Cara Salah Menghemat Baterai Android, Bagaimana Yang Benar?

Cara Salah Menghemat Baterai Android, Bagaimana Yang Benar?

Ads
Mejapraktek.com  |  Banyak pemilik ponsel Android menganggap bahwa membersihkan recent apps atau menghapus aplikasi yang sedang dibuka atau aktif di background, bisa menghemat baterai ponsel. Apakah benar dan efektif cara menghemat baterai seperti di atas? Recent apps merupakan daftar panjang aplikasi yang bisa diakses melalui tombol menu di ponsel Android. Aplikasi yang masuk ke dalam daftar tersebut sering kali dianggap masih bekerja. Padahal sebenarnya, aplikasi di recent apps berada dalam kondisi berhenti dan disimpan dalam memori (cache) ponsel. Tujuannya agar aplikasi yang pernah dibuka sebelumnya itu bisa dimuat lebih cepat saat dibuka kembali. Karena itu, menghapus recent apps di ponsel Android tidak akan menghemat baterai justru akan membuat baterai ponsel bekerja lebih keras, boros  dan cepat habis. 


Baterai pun akan bekerja lebih berat dan cepat habis bahkan jika aplikasi yang dihapus termasuk berat. Sebab, sistem akan membuka aplikasi dari awal dan membutuhkan lebih banyak daya ketimbang menyalakan ulang atau mengakses memori yang disimpan. Jika ingin menghemat baterai Android, sebaiknya tidak menggunakan metode menghapus recent apps seperti di atas. Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan pengguna ponsel Android untuk menghemat baterai, yaitu dengan mengurangi notifikasi dan membatasi pemakaian data. 

Ada dua cara yang dianggap lebih efektif untuk menghemat konsumsi daya baterai diantaranya adalah :

  • Kurangi notifikasi, non-aktifkan aplikasi-aplikasi yang sering mengirimkan notifikasi. Aplikasi tertentu, seperti media sosial, biasanya memberikan pilihan untuk mengatur agar notifikasi dikirimkan dalam interval waktu lebih lama. Cara ini bisa membantu menghemat baterai karena mengurangi aktivitas sinkronisasi yang dilakukan di latar belakang sistem (background). 
  • Batasi pemakaian data, buka panel yang berisi tabel konsumsi data di perangkat Android. Dari panel tersebut, pengguna bisa melihat aplikasi yang paling banyak memakan data. Pilih aplikasi tersebut kemudian batasi atau hapus izin pemakaian data di background. Cara demikian akan melarang aplikasi untuk memakai koneksi internet secara otomatis. Baterai pun bisa menjadi lebih hemat.

Dari kedua cara diatas tentu membawa power bank untuk menambah cadangan daya akan lebih efektif, sekaligus menerapkan kedua cara di atas. Dengan demikian, ponsel bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama, dan kamu tetap memiliki cadangan daya saat muatan baterai sudah habis. 

Baca Juga : 32 Cara Agar Baterai Ponsel Tidak Boros, Awet Dan Tahan Lama

Baca juga:

Advertisement
March 31, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments