atau review yang diberikan pengunduh sebagian besar negatif.

3. Periksa Logo Aplikasi


Jika kamu ingin mencari suatu aplikasi, kamu tentu akan mencarinya di kolom pencarian Google Play. Dan salah satu cara terbaik untuk mencari aplikasi yang diinginkan adalah dengan melihat logonya. Logo adalah tampilan pertama yang paling mudah dilihat saat ingin membedakan sebuah aplikasi asli atau palsu Tapi sayangnya, kini banyak sekali aplikasi yang menjiplak logo aplikasi lainnya. Biasanya aplikasi yang dijiplak adalah yang sudah populer. Namun ada juga pengembang yang menggunakan satu logo untuk beberapa aplikasi atau versi aplikasi , contohnya Avast mengembangkan aplikasi cleaner dan antivirusnya berbeda aplikasi namun mempunyai logo yang sama atau Facebook punya versi Lite yang mempunyai logo yang sama. jadi , jeli dan berhati hati adalah kuncinya.

3. Lihat tanggal rilis aplikasi


Aplikasi palsu biasanya memiliki tanggal rilis yang relatif baru. Sementara aplikasi asli biasanya hanya menampilkan tanggal update terakhir. Misalnya, aplikasi Overstock palsu baru saja dirilis pada tanggal 26 Oktober tahun ini.


5. Waspada akan aplikasi yang menawarkan diskon, reward yang tidak masuk akal.


Jika aplikasi menawarkan diskon besar yang terdengar mustahil, berhati-hatilah. Karena kemungkinan, aplikasi tersebut hanya bermaksud menipu.

6. Tampilan aplikasi yang kurang rapi


Jika kamu jeli aplikasi palsu tampilannya yang acak acakan seperti menu, navigasi sepertinya asal buat, beda dengan aplikasi yang asli rapi dan semuanya berfungsi dengan baik

7. Pastikan Anda mengunduh aplikasi resmi


Ketika kamu mengunduh aplikasi tertentu langsung mengunjungi situs resminya. Cari tombol atau ikon yang menawarkan untuk mengunduh aplikasi mereka. Hal ini akan membawa ke aplikasi resmi dari situs tersebut di App Store atau Play Store.

Baca juga:

Advertisement
March 30, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments