Cara Agar " OK Google" Bisa Mendukung Pencarian Bahasa Indonesia Lebih Akurat

Cara Agar " OK Google" Bisa Mendukung Pencarian Bahasa Indonesia Lebih Akurat

Ads
Mejapraktek.com  | Sebagian dari kamu mungkin masih asing dengan fitur bernama Google Assistant "OK Google" . Padahal, fitur kecerdasan buatan ini hadir sejak lama di ponsel Android untuk membantu penggunanya lebih mudah melakukan penelusuran menggunakan perintah suara.

Apabila kamu pernah menekan tombol Home di smartphone dan menahannya selama beberapa detik sehingga muncul halaman Google yang memintah kamu mengucapkan "OK Google" maka kamubaru saja menemukan cara menggunakan fitur tersebut.

Google Indonesia mengumumkan kehadiran Bahasa Indonesia di Google Assistant, sehingga pengguna di Indonesia tidak perlu melakukan pencarian Google lewat fitur tersebut tanpa mengucapkan Bahasa Inggris.


Sebelumnya, Google Assistant lebih memahami pencarian menggunakan Bahasa Inggris sehingga hasil pencarian menggunakan Bahasa Indonesia kerap kurang tepat seperti yang diinginkan. Berikut ini cara untuk mengubah jenis bahasa di layanan Google Assistant.

1. Buka aplikasi Google di ponsel


Umumnya, ponsel Android selalu hadir dengan beberapa aplikasi bawaan dari Google dan biasanya terletak di folder aplikasi yang diberi nama Google. Pada folder tersebut cari aplikasi bernama Google. Pilih aplikasi tersebut sehingga akan muncul halaman layanan Google Assistant.

2. Masuk ke pengaturan layanan Google Assistant


Setelah Anda disajikan halaman layanan Google Assistant, aihkan perhatian ke deretan ikon yang ada di bawahnya. Pilih ikon berupa tiga garis horizontal yang ada di sudut kanan, ikon ini akan membuka halaman pengaturan layanan Google Assistant.

3. Melakukan pengaturan bahasa



Apabila  sudah melakukan langkah sebelumnya maka saatnya mencari menu pengaturan atau Setting lalu pilih menu tersebut. Kemudian akan ditampilkan halaman berisi opsi pengaturan layanan Google Assistant.

Pada halaman tersebut akan terlihat opsi bertuliskan Search Languange atau bahasa pencarian. Pilih opsi tersebut dan kamu akan diminta memilih bahasa yang akan digunakan. Pilih Bahasa Indonesia dan keluar dari aplikasi tersebut.


Pada bagian atas halaman Home screen ponsel Android biasanya terdapat kolom putih bertuliskan Google dan ikon sebuah mikrofon yang digunakan untuk layanan Google Assistant menggunakan perintah suara.

Kini Anda bisa menggunakan ikon perintah suara dan mengucapkan semua yang ingin kamu cari Google menggunakan Bahasa Indonesia.

Baca juga:

loading...
April 04, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments