Cara Mengaktifkan Fitur Baru “Smart Compose”  Untuk Penulisan Cepat Di Gmail

Cara Mengaktifkan Fitur Baru “Smart Compose” Untuk Penulisan Cepat Di Gmail

Advertisement
MejaPraktek.com  | Beberapa waktu lalu Google meluncurkan fitur baru untuk penulisan cepat dan mudah sehingga bisa menghemat waktu dalam beraktifitas komunikasi melalui email. Namun fitur baru ini hanya bisa kamu nikmati hanya di versi desktop. Pada artikel kali ini Mejapraktek.com akan berbagi cara mengaktifkan fitur menarik ini, silahkan disimak selengkapnya :

Apa itu Smart Compose ?


Smart Compose adalah fitur penulisan gmail dengan mempertimbangkan kebiasaan yang sering digunakan pengguna untuk menyelesaikan kalimat yang sedang ditulis secara otomatis baik berbentuk pilihan kalimat atau frasa. Kebiasaan menggunakan apa yang telah dilakukan oleh pengguna untuk dipelajari selama ini tentang bagaimana orang biasanya menulis dikenal dengan istilah mesin AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan.

Menggunakan fitur kebiasaan pengguna sebagai mesin kecerdasan buatan saat ini sudah banyak diterapkan pada berbagai teknologi masa kini. Bahkan versi Android P, sebagai OS android terbaru akan mengusung banyak fitur AI yang saat ini sudah bisa di nikmati dalam versi beta. 


Bagaimana cara mengaktifkan Smart Compose di Gmail?


Kamu hanya bisa menikmati fitur Smart Compose, jika tampilan gmail ke versi Gmail baru. Disini selain smart compose, kamu juga bisa menikmati fitur fitur lainnya seperti : 

Confidential Mode


Fitur ini membuat pengirim bisa mengatur tanggal deadline dari email sensitif atau membatalkan penerimaannya. Pengguna tinggal mengirim tautan ke konten yang ada di kotak suara secara langsung. Penerima email bisa mengaksesnya lewat akun Gmail atau jika menggunakan layanan email lain lewat https. Melalui layanan ini, pengirim akan mengatur berapa lama pihak penerima dapat mengakses pesan tersebut.


Integrated Rights Management (IRM)


Fitur ini membuat pengguna bisa memblokir, menyalin, mengunduh, atau mencetak pesan tertentu. Namun tidak akan mencegah ekstra data dari email tersebut. Google membuat fitur ini untuk orang secara tidak sengaja dan tanpa sengaja membagikan informasi dalam email pada orang yang salah. 

Two Factor Authentication


Pengirim dapat meminta penerima untuk melakukan autentikasi dengan kode sandi yang diterima melalui pesan teks sebelum bisa membuka email. 

Email Snoozing


Fitur ini berfungsi untuk mengarsipkan, menghapus, menandai setelah dibaca atau menunda untuk nanti dibaca. Fitur ini akan ada di tampilan web, dan membuatnya mirip seperti tampilan Gmail pada aplikasi. Selain itu, desain ulang Gmail ini membuat pengguna bisa masuk ke lampiran langsung dari inbox tanpa harus membuka email yang diterima. 

Smart Reply


Fitur ini sebelumnya sudah di aplikasi dan sekarang akan ada di tampilan web. Gmail akan melihat pesan mana yang membutuhkan perhatian penggunanya. Nantinya akan dikirimkan tanda siapa yang mengirim email dan apakah memiliki konten tertentu di dalamnya.

Side Panel


Di pojok kanan atas akan ada pilihan untuk aplikasi Google lainnya, yaitu Google Calendar, Google Keep, dan aplikasi baru Google Task. Salah satu sumber juga menyatakan aplikasi mobile Google Task akan dirilis juga di iOS dan Android. 

Berikut cara mengaktifkan fitur smart compose di Gmail dengan mudah :





  • Klik ikon roda gigi di kanan atas.
  • Klik  Pengaturan/Setting




  • Centang “Enable experimental access“.





  • Scroll ke bawah dan klik Simpan.

Dengan cara ini kamu sudah bisa mulai menulis surat dan fitur Tulis Cerdas (Smart Compose)  akan mulai menampilkan saran-saran yang seharusnya akan kamu tulis secara otomatis dalam teks. Kamu juga dapat menekan tombol Tab untuk menambahkan saran saran baru ke email yang akan kmu rencanakan untuk ditulis..


Walaupun untuk saat ini Smart Compose baru mendukung untuk penulisan surat berbahasa Inggris, mudah-mudahan, Google akan menambahkan lebih banyak bahasa lainnya termasuk bahasa Indonesia. Demikian semoga bermanfaat.

Baca juga:

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments