Cara Memastikan Extension Browser Chrome Aman Sebelum Diinstal

Cara Memastikan Extension Browser Chrome Aman Sebelum Diinstal

Ads
MejaPraktek.com | Google Chrome merupakan browser yang paling populer yang dikembangkan oleh google. Sebagian pengguna Chome memanfaatkannya karena kelebihan Chrome Web Store -nya yang lengkap. Namun dibalik kelebihannya, pengembang yang memanfaatkan Extension Chrome mempunyai niat jahat seperti tracking, mencuri data, spying bahkan hacking sehingga apapun yang kamu lakukan di browser chrome menjadi tidak aman dari browsing dan searching. Walaupun kamu merasa nyaman dengan yang nantinya sudah kamu pasang di Chrome, sesekali tetap kamu cek apakah masih berjalan sesuai tracknya atau bahkan bisa membahayakan data kamu.


Di bawah ini adalah hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum memasang ekstensi karena kamu harus tahu mana pengembang yang baik dan pengembang yang punya niat jahat. Berikut penjelasan selengkapnya :


1. Lihat Pengembangnya



Hal pertama yang harus diperhatikan ialah pengembang. Singkatnya melihat apakah ekstensi itu sah. Nama pengembang bisa dilihat di bawah nama ekstensi, yang diawali dengan "offered by". Bisa saja berupa link atau nama saja.

Contonya: seperti ekstensi mengubah tampilan di tab baru, jika pada menu persetujuan meminta untuk mengakses (membaca dan mengubah) semua data pada situs maka ini terlihat mencurigakan. Dan mungkin harus dihindari.


2. Baca Diskripsi secara lengkap



Baca diskripsinya secara detail dan menyeluruh, perhatikan fitur lebih yang ada . Hal ini penting agar nantinya bisa kamu tagih saat Extension benar benar sudah kamu pasang di browser. Selain itu jika ada fitur yang berlebihan seperti fitur premium yang dijamin gratis, sebaiknya kamu berhati hati.

3. Fokus pada permission



Saat kamu mencoba menambahkan ekstensi ke Chrome, pop-up akan memperingatkan akan meneruskan atau membatalkannya. Kamu akan mendapatkan menu ini setelah mengeklik tombol “Tambahkan ke Chrome”. Kamu harus menyetujui izin ini sebelum dapat menginstal ekstensi. Masalahnya adalah jika ekstensi yang telah kamu baca diskripsinya dan ternyata tidak sesuai dengan kenyataan bahkan kamu diarahkan ke situs yang mencurigakan lebih baik dibatalkan.

4. Amati Reviewnya



Perhatikan beberapa review yang menggunakan kata yang hampir mirip atau bahkan sama karena bisa jadi pengembangnya sendiri yang memberi review. Selain itu perhatikan komplain para pengguna di review tersebut apakah banyak atau sedikit. Tidak perlu membaca review secara keseluruhan, cukup ambil keputusan dari beberapa review yang ada saja.

5. Jelajahi kode sumbernya



Khusus nomor 5 hanya kamu yang mengerti source code extension. Beberapa pengembang memanfaatkan kode open source . Jika hal ini terjadi kamu perlu menggalinya lebih jauh dan mengetahui apa yang terjadi.



Nah jika kamu sudah tidak yakin dengan extension chrome yang kamu pasang, untuk menghilangkannya cukup dengan klik kanan pada ikon yang aktif di sebelah kanan atas browser dan cukup pilih remove from chrome. Demikian semoga bermanfaat

Baca juga:

loading...
May 09, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments