Aplikasi Penting Wajib Install Saat Mudik Lebaran Jalur Darat 2018

Aplikasi Penting Wajib Install Saat Mudik Lebaran Jalur Darat 2018

Ads
MejaPraktek.com | Lebaran 2018 sebentar lagi, pasti kamu bakalan banyak yang mudik di tahun ini karena pemerintah telah mengeluarkan waktu cuti bagi pekerja atau pegawai lebih lama dari tahun lalu. Jika sudah matang dalam merencanakan pulang kampung saat lebaran, kamu pasti sudah mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari kendaraan, barang bawaan, kondisi fisik dan segala pernak pernik lainnya , termasuk juga mempersiapkan keadaan dan keamanan rumah saat ditinggal mudik, apa dan bagaimana yang akan kamu lakukan saat mudik diperjalanan maupun sampai tempat tujuan dan bagaimana rencana saat balik nanti. 

Aplikasi Penting Yang Harus Kamu Pasang Saat Mudik Lebaran Jalur Darat

Ini semua membutuhkan perencanaan yang matang, pendanaan yang cukup termasuk dana darurat jika mengalami sesuatu hal diluar perencanaan . Nah, pada artikel kali ini Mejapraktek.com mengucapkan selamat mudik ke kampung halaman kepada pembaca setia blog kecil ini. Untuk kebutuhan mudik, kami akan mereview beberapa aplikasi online maupun offline yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan jelajah rute selama perjalanan mudik dan balik nanti, berikut ulasannya :

1. Info Jalur Mudik


Untuk kebutuhan info jalur mudik 2018 melewati darat, kamu akan membutuhkan peta perjalanan tentunya. Di tahun 2018 untuk peta mudik wilayah pulau Jawa dan Bali Mejapraktek.com merekomendasikan untuk  menggunakan versi cetak final yang di rilis oleh Badan Informasi Geospasial (BIG), Korlantas Polri Dan Institut Teknologi Nasional (ITN) silahkan di download DISINI. Sedangkan untuk peta perjalanan darat wilayah Sumatera, kamu bisa menggunakan peta yang dirilis Dinas perhubungan tahun 2017 melalui link INI . Sedangkan informasi jalur Mudik melalui Jalur Tol 2018 bisa menggunakan aplikasi Android ini

2. Info Navigasi 


Saat melakukan mudik lebaran kamu pasti membutuhkan aplikasi penuntun rute perjalanan. Kami menyarankan untuk menggunakan Aplikasi Google Maps versi Android yang telah diperbarui. Jika belum update silahkan untuk update di SINI. Namun bagi kamu yang ingin menggunakan versi yang ramah penyimpanan silahkan download versi Google Maps Go

3. Info Kemacetan 


Menghadapi tantangan selama perjalanan mudik tentu kamu membutuhkan informasi yang menghalangi kelancaran perjalanan yaitu kemacetan. Mejapraktek menyarankan untuk menggunakan beberapa aplikasi berikut ini :

Untuk info kemacetan lalulintas melalui peta bisa menggunakan NTMC Traffic, aplikasi Android milik NTMC Polri. Namun jika ingin memantaunya melalui CCTV bisa menggunakan Aplikasi NTMC TV, yang di stream secara real time pada area Polda Metro Jaya  dan beberapa Polda lainnya. 

4. Info Lokasi Bengkel 


Jika kamu mudik menggunakan mobil Toyota, kamu bisa menggunakan Aplikasi Toyota Teman Mudik dari Toyota Astra Motor. Sedangkan bagi kamu yang mudik menggunakan mobil Honda, kamu bisa menggunakan aplikasi Honda Siaga. Untuk Informasi bengkel lainnya kamu bisa download dan pasang aplikasi Obeng (Online Bengkel)

5. Info Lokasi Rest Area, Restaurant, Masjid, Hotel, SPBU, ATM dan lain lainnya.


Sebenarnya beberapa aplikasi yang sudah terinstal diatas sudah dilengkapi dengan lokasi lokasi ini terutama Google Maps namun jika kamu masih belum puas , kamu bisa mencari lokasi terdekat dengan tempat kamu berada bisa menggunakan GPS Navigasi bisa ditambah dengan aplikasi WAZE, sedangkan informasi ATM yang lengkap bisa kamu temukan di Peta info jalur mudik pada Poin 1 terutama yang berlokasi di Pulau Jawa.  

Demikian , semoga informasi ini berguna untuk mudik lebaran tahun 2018. Selamat Mudik dan kembali dengan selamat.

Baca juga:

loading...
May 26, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments