Android P Beta Sudah Bisa Kamu Coba, Begini Fitur Kecerdasan Buatan Yang Dimaksud

Android P Beta Sudah Bisa Kamu Coba, Begini Fitur Kecerdasan Buatan Yang Dimaksud

Advertisement
MejaPraktek.com | Android P secara resmi telah dirilis dalam versi beta seperti yang saat ini dibicarakan, hal ini akan membawa banyak peningkatan dan fitur baru dari pada versi sebelumnya. Jika kamu tertarik untuk mencoba Android P, dengan fitur baru yang dibawanya, kamu menginstal beta build sekarang di handset yang kompatibel. Tidak seperti versi sebelumnya yang hanya tersedia untuk ponsel Pixel (atau Nexus), Google telah memanfaatkan Project Treble untuk menyediakan P beta di 11 ponsel yang berbeda — termasuk banyak dari pabrikan lain. Berikut daftar lengkapnya :

Android P Beta Sudah Bisa Kamu Coba, Begini Fitur Kecerdasan Buatan Yang Dimaksud


  • Google Pixel / XL
  • Google Pixel 2 / XL
  • OnePlus 6
  • Essential PH-1
  • Xiaomi Mi Mix 2S
  • Sony Xperia XZ2
  • Nokia 7 Plus
  • Oppo R15 Pro
  • Vivo X21 / UD

Jika kamu punya smartphone diatas, cukup kunjungi situs resmi dan daftarkan untuk mendapatkan Android P versi beta. Memasang beta tidak akan mengatur ulang (factory reset) pada ponsel kamu, namun perlu diingat bahwa ini akan memerlukan pengaturan ulang jika kamu ingin membatalkan pendaftaran dan kembali ke sistem operasi sebelumnya. Berikut fitur fitur keren di Android P :


Lebih mudah memonitor penggunaan smartphone

Android P Beta Sudah Bisa Kamu Coba, Begini Fitur Kecerdasan Buatan Yang Dimaksud
Sumber : Google

Saat ini kemanapun  dan dimanapun berada, orang orang selalu menatap layar ponsel bahkan bisa menjadi sesuatu yang membahayakan jiwa pengguna. Google ingin membantu mengurangi hal itu sedikit dengan serangkaian fitur yang membantu memantau penggunaan dan bahkan mungkin mematikan ponsel sesekali.

Fitur-fitur ini dipecah menjadi tiga komponen utama yaitu Dasbor, Timer Aplikasi, dan Wind Down. Inilah yang mereka lakukan:


  • Dasbor: Ini menunjukkan perincian tentang cara menggunakan perangkat, termasuk berapa lama kamu menggunakannya, aplikasi mana yang paling banyak kamu gunakan, berapa kali kamu membuka kuncinya, dan berapa banyak notifikasi yang kamu dapatkan. 
  • Timer Aplikasi: Fitur ini akan membatasi seberapa banyak kamu dapat menggunakan aplikasi, menjaga kamu dari menonton 17 jam YouTube dalam satu hari. 
  • Wind Down: Yang ini mirip dengan Night Light, tetapi bisa jadi membuat ponsel kamu lebih mudah dibaca pada malam hari. Ini juga mengaktifkan Mode Do Not Disturb  yang juga telah dirubah agar tidak hanya memblokir pemberitahuan yang terdengar, tetapi juga visual  untuk mempersiapkan kamu saat mata mulai ingin terpejam.

Fitur-fitur ini belum tersedia di versi beta Android P, tapi mudah-mudahan akan meluncur di versi beta berikutnya sebelum diluncurkan main built-nya.

Navigasi Gesture Yang Keren

Android P Beta Sudah Bisa Kamu Coba, Begini Fitur Kecerdasan Buatan Yang Dimaksud
Sumber : Google

Salah satu perubahan terbesar pada sistem operasi ini adalah penambahan navigasi gerakan. Walaupun tata letak tombol Back-Home-Recents masih versi lama di beta ini, kamu bisa mengaktifkan gestur dengan menuju ke Pengaturan> Sistem> Gestures.

Dengan gestur yang diaktifkan, tombol Home menjadi tombol berbentuk pil tunggal di tengah bilah navigasi, dan kamu bisa mengontrol semua . Saat aplikasi dibuka, tombol Back muncul kembali, jadi navigasi gestur utama adalah untuk menangani aplikasi Drawer Acces  dan Recent Menu.

Menyesuaikan kecerahan layar dengan kapasitas battery

Android P Beta Sudah Bisa Kamu Coba, Begini Fitur Kecerdasan Buatan Yang Dimaksud
Sumber Google


Google telah benar-benar meningkatkan fungsi baterai di Android versi terbaru, walaupun di Oreo menawarkan masa pakai baterai yang lebih baik daripada versi sebelumnya. Dengan fitur Baterai Adaptif baru di Android P, tujuannya adalah untuk membatasi penggunaan baterai untuk aplikasi yang jarang kamu gunakan.

Ini memonitor penggunaan kamu dan "belajar" bagaimana kamu menggunakan aplikasi kamu setiap hari. Dari sini Google dapat secara efektif "mematikan" aplikasi yang menggunakan baterai di latar belakang ketika kamu cenderung tidak akan menggunakan aplikasi itu dalam waktu dekat.

Kecerahan Adaptif mendapatkan sedikit penyesuaian dalam cara kerjanya untuk tidak hanya membuat penyesuaian kecerahan lebih sesuai dengan cara kamu menggunakan ponsel, tetapi juga untuk meningkatkan masa pakai baterai. Kamu juga bisa mengatur kecerahan untuk situasi tertentu, dan Android P akan menggunakan pembelajaran mesin untuk mencari tahu seperti apa perilaku kamu. Dengan demikian, Ponsel kamu bisa dapat menyesuaikan kecerahan secara cerdas sesuai dengan preferensi kamu bukan pengaturan "generik" yang menggunakan sensor cahaya sekitar untuk memberi tahu kamu bagaimana tampilan layar. 

Fitur App Actions dan Slices yang sekali sentuh

Android P Beta Sudah Bisa Kamu Coba, Begini Fitur Kecerdasan Buatan Yang Dimaksud
Sumber : Google

Bukan rahasia bahwa manusia adalah makhluk yang selalu melakukan kebiasaan berulang - kita sering melakukan hal yang sama pada waktu yang sama setiap hari tanpa kita menyadarinya. Ponsel kamu akan mulai mempelajari kebiasaan kamu sehingga dapat memprediksi apa yang kemungkinan kamu lakukan selanjutnya pada waktu tertentu. Google menyebut App Action atau Tindakan Aplikasi.

Jadi, misalnya, katakanlah kamu beristirahat di tempat kerja setiap hari sekitar pukul 10.30, dan kamu biasanya memulai jeda itu dengan melihat aplikasi Instagram. Ponsel kamu akan mempelajari perilaku ini dan mulai menawarkan akses yang lebih cepat ke Instagram sekitar waktu itu setiap hari. Tindakan Aplikasi juga akan bekerja secara kontekstual dengan interaksi perangkat keras, seperti ketika kamu mencolokkan headphone . Dengan demikian, smartphone kamu dapat menawarkan akses sekali sentuh ke daftar putar yang paling sering kamu dengarkan.

Demikian pula, ada juga fitur baru mendatang bernama Slices. Ini akan secara efektif menarik sebagian aplikasi  Slice App, jika kamu mau  dan membuatnya tersedia untuk akses cepat ke fungsi-fungsi sederhana. Contoh yang digunakan Google di sini adalah Lyft. Jika kamu mencari Lyft, ia akan menawarkan Slice cepat yang menunjukkan berapa banyak biaya untuk perjalanan pulang dari tempat kerja, dan kemudian memungkinkan kamu untuk memesan tiket perjalanan dengan cepat. Semua tanpa harus membuka aplikasi.

Baca juga:

Advertisement
May 09, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments