Apa Yang Di Maksud Smartphone Berponi Atau Notch ?

Apa Yang Di Maksud Smartphone Berponi Atau Notch ?

Advertisement
MejaPraktek.com | Poni atau Notch pada ponsel adalah lekukan atau cekungan berwarna hitam yang berada di sisi atas tengah sehingga layar diposisi sebelah atas seperti memisahkan bagian sebelah kiri dengan bagian sebelah kanan. Poni atau notch ini muncul karena sebagian besar layar smarthone saat ini memenuhi bingkainya atau nyaris tidak ada bingkai lagi dibagian sisi sisi pinggirannya (bazel-less). Maka poni itulah merupakan bidang yang difungsikan untuk meletakkan beberapa perangkat pendukung smartphone seperti kamera depan, speaker dan berbagai sensor lainnya. Bahkan di iPhone X sendiri selain untuk meletakkan fitur pendukung tersebut juga tempat sensor inframerah, dan juga sensor proximity.

Mula smartphone berponi digagas oleh Apple dan munculah iPhone X sebagai smartphone pertama yang mengusung poni dilayarnya. Awalnya dianggap kurang efektif karena tampak kurang keren oleh pemakai iPhone bahkan bisa mengganggu saat nonton video fullscreen. Namun belakangan banyak pabrikan lain yang justru menerapkannya. Ternyata dari pro kontra penggunaan poni dilayar terselip manfaat supaya untuk bisa mempermudah mencari bagian atas iPhone saat gelap.

Apa Yang Di Maksud Smartphone Berponi Atau Notch ?

Sampai saat ini sudah puluhan type smartphone dari berbagai pabrikan yang mengadopsi poni di layarnya dan sepertinya akan terus bertambah. berikut diantaranya :

1. Vivo X21 dan X21 UD
2. Zenfone 5 dan 5Z
3. Huawei P20 Pro
4. LG G7 Neo
5. Leagoo S9
6. Ulefone T2 Pro
7. Oneplus 6
8. Xiaomi Mi7
9. Oukitel U18
10. Oppo R15

Baca juga:

Advertisement
May 28, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments